Tuesday, 18 March 2014

Politik Kabupaten Mukomuko




Ichwan Merapat ke PDIP?
I Wayan : Kita Siap!
POLITIK RM – Jalan santai di Kabupaten Kepahiang, yang melibatkan Bupati Mukomuko, Drs. H Ichwan Yunus, CPA, MM, bekerja sama dengan Wabup Kepahiang, Bambang Sugianto, SH dan Garda Merah Putih beberapa waktu lalu, menimbulkan berbagai pertanyaan. Salah satu isu yang muncul adalah, Ichwan mulai merapat ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Alasannya, Bambang Sugianto, merupakan wakil Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DPIP Provinsi Bengkulu, dan kelompok Garda Merah Putih sendiri adalah sayap dari partai berlambang kepala bateng moncong putih ini. Apalagi belakangan ini, banyak pihak meragukan, Ichwan bakal mendapat dukungan penuh dari Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu.
Terkait dengan ini, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mukomuko, I Wayan Adnyana tidak menafik isu tersebut. Ia sendiri juga menyambut baik kerjasama bupati dengan Bambang yang merupakan tokoh partai nomor 4 ini. Bahkan DPC PDIP Mukomuko, sendiri tidak keberatan untuk mengusung Ichwan ke Provinsi, jika itu memang kebijakan dari partai.
‘’Kalau itu kebijakan dari partai, kami tentu siap mengusung pak Ichwan ke Provinsi. Kita menyambut baik, adanya kerjasama bupati kita dengan wabup Kapahiang yang merupakan tokoh PDIP dan juga pemuda Garda Merah Putih, yang adalah sayap organisasi PDI Perjuangan,’’ kata I Wayan.
Apakah I Wayan sendiri sudah ada pembicaraan dengan Ichwan? Waka II DPRD Mukomuko ini, mengaku belum sejauh itu. Meskipun pada dasarnya hubungan PDI Perjangan dan sosok Ichwan sudah dekat sejak dulunya. Sekarang ia mau fokus memenangkan pemilu legislatif 2014 di Kabupaten Mukomuko. Sebab menurutnya memenangkan pemilu jauh lebih penting. Kalau sudah menang, baru bisa bicara mengusung calon kepada daerah.
‘’Kita menangkan dulu pemilu ini, mudahan kemenangan itu nanti untuk mengusung bupati Mukomuko dan mengusung pak Ichwan ke Provinsi. Tapi sejauh ini, walaupun hubungan kita baik, belum ada pembicaraan arah kesana. Kita sama-sama tahu, beliau sekarang adalah ketua PAN,’’ tegas I Wayan diamini sekjennya, Mujiono, S.Ip.(jar)
 
Yuan Rasugi Didukung Masyarakat Mukomuko
POLITIK RM – Dukungan untuk Yuan Rasugi Sang calon Dewan Perwakilan daerah (DPD) Nomor 20 Dapil III terus mengalir dari 15 Kecamatan se Kabupaten Mukomuko. Saat pertama kali datang kemarin lusa, Yuan Rasugi yang kebagian jadwal kampanye terbuka hari pertama di Kabupaten Mukomuko langsung disambut oleh tokoh Presidium Pemekaran Bengkulu Barat. Selanjutnya menuju Lubuk Pinang dan daerah lainnya di Mukomuko. Setiap kehadirannya langsung disambut hangat oleh masyarakat.
Salah seorang tokoh Mukomuko, Herman Rika mengatakan saat di Ipuh, Yuan ditunggu hingga larut malam oleh tokoh masyarakat setempat. Siang harinya ia langsung mendampingi Yuan Rasugi ke berbagai daerah di Mukomuko. Setiap kehadirannya disambut hangat oleh masyarakat. Yuan sendiri dalam beberapa pertemuan dengan warga menyampaikan berbagai kabar gembira untuk Mukomuko kedepannya.
‘’Sambutan dari masyarakat cukup baik, Yuan saat dari Bengkulu agak terlambat,warga menunggunya hingga lewat tengah malam, begitu  juga di daerah lain kita kunjungi Yuan Rasugi selalu mendapat sambutan yang baik,’’ kata Herman Rika.
Juga tokoh lainnya, Azwar mengaku bangga mendapat kunjungan dari anggota DPD sekaligis calon DPD Nomor 20 ini. Ia yakin Yuan Rasugi Sang akan memenangkan pemilu mendatang terutama di Mukomuko, Yuan bakal mendapat dukungan maksimal. Ia sendiri siap memenangkan tokoh muda yang dikenal cerdas, religious dan peduli dengan masyarakat ini.
‘’Kami bangga bisa kedatangan sosok Yuan, kita berharap dia akan menang pada pemilu nanti, dan bisa berbuat lebih banyak untuk daerah ini. Yuan Rasugi merupakan calon yang layak dan pantas mendapat dukungan dari masyarakat Mukomuko,’’ kata Azwar.
Yuan Rasugi sendiri diminta tanggapannya, mengaku terharu dengan penyambutan dari masyarakat Mukomuko terhadap dirinya. Dukungan warga warga Mukomuko merupakan berkah dan akan menjadi bahan penting untuknya ke depannya. Bagi Yuan Rasugi Mukomuko sudah tidak asing lagi, terutama masyarakatnya. Banyak rekan seperjuangan dan sahabatnya di daerah ini.
‘’Kami merasa cukup bangga dan bahagia karena mendapat sambutan yang baik, kita akan ingat semua ini dan menjadi berkah bagi kita semua. Banyak masukan yang saya dapat untuk jadi referensi perjuangan kedepan,’’ tutup sosok yang sudah malang melintang dalam dunia jurnalistik ini.(jar)


NasDem Mengaku Tak Terlibat
//Perusakan Atribut PPP di Penarik
POLITIK RM – Pihak Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Mukomuko, membatah terlibat dalam perusakan dan penggusuran atribut PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kecamatan Penarik. Meskipun atribut NasDem tampak berdiri di TKP, usai bendera atribut PPP menghilang dan dirusak, namun para petinggi Parpol nomor urut 1 ini, turut menguruk aksi tersebut.
Seperti disampaikan oleh Sekjen DPD NasDem Mukomuko, Musfar Rusli, ia mengaku sempat ditanyai pihak PPP, mengenai digantikannya atribut dengan milik NasDem ini. Pihaknya sama sekali tidak terlibat dan tidak pernah menginstruksikan tindakan sedemikian. Bahkan Musfar dengan tegas, menyatakan ikut mengutuk perbuatan tersebut. Jika terbukti kadernya yang melakukannya, mereka siap memberi sangsi.
‘’Kami sudah mendapat informasi dari media maupun langsung dari pihak PPP. Meskipun bendera NasDem muncul sebagai pengganti atribut PPP tersebut, namun bukan ulah pihak kita. Kami ikut mengutuk aksi tersebut, kalau kader kita yang berbuat akan disangsi,’’ kata Musfar.
Musfar juga mendorong dan mendukung pihak PPP mengusut tuntas kejadian ini. Satu  hal yang ia tegaskan, bahwa NasDem partai cinta damai dan ingin menciptakan pemilu yang jujur dan sebaik-baiknya. Bahkan Musfar menduga aksi tersebut dilakukan oleh pihak tertentu yang sengaja mengadu domba atau ingin merusak suasana pemilu. Ia juga meminta pihak Panwaslu bisa tegas menangani aksi ini.
‘’Kami partai yang cinta damai dan tidak akan bertindak yang dapat merusak tujuan pemilu yang berkualitas. Kita minta semuanya bisa ditindak lanjuti oleh pihak yang berwenang,’’ tutupnya.(jar)
 

Hindari Rasa Jenuh, KPU Putar Musik Saat Kerja
POLITIK RM – Sejak beberapa waktu lalu, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai disibukkan dengan berbagai pekerjaan menyiapkan pemili 9 April, yang cukup mengurus tenaga dan pikiran. Belum lagi setiap detail pekerjaan yang dilakukan sudah ditargetkan waktu penyelesaiannya. Beberapa hari lalu mereka baru saja menyelesaikan proses penyortiran surat suara dan sekarang tengah melakkan pembagian logistik untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS). Agar tidak jenuh dan menghindari rasa bosan dalam bekerja, para staf dan kariawan KPU ini, dihibur dengan musik kesukaan mereka saat bekerja. Tak tanggung-tanggung dua unit sepekar ukuran besar mereka pasang di teras kantor tersebut.
Sekretaris KPU Mukomuko, Junhari, B.Sc mengakui, ia sengaja mengizinkan dan memfasilitasi pegawai untuk mendengar musik saat bekerja. Tidak hanya itu, mereka juga diberi kebebasan untuk bekerja sambil goyang-goyangkan badan dan bernyanyi-nyanyi. Tujuannya agar tidak bosan dan jenuh dalam bekerja. Apalagi pekerjaan yang dilakukan, lebih banyak kepada fisik, yaitu menyusun, mengangkat dan mengitung logistik yang ada. Meski mereka mendengar musik dan goyang-goyang ringan, pekerjaan tidak terganggu.
‘’Lihat sendiri sekian banyak tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan, semuanya menggunakan fisik dan tenaga. Pekerjaan seperti ini tidak dapat melibatkan pihak luar, seperti saat melipat surat suara sebelumnya. Maka agar mereka tetap senang dan tidak bosa, kita beri hiburang ringan,’’ kata Junhari.
Lanjutnya, sampai dengan pelaksanaan pemilu 9 April mendatang, pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya tidak sedikit. Mereka harus bekerja siang malam, mencapai target setiap detail pekerjaan tersebut. Sebab setelah pekerjaan yang satu selesai, tiba item pekerjaan berikutnya, kalau diselesaikan tidak sesuai target, maka terjadi penumpukan. Kemarin, para staf dan pegawai sekretariat KPU Mukomuko, melakukan pembagian logistik untuk didistribusikan ke TPS. Seperti alat pencoblos, alat tulis, ID Card lainnya dibagi per TPSnya.
‘’Yang akan nyusul cukup banyak lagi dan jelas lebih berat, maka kita berusaha memberi suport kepada setiap pegawai bekerja dan mereka tidak ada waktu untuk berlibur. Suasana ini akan berlangsung sampai proses pemilu selesai,’’ tutupnya.(jar)

Pemilu di Malin Deman Terancam Tak Sukses
MALIN DEMAN – Pemilihan umum anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota terancam tidak sukses di Kecamatan Malin Deman. Pasalnya hingga saat ini, masih banyak masyarakat setempat, belum mengetahui dan belum paham dengan cara menggunakan hak suaranya. Mereka menduga, pihak pelaksana pemilu, belum maksimal melakukan sosialisasi untuk masyarakat yang berdomisili di daerah pedalaman.
Diungkapkan oleh, Kadri masyarakat masih bingung bagaimana cara memilih. Apalagi isu yang berkembang, pemilu kali ini tidak sama dengan cara pemilu sebelumnya. Pihak KPU, PPK dan KPPS yang ada juga tidak maksimal dalam memberi sosialisasi pada warga. Ia memprediksi, angka golput di Kecamatan Malin Deman bakal tinggai pada pemilihan yang tinggal menghitung hari lagi.
‘’Masyarakat disini masih banyak yang tampaknya kebingungan,ini harus ada sosialisasi terhadap masyarakat supaya mereka pada saat pemilu mendatang bisa menggunakan hak pilih. Sosialisasi bisa mengurangi tingkat kesalahan dalam pencoblosan pada pemilu mendatang,’’ ungkap Kadri.
Salah seorang anggota KPPS Malin Deman, Almadinah tidak membatah, jika tahapan sosialisasi di daerah tersebut masih minim. Alasannya, selaku petugas KPPS, mereka belum dibekali dengan baik oleh PPK, dan rancananya dalam waktu dekat mereka akan rapat. Ia juga berharap pemerintahan desa setempat agar bisa membantu.
‘’Apa yang di sampaikan warga itu, ada benarnya. Dari pihak KPPS belum ada melakukan sosialisasi terhadap masyarakat Malin Deman, tetapi kami dalam waktu dekat ini akan sosialisasi namun kami menunggu selesai rapat dengan pihak PPK Malin Deman’’ tutup,’’tutupnya.(cw6)