Wednesday, 7 February 2018

Lowongan Kerja! KPU Buka Pendaftaran PPS


METRO – Kabar baik untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi aktif pada pemilu dan pilpres 2019 kelak. Mulai sekarang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko membuka pendaftaran untuk Adhock yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS). Adapun jumlah PPS yang dibutukan sebanyak 3 orang per desa atau kelurahan. Bagi yang berminat, silahkan menyampaikan lamaran ke KPU Mukomuko atau lihat ketentuan yang terdapat di pengumuman KPU di Radar Mukomuko atau website KPU.
Ketua KPU Mukomuko, Dawud,S.Ag menerangkan lamaran diserahkan langsung ke KPU mulai besok atau Selasa 2 Februari 2018. Penerimaan PPS tidak jauh beda dengan PPK, yaitu akan ada beberapa tahap tes, pertama adminstrasi, kedua tes tertulus dan wawancara. Nanti dalam setiap tahapan tes akan diambil beberapa orang. Untuk setiap desa akan diambil sebanyak 3 orang. Untuk persyaratan, bisa dilihat di pengumuman KPU, yang jelas harus berijazah minimal SMA sederajat.
‘’Bagi yang berminat silahkan, pendaftar diterima sebanyak-banyaknya mulai besok hingga tanggal 12 Februari. Untuk syarat silahkan lihat di pengumuman,’’ paparnya.
Masih disampaikan Dawud, ada beberapa hal perlu diperhatikan, pelamar wajib berasal dari desanya, tidak bisa melamar untuk PPS di desa lain. Kemudian belum pernah dua kali menjadi PPS sebelumnya. Juga PPS dilarang dari partai politik dan tim sukses salah seorang calon, baik caleg atau presiden dan kepala daerah. Intinya harus netral, karena tugas PPS menyukseskan pemilu, bukan menyukseskan calon atau partai tertentu.
‘’Nama-nama pelamar akan kita umumkan, masyarakat silahkan dicek, kalau ada pengurus partai atau tim sukses, laporkan ke KPU secara tertulis,’’ ungkapnya.
Komisioner KPU lainnya, Syofia Diana,SE juga mengatakan ada perbedaan sistem penerimaan PPS dengan tahun sebelumnya. Dimana dulu, PPS merupakan rekomendasi dari kepala desa setempat, sedangkan sekarang harus langsung menyerahkan lamaran ke KPU dan ikut tahapan tes. Kebijakan ini dari KPU pusat dengan berbagai pertimbangan untuk suksesnya pemilu. Bagi yang berminat, dipersilahkan menyerahkan lamaran mulai besok.
‘’Kalau dulu PPS harus ada rekomenasi dari kades, kalau sekarag tidak lagi, langsung menyerahkan lamaran ke KPU dan ikut seleksi,’’ tutupnya.(jar)
Post a Comment