Monday, 17 December 2012

SANG PATI


METRO – Jika tidak ada aral melintang, pada tanggal 26 Desember mendatang,  Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mukomuko akan menampilkan teater tunggal yang menceritakan tentang seorang raja yang pernah hidup di Kapuang Sakti Ratau Batuah ini, yaitu ‘’Sang Pati Mating Disulo’’. Lokasi pementasan berada di Gedung Tertutup Taman Budaya, Kota Bengkulu.
Selaku pemerannya terdiri dari siswa-siswi dan guru yang punya talenta berakting di atas panggung. Di hadapan para pencinta budaya, mereka akan menunjukkan kepiawaiannya dan juga menggambarkan bagaimana kehidupan Sang Pati dulunya secara rinci ketika berjuang melawan penjajah.
Kepada RM, Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Disporapar, Seri Utami, mengatakan penampilan teater ini merupakan program penting untuk memperkenalkan budaya dan cerita para pendahulu Kabupaten ini, kepada khalayak ramai. Para pemeran dalam teater ini merupakan siswa dan para penggelut dinia seni di daerah ini. Mereka sudah memulai latihan sejak seminggu yang lalu dan tampil pada (26/12) mendatang.
‘’Dengan mengangkat cerita Sang Pati Mating Disulo, kita akan tampil di Taman Budaya Bengkulu, teater ini kita adakan tunggal. Tujuannya untuk memperkenalkan kepada banyak orang tentang Mukomuko dulunya dan siapa yang telah berjasa hingga kita bisa seperti sekarang ini,’’ kata Seri Utami.
Seri lebih lanjut optimis penampilan bakal sukses. Selain para pemeran teater telah berlatih ia bersama dengan stafnya terus melakukan sosialisasi dan pemasangan baliho berukuran raksasa di Kota Bengkulu. Ia berharap masyarakat bisa hadir terutama warga Mukomuko yang ada di Kota Bengkulu saat dilangsungkannya teater ini.(jar)