Pembaca Terbaru

Monday, 5 February 2018

Tes CPNS Mukomuko Dilaksanakan Mei

METRO – Lama ditunggu-tunggu, akhirnya titik terang mengenai tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai terkuak. Informasi terbaru, tes akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Sedangkan kuota CPNS untuk Kabupaten Mukomuko belum bisa dipastikan, gambaran awal sekitar 200-an orang.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Jawoto,S.Pd,SE,M.Pd diwakili sekretarisnya Edy Suntono,SH mengatakan sekarang Kaban sedang di Badan Kepegawain Nasional (BKN) dalam rangka menghadiri pembahasan penerimaan CPNS, sekaligus memaparkan kebutuhan daerah. Dimana jumlah pengajuan sebanyak 2.022 orang, kemungkinan yang akan diberikan 200 hingga 250 orang.
‘’Informasi awal, tesnya bulan lima, bisa saja berubah mundur dan dimajukan, tergantung dari pusat, sebab biasanya serentak se-Indonesia. Untuk kuota juga masih menunggu ketetapan final, kemungkinan dari sinyal awal kita akan diberi sekitar 200 orang,’’ kata Edy.
Lanjutnya, peluang Mukomuko mendapat kuota cukup besar ini lantaran belanja pegawai tahun ini dibawah 50 persen, yaitu 39 persen dari total APBD 2019. Berkurangnya belanja pegawai tersebut lantaran menggunakan sistem tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP), honor-honor kegiatan semuanya di hapus. Tahun-tahun sebelumnya belanja pegawai mencapai 50 persen lebih. BKN dan MenPAN dan RB dalam memberi jatah CPNS, rumusnya melihat beban APBD setiap daerah, kalau belanja masih dibawah 50 persen, maka ada peluang, kalau sudah 50 persen, berat karena dalam aturannya APBD hanya boleh 50 persen untuk belanja pegawai.
‘’Kalau 200 hingga 250 orang penambahan PNS, APBD kita masih sanggup, karena sejak berlaku TPP, belanja pegawai hanya 39 persen. Orang pusat melihatnya dari situ, maka saya katakan ada peluang kita akan mendapat jatah lebih banyak dari tes sebelumnya,’’ ungkapnya.
Kepala BKPSDM, Jawoto menambahkan hari ini dirinya akan menghadiri rapat koordinasi kepegawaian wilayah BKN regional VII Palembang. Kemungkinan besar, setelah pertemuan ini semuanya sudah bisa dijelaskan dengan rinci. Intinya daerah berupaya sekuat tenaga untuk bisa menggelar penerimaan CPNS tahun ini.
‘’Nanti rapat dulu dengan BKN, seluruh badan kepegawain Bengkulu, Jambi, Babel dan Palembang akan hadir. Mudah-mudahan setelah pertemuan semua sudah jelas,’’ tutupnya.(jjr)
Post a Comment