Monday, 17 March 2014

Markas PPP Diduduki Parpol Lain



PENARIK – Beberapa saat sebelum diadakannya deklarasi pemilu damai oleh penyelenggara pemilu yang berpusat di Kota Mukomuko lalu, suhu  politik di Kecamatan Penarik memanas. Ini terkait laporan yang dilayangkan politisi PPP pada pihak panwascam dimana markas PAC PPP yang semula terpasang papan plang berikut atribut PPP berupa bendera  berganti dengan atribut parpol lain. 
Caleg DPRD kabupaten Nomor Urut 1 PPP Dapil II asal Penarik, Frengki Janas mengungkapkan kekecewaannya atas aksi tersebut. Ia beserta pengurus PPP yang lain tidak terima, karenanya laporan langsung dilayangkan pada panwascam. Untuk saat ini Frengki enggan menuduh, apakah aksi dilakukan kader atau simpatisan parpol lain atau ada unsur dugaan adu domba oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
‘’Kami tentu tidak terima, harus ada tindak lanjut atas kejadian ini  sebab kami sangat dirugikan. Apalagi pencopotan atribut PPP dibuka pada malam hari dan tanpa ada pemberitahuan sama sekali,’’ ungkap Frengki.
Dimintai komentarnya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kabupaten Mukomuko, Masripani Maas, SH mengatakan hal senada. Apapun alasannya aksi yang sudah memicu kemarahan kader dan simpatisan partai berlambang kakbah itu tidak bisa diterima dan harus diusut sampai tuntas.
‘’Kita memang akan cari tahu, selain laporan resmi sudah disampaikan pada panwascam. Kita tidak akan melakukan perbuatan serupa. Kepada seluruh kader dan simpatisan PPP kita minta untuk tenang dan tidak terpancing emosi,’’ imbau Masripani.
Ketua PAC PPP Penarik, Dendi menyangsikan slogan pemilu damai dan aman  yang sudah disepakati parpol peserta pemilu, penyelenggara pemilu, pengawas, aparat keamanan dan pemerintah.
‘’Kita tidak terima dengan sistem ini, katanya pemilu damai tapi  kenapa ada yang berani berbuat demikian,’’ protes Dendi.
Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam) Penarik, Darto membenarkan bahwa pihaknya telah menerima laporan dari pihak PPP.
‘’Laporan yang kita terima, ada atribut berupa bendera partai yang dirusak. Sementara untuk papan plang sekretariat tidak bukti dirusak. Kita masih menelusuri siapa yang melakukan perbuatan itu,’’ pungkas Darto.(jar/nek)

Spanduk Ichwan Hilang, Wabup Kepahiang Kecewa

METRO – Kendati dalam acara Jalan Sehat Taruna Merah Putih di Kepahiang lalu Bupati Mukomuko, Drs.H Ichwan Yunus, CPA, MM beserta rombongan pejabat merasa puas dengan sambutan masyarakat setempat  namun kehadiran Ichwan di wilayah kekuasaan Bupati Kepahiang, Dr. Drs. H Bando Amin C Kader, MM itu menyisakan cerita kurang sedap. Tiga spanduk bergambar Ichwan yang semula dipasang di panggung utama didapati raib. Tidak diketahui pasti siapa yang mengambil dan dikemanakan spanduk itu. 
Informasinya, pelaku yang menurunkan spanduk berjumlah tiga orang. Mereka kepergok menggunakan mobil merk Toyota Avanza. Sempat dilakukan pengejaran namun sayang ketiga pelaku berhasil lolos. Dimintai komentarnya, Ichwan menanggapi dingin dan tidak mempermasalahkan aksi tersebut.
‘’Biarlah, siapa tahu orang yang mengambil spanduk bergambarkan saya itu karena mengidolakan saya,’’ kata Ichwan.
Sementara, Wakil Bupati Kepahiang, Bambang Sugianto, SH, MH menyesalkan atas hilangnya tiga spanduk bergambar Bupati Mukomuko. Menurut keterangan Wabup sekaligus sebagai ketua Taruna Merah Putih, spanduk dipasang oleh pihak panitia, Kamis (13/3) sekitar pukul 22.00 WIB. Dan hingga pukul 03.00 pagi, spanduk masih tampak terpajang di panggung.
‘’Kita sangat sesalkan aksi penurunan spanduk itu. Dan lagi apa tujuannya. Harusnya itu tidaklah dilakukan, karena Bupati Mukomuko telah rela meluangkan waktunya untuk datang menghadiri jalan sehat di Kepahiang ini,’’ sesal Bambang.
Di lain sisi, jalan sehat dalam rangka HUT Radar Kepahiang ke-2 pada Jumat (14/3) lalu berlangsung meriah dan sukses. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Radar Kepahiang dengan Taruna Merah Putih dan didukung penuh oleh Wakil Bupati Kepahiang dan juga Bupati Mukomuko disambut secara antusias oleh masyarakat Kepahiang. Ini ditandai dengan jumlah peserta yang mencapai ribuan orang.
Peserta jalan sehat dengan berbagai umur dan menggunakan baju merah dan putih, dilepas langsung oleh Ichwan Yunus dan Bambang Sugianto. Rute yang dilalui meliputi dari tugu Santoso Pasar Kepahiang, menuju ke Kelurahan Pensiunan maupun Kampung Pensiunan, Kelurahan Dusun Kepahiang dan kembali finis di tugu santoso, dilanjutkan dengan goyang Cesar. Disini gerak setiap peserta tidak luput dari mata para juri, karena  setiap gerak peserta akan melahirkan sejumlah hadiah yang menarik. Sebelum menuju ke sesi pembagian doorprize, GM Radar Kepahiang, Erwin Abendi, SE mengawali dengan kata sambutan seputar ucapan penghargaan yang setinggi-tingginya atas antusiasme masyarakat Kepahiang dalam mengikuti kegiatan jalan sehat bertabur ratusan doorprize dengan hadiah utama berupa dua unit sepeda motor, Honda Scopy dan Revo Fit.
‘’Kegiatan sebagai bentuk kepedulian media yang tidak hanya sebagai media kontrol saja. Tetapi dapat berpartisipasi bagi masyarakat, terutama melalui HUT Radar Kepahiang Ke 2,’’ kata Erwin.
Kemudian, Wabup Kepahiang dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa suksesnya kegiatan jalan sehat merah putih ini tidak lepas dari partisipasi masyarakat dan kerjasama Radar Kepahiang dengan Taruna Merah Putih.
‘’Kegiatan ini bukan untuk kepentingan sesorang semata, melainkan untuk seluruh masyarakat. Jalan sehat sebagai kegiatan perdana, akan menjadi kegiatan rutin dari taruna merah putih, dengan hadiah yang lebih menarik lagi yakni sebuah mobil,’’ papar wabup.
Di kesempatan yang sama tersebut, Ichwan Yunus memperkenalkan dirinya, sekaligus meminta doa dan restu di hadapan seluruh peserta atas niatnya menuju pencalonan gubernur. Selain itu, dirinya sempat memberikan pengertian positif atas penyelanggaraan jalan sehat.(coy)

Ini Dia 20 Pemenang Mago Sang Senator
METRO – Kemarin, Yuan Rasugi Sang, calon anggota Dewan Perwakilan Daeah (DPD) Nomor Urut 20 melakukan pengundian formulir ‘’Sang Senator’’ yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Harian Radar Mukomuko (RM). Dari ribuan formulir yang dikirim oleh pembaca sekaligus pendukung Yuan, diambil 20 orang pemenang yang beruntung.
Mereka yang berhak atas uang Rp 250 ribu per orang ini berasal dari berbagai penjuru Kabupaten Mukomuko, diantaranya Ali Basri asal Desa Sibak Kecamatan Ipuh, Agus Tawari asal Tanah Harapan Kecamatan Kota Mukomuko, Ahmad Heri asal Rawa Bangun dan beberapa nama lainnya dari daerah yang berbeda. Uang persembahan Yuan ini dapat diambil di Kantor RM mulai tanggal 20 Maret 2014 setiap hari pada jam  kerja.
Dalam sambutannya, Yuan mengaku bangga dan banyak berterimakasih pada pihak RM yang diwakili langsung General Manager (GM) Ahmad Kartubi dan juga masyarakat Mukomuko yang sudah berpartisipasi dalam program  berbagi untuk rakyat ini.
Ia mengucapkan selamat kepada pemenang baik yang beruntung maupun yang belum beruntung. Salah satu yang ditekankan Yuan, jika kembali dipercaya masyarakat menjabat anggota DPD RI ia akan menyupport berbagai program RM untuk memanjakan pembacanya dan masyarakat Kabupaten Mukomuko umumnya.
‘’Selamat kepada yang menang dan Radar Mukomuko, kepada yang belum kami juga ucapkan selamat, Insya Allah kedepannya kita bisa beruntung. Kalau dipercaya kami akan melakukan hal lebih banyak untuk Mukomuko kedepannya,’’ kata Yuan.
Salah seorang tokoh Mukomuko, Herman Rika yang diberi kepercayaan ikut serta menarik undian menilai sudah selayaknya masyarakat Kabupaten  Mukomuko memberi dukungan untuk Yuan. Selain sebagai tokoh yang peduli dengan masyarakat, ia juga menilai Yuan merupakan tokoh muda dan punya misi besar untuk memajukan Provinsi Bengkulu kedepannya.
‘’Mari bersama-sama kita dukung Yuan, ia merupakan tokoh muda yang punya misi dan cerdas dalam membangun Bengkulu kedepan,’’ tutup Herman.(jar)