Pembaca Terbaru

Tuesday, 23 January 2018

Siap-Siap! Tes CPNS Dibuka?


METRO – Kabar gembira untuk pencari kerja yang punya keinginan mengabdi pada daerah dan negara. Tes Calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai dibahas dan kemungkinan tidak lama lagi dilangsungkan. Namun berapa kuota dan jurusan apa saja yang akan diterima, masih menunggu keputusan dari MenPAN dan RB. Informasinya tenaga guru dan kesehatan masih prioritas utama, sesuai kebutuhan daerah.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Manusia (BKPDSM) Mukomuko, Jawoto,S.Pd,SE,M.Pd membenarkan kabar ini. Sesuai rencana pada awal Februari kelak pihaknya diminta menghadiri Rapat Koordinasi kepegawaian di Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Palembang. Pada pertemuan ini salah satu yang akan dibahas adalah persiapan pelaksanaan tes CPNS.
‘’Intinya nanti awal Februari kami akan rapat di BKN palembang, salah satu paling utama dibahas mengenai penerimaan CPNS. Dari sini nanti akan diketahui bagaimana dan seperti apa penerimaan pegawai negeri 2018 ini,’’ kata Jawoto.
Terus terkait dengan berapa orang penerimaan dan jurusan apa saja, Jawoto belum bisa jelaskan, karena sampai detik ini belum ada pemberitahuan resmi dari BKN atau MenPAN dan RB. Bahkan ia mengatakan, wacana tes CPNS baru akan dibahas, bisa jadi benar-benar dilakukan dan bisa saja tidak ada penerimaan. Yang jelas menurut Jawoto, pihaknya sudah mengajukan usulan ke pusat sesuai kekurangan pegawai daerah.
‘’Setelah dari BKN baru jelas, apakah dilakukan tes dan berapa jatah kita, semuanya adalah keputusan pusat, kewajiban kita mengajukan usulan ke pusat, sesuai kebutuhan daerah,’’ tegasnya.
Jawoto juga membenarkan, berdasarkan analisis jabatan dan kebutuhan pegawai, tenaga guru dan kesehatan paling banyak diusulkan. Untuk tenaga teknis di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga banyak diusulkan. Jumlah usulan sekitar 1.200 orang, berapapun yang diberikan nantinya akan diterima.
‘’Kita usulkan, dikabulkan berapapun itu tergantung pusat, sifatnya kita menerima saja, tidak bisa menentukan sesuai keinginan,’’ tutupnya.(jar)