Monday, 3 August 2015

Wismen Peraih Dukungan Terbanyak


Poling Cabup Radar Mukomuko
POLITIK RM – Poling dukungan terhadap bakal calon bupati Mukomuko resmi ditutup. Sesuai dengan jumlah dukungan yang diberikan masyarakat, Ir. Wismen A Razak, M.Si merupakan pemilik dukungan terbesar, jauh mengalahkan pasangan calon bupati lainnya. Total dukungan yang diberikan kepada Wismen mencapai 11 ribu suara.
Walau demikian masyarakat jangan kecewa, karena Radar Mukomuko mulai membuka poling baru, yang langsung menampilkan pasangan calon bupati dan wakil bupati. Silahkan sampaikan dukungan anda dengan cara yang sama, yaitu gunting blangko yang diterbitkan Radar Mukomuko, tulis nama lengkap dan calon yang didukung serta alasannya. Poling ini akan berlaku, hingga pemilihan nanti. Belajar dari pengalaman, hasil poling Radar Mukomuko cukup akurat, mendekati hasil pasti pemilihan sesuai hitungan KPU.
Sama seperti poling sebelumnya, nama Wismen, Sapuan dan Huda selalu berada pada posisi paling atas diinginkan masyarakat sebagai calon bupati. Kenyataannya tiga kandidat inilah yang mendaftarkan diri ke KPU Mukomuko. Calon lain langsung gugur sebelum mendaftar.
Salah seorang warga, Jumadi mengakui jika selama ini mereka senantiasa memperhatikan hasil poling Radar Mukomuko. Alasannya untuk mengecek, siapa kandidat terbaik calon bupati dan wakil bupati Mukomuko.
‘’Memang di masyarakat bawah, Radar Mukomuko selalu menjadi bacaan untuk mengecek informasi pencalonan bupati, dari sinilah kami mengetahui perkembangan politik yang akurat,’’ paparnya.
General Manager Radar Mukomuko, A. Kartubi melalui Amris Tanjung mengatakan penutupan poling setelah diketahui siapa calon bupati yang mendaftar. Poling terpaksa dimulai dari awal, sebab berikutnya ditampilkan calon berpasangan. Artinya dukungan masyarakat sudah betul-betul mengarah pada calon dan wakilnya.
‘’Kita mulai lagi dari awal, silahkan pembaca memberi dukungan pada bupati dan calonnya. Masukkan poling ke kotak yang disediakan,’’ tutupnya.(jar)


Calon Belum Boleh, KPU Mulai Kampanye

POLITIK RM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko mulai berkampanye kepada calon pemilih. Sementara para bakal calon bupati dan wakil bupati belum bisa melakukan kempanye mengajak memilih dirinya. Bedanya KPU tidak berkampanye untuk mencoblos salah satu pasangan calon bupati, melainkan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. Siapa saja yang didukung silahkan sesuai dengan keinginan masing-masing.
Ketua KPU Mukomuko, Dawud,S.Ag mengatakan sejak awal pihkanya telah mengajak masyarakat untuk bisa memilih. Maka dilakukan pencocokan pemilih, agar tidak ada satupun masyarakat yang tidak terdaftar pada Pilkada kelak. Anggota KPU dan petugas yang ditugaskan KPU, dilarang mengajak masyarakat memilih salah satu kandidat.
‘’Kalau calon memang belum saatnya mengajak memilih, bahkan saat ini belum ada kandidat resmi, sebab belum dinyatakan sebagai calon tetap. KPU bersama petugas lain memang diharuskan berkampanye, mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya,’’ kata Dawud.
Lanjutnya, KPU menargetkan pemilih pada Pilkada kelak bisa mencapai 99 persen atau diatas 90 persen. Karena Pilkada sangat penting bagi masyarakat Mukomuko, yaitu menyangkut masa depan daerah. Ia juga mengingatkan segenap petugas bisa netral, jika kedapan berpihak pada salah satu pasangan calon, maka dibri sanksi sesuai aturan berlaku.
‘’Kita berusaha, pemilih bisa menggunakan haknya di TPS hingga 90 persen ke atas, apalagi biasanya Pilkada seluruh warga punya kepentingan untuk calonnya,’’ tutup Dawud.(jar)