Monday, 20 April 2015

Andy dan Wismen Maju, Calon Rebutan Tiket

1 Cabup Akan Gugur
METRO – Tampaknya Andy Suhary,SE,M.Pd yang diusung keluarga ‘’cendana’’ benar-benar serius maju sebagai calon bupati. Begitupun dengan Wismen A Razak yang mendapat mandat dari Partai NasDem. Dampaknya akan ada salah satu kandidat yang selama ini mulai eksis bakal gugur karena tidak kebagian tiket Pilkada. Jumlah kursi parpol di DPRD Mukomuko hanya mampu mengantar 4 kandidat, kecuali terjadi pembagian rata, namun kemungkinannya sangat tipis.
Isu berkembang diantara tiga kandidat, yaitu H. Sapuan,SE,Ak,MM,CA, Choirul Huda,SH dan Gafrie Zainuddin, belum ada yang memastikan dukungan dari parpol manapun. Namun harapan Sapuan lebih terbuka, karena telah mendapat rekomendasi dari DPC PKB Mukomuko, juga punya kans besar diusung PDI Perjuangan, Demokrat dan PKPI. Huda sendiri hampir pasti diusung Hanura dan Golkar. Namun dua parpol ini tidak cukup untuk mengantarnya mencalon. Ia dikabarkan bersaing keras dengan Sapuan untuk mendapat pengakuan dari PKP Indonesia. Gafrie kemungkinan di ‘’ujung tanduk’’ karena Gerindra yang selama ini disebut-sebut dekat dengannya, dilamar oleh Andy untuk menggenapkan syarat mendaftar ke KPU. Harapan Gafrie saat ini ada di PAN jika Gerindra benar-benar lepas. Yang lebih mengambang lagi nasib Burhandari,S.Pd,M.Si karena harapannya untuk maju sangat tipis, lantaran Andy selaku ketua DPD PKS yang maju. Partai PPP isunya bakal menambahkan dukungan untuk Wismen yang sudah mengantongi 3 kursi NasDem. Bahwan Wismen saat ini juga tengah gencar melobi Hanura. 
Dikatakan Andy, karena ini mandat maka ia harus siap untuk maju, bahkan persiapan mulai dilakukan oleh keluarga cendana. Dalam waktu dekat baliho bergembarkan Andy Suhary akan menghiasi setiap sudut di daerah ini. Ia juga mengakui sudah mengajukan lamaran ke Gerindra, PAN dan Golkar. Harapan dirinya diusung oleh parpol ini cukup besar.
‘’Kalau ditingkat kabuten saya rasa pengurus parpol disini setuju, namun kita pahami keputusan tetap berjenjang. Maka saat ini saya bersama kawan-kawan termasuk bapak bupati akan menemui pengurus pusat,’’ kata Andy.
Gafrie sendiri saat dihubungi mengaku tidak ragu, ia yakin akan mendapat dukungan dari beberapa parpol. Saat ini tinggal menunggu penandatanganan surat kesepakatan dirinya dengan beberapa parpol tersebut. Soal banyaknya kandidat akan maju, ia tidak ragu, bahkan akan meringankan beban mencari dukungan.
‘’Kita tidak masalah, yang jelas kita maju dengan diusung partai politik,’’ ungkapnya.
Sapuan juga menyambut baik banyaknya kandidat yang akan maju, menurutnya dalam demokrasi semua boleh maju asalkan memenuhi syarat yang sudah diatur dalam undang-undang. Untuk parpol, Sapuan tidak ragu sedikitpun, karena sudah mengajukan lamaran ke semua partai. Bahkan beberapa parpol sudah sepakat, walau belum ada perjanjian tertulis.
‘’Kita tidak masalahkan banyaknya calon yang maju, ini alam demokrasi semua boleh ikut bersaing, tapi harus dengan ketentuan dan bersaing secara sehat,’’ tutupnya.(jar)


Tokoh Dapil III Dominasi Bakal Calon Wakil Bupati
METRO – Dari sekian banyak kandidat calon wakil Bupati Mukomuko, hanya H. Sapuan,SE,Ak,MM,CA, yang diisukan melirik wakil dari Dapil I. Sementara  Choirul Huda,SH dan Ir. Gafrie Zainuddin mengarah pada Dapil III. Begitupun Andy Suhary,S.Pd,M.Pd juga melirik wakil dari Dapil III, sementara Wismen A  Razak kemungkinan akan memilih wakil dari Dapil III atau Dapil II. Dari isu tersebut, kemungkinan besar untuk wakil akan didominasi dari dapil III.
Adapun tokoh-tokoh Dapil III yang berpeluang dan diisukan bakal menjadi pendamping adalah, Haidir,S.IP dan Busra. Keduanya berpeluang menjdi wakil calon bupati diusung Gerindra. Kemudian H. Badrun Hasani,SH dan Inzani Muhammad berkesempatan mendampingi calon bupati dari PAN. Selanjutnya Wisnu Hadi,SE akan diutus PKPI untuk mendampingi cabup. Selanjutnya ada nama H. Suharto, Burhandari,S.Pd,M.Si dan beberapa nama lainnya.
Haidir Via telepon genggam tidak menafik, jika dirinya dicadangkan oleh Gerindra untuk mendampingi bakal calon bupati dari Gerindra kelak. Selaku pribadi ia siap maju, namun sebelumnya harus meminta persetujuan dari kerabat, keluarga dan rekan-rekannya. Ia belum tahu siapa calon yang akan diusung Gerindra kelak.
‘’Kalau dari partai memang ada sinyal untuk itu, namun kita harus pikirkan matang-matang. Kalau memang dinilai layak apa salahnya,’’ ungkapnya.
Sebelumnya, Gafrie mengatakan ia memang lebih mengarah mencari wakil dari Dapil III. Tujuannya adalah untuk menciptakan pemerintahan yang berimbang, selain itu tokoh-tokoh dari Dapil III cukup bagus dan diakui ketokohannya oleh masyarakat. Namun saat ini ia masih fokus dengan partai politik, parpol pengusung akan menentukan siapa wakilnya.
‘’Kita akan cari wakil dari Dapil III, sudah ada beberapa nama yang kita lirik, namun nanti dijelaskan setelah ada kepastian partai politik,’’ tuturnya.
Andy juga mengaku melirik nama dari Dapil III sebagai wakil, bahkan ia sudah berkomunikasi dengan beberapa orang anggota DPRD dari daerah tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan wakilnya nanti dari Dapil II, semua masih menunggu.
‘’Kita tunggu dulu, memang ada beberapa tokoh yang sudah kita hubungi dari Dapil III, tapi pastinya nanti,’’ tutup Andy.(jar)

Pemilihan Bupati 9 Desember, 26 Juli Pendaftaran Calon
//Besok Tahapan Pilkada Dimulai
METRO – Pilkada serentak 2015 di 9 provinsi dan 269 ?kabupaten/kota dimulai. Peresmian ditandai dengan 9 kali bunyi gong oleh Ketua KPU RI Husni Kamil Manik, saat lounching di Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, kemarin (17/4).  9 Kali bunyi gong punya arti tersendiri. Angka 9 berarti tanggal pelaksanaan Pilkada serentak yakni 9 Desember 2015. Bersamaan dengan itu KPU Mukomuko menyampaikan kesiapannya untuk memulai tahapan pemilihan bupati Mukomuko besok (19/4).
Dikatakan Ketua KPU Mukomuko, Dawud, S.Ag berdasarkan ketetapan dari pusat, maka Pilkada dimulai dari 19 April 2015. Ia memastikan untuk pemilihan bupati tidak ada kendala, KPU siap menyelenggarakan pemilihan, walau disisi lain masih menunggu anggaran dari pemerintah daerah sesuai perintah undang-undang. Tahapannya akan dimulai dengan membentuk Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).
‘’Kita memulai tahapan resmi pada 19 April 2015 sebagaimana ketetapan dari pusat. Untuk tahap awal ada perekrutan petugas PPP dan PPS. Untuk pemilihan sesuai jadwal serentak pada 9 Desember nanti,’’ katanya.
Juga disampaikan oleh komisioner KPU lainnya, AH. Siregar,S.Ag,M.Pd bawa untuk Mukomuko dipastikan tidak ada penundaan sebagaimana jadwal secara nasional. Karena sejak awal, mereka telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Ia juga mengakui untuk PPK dan PPS akan direkrut bari dalam waktu dekat. Untuk syarat dan ketentuan lain nanti akan diumumkan secara resmi ke publik. Siapapun yang bisa memenuhi syarat boleh mendaftar.
‘’Untuk PPK dan PPS kita rekrut baru dari awal, sebagaimana petunjuk yang ada, memang kita akui mengenai anggaran masih ngambang. Padahal dengan direkrutnya petugas, maka anggaran sudah semestinya ada kepastian,’’ paparnya.
Dokutip dari berita online, Ketua KPU Husni Kamil Manik menyatakan Pilkada tahun 2015 akan digelar serentak bagi 260 kabupaten dan kota serta 9 provinsi. Total ada 269 daerah yang akan melakukan pemungutan suara pada 9 Desember 2015 mendatang. 
"Kami sebagai penyelenggara, seperti yang diamananatkan oleh UU telah melakukan persiapan dengan berbagai kegiatan," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam sambutannya.(jar)

Berikut beberapa tahapan penting Pilkada :
1. Pendaftaran pasangan calon: 26-28 Juli 2015
2. Pemeriksaan kesehatan pasangan calon 26 Juli-1 Agustus 2015
3. Penelitian syarat pencalonan 28 Juli-3 Agustus 2015
4. Penetapan pasangan calon: 24 Agustus 2015
5. Pemungutan suara serentak: 9 Desember 2015