Thursday 8 February 2018

Penerimaan CPNS Terbanyak untuk Guru

METRO – Kepala Badan Kepagawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Jawoto,S.Pd,SE,M.Pd menegaskan, peluang Mukomuko mendapat kuota CPNS cukup besar. Namun berapa jumlah pastinya belum bisa dipastikan, bisa jadi 200 orang atau kurang dari itu. Khusus kuota diakuinya, terbanyak kemungkinan adalah guru, karena Mukomuko mengalami kekurangan guru PNS cukup banyak. Terbanyak kedua untuk tenaga kesehatan dan kemudian teknis lainnya.
Dihubungi, Jawoto mengatakan dalam rapat bersama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pelembang kemarin, rencana tes CPNS menjadi salah satu isu paling banyak dibahas. Peluang Mukomuko untuk mendapat jatah kuota besar, karena belanja pegawai dalam APBD masih dibahwah 50 persen. Daerah dengan belanja APBD sudah mencapai 50 persen, tidak dibolehkan lagi mengajukan kuota CPNS.
‘’Mudah-mudahan, karena belanja pegawai kita masih dibawah 50 persen, kemungkinan kita akan mendapat kuota tes CPNS tahun ini. Ini salah satu syarat utama, daerah yang belanja pegawainya di atas 50 persen tidak dapat,’’ kata Jawoto.
Mengenai kuota akan ditentukan langsung oleh MenPAN dan RB dengan melihat kemampuan daerah menggaji pegawai. Jika berdasarkan kondisi sekarang, kemungkinan Mukomuko bisa membayar gaji penambahan pegawai hingga 250 orang. Intinya berapapun yang diberikan nanti diterima. Sesuai pengajuan, kuota untuk guru terbanyak, rinciannya guru diajukan 455 orang. Selanjutnya untuk kesehatan 178 orang, tenaga teknis 101 orang, fungsional 97 orang. Terus tenaga admistrasi diusulkan 14 orang, tenaga pelayanan 41 orang dan untuk tenaga operasional 8 orang, total 2022 orang.
‘’Ini sesuai kebutuhan daerah, kita ajukan 2022 orang, tapi tidak mungkin semuanya dikabulkan. Sekarang ajuan disampaikan ke pusat, nanti MenPAN RB memutuskan jatah setiap daerah,’’ tegasnya.
Masih ia sampaikan, jika tes jadi dilaksanakan, prosesnya akan dimulai pada Mei nanti, sedangkan tes dilakukan sekitar bulan agustus kelak. Tes sendiri menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT), untuk tempat bisa di Bengkulu atau di Mukomuko sendiri.
‘’Kalau tahapannya Mei sudah mulai, untuk tes sekitar agustus, karena sebelum itu akan ada beberapa persiapan, seperti pengumuman dan sebagainya,’’ tutup Jawoto.(jar)


No comments:

Kader PDIP Mukomuko Bawa Randang Untuk Megawati

METRO – Seperti diinformasikan, besok (5/2) Presiden Joko Widodo bersama, megawati, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Kemensos akan datang k...