Thursday, 13 June 2013

Politik Mukomuko 13 Juni 2013

20 Calon Anggota KPU Diuji
POLITK RM – Sebanyak 20 orang calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma menjalani fit and proper test (Uji kelayakan dan kepatutan) di Hotel Splash, Kota Bengkulu, Kemarin. Komisioner KPU Provinsi Bengkulu yang turun langsung mengetes 20 calon anggota KPU dari 2 kabupaten berkomitmen akan menilaian seobjektif mungkin. Seperti disampaikan, Juru Bicara (Jubir) KPU Provinsi Bengkulu, Zainan Sagiman. Ia mengatakan, masing-masing calon mendapatkan waktu 30 menit menjawab pertanyaan dari penguji. Sementara untuk fit and proper test Kabupaten Mukomuko akan berlangsung hari ini, di tempat yang sama dengan kabupaten lainnya.
‘’Kita akan tetapkan lima besar nanti setelah melihat seluruh hasil ujian peserta dari 10 kabupaten dan kota se Provinsi Bengkulu. Termasuk uji kepatutan tadi. Jumlah pertanyaan tidak dibatasi. Cuma waktunya saja dibatasi 30 menit,’’ kata Zainan.
Saat ditanya terkait adanya suara sumbang yang berkembang bahwa anggota yang lolos seleksi di setiap kabupaten ada titipan? Zainan mengatakan, sampai saat ini tidak melihat adanya calon yang disetir oleh partai tertentu dan anggota pansel. Ia juga menjelaskan, dari ketentuan pemilihan, anggota pansel tersebut harus memenuhi tiga kriteria yakni dari akademisi, profesional, walau kadang tumpang tindih antara sama lainnya dan juga ketokohan masyarakat. Ia menegaskan, dirinya akan memposisikan dirinya secara adil, transparan dan tidak memihak pada partai manapun.
‘’Setidaknya dalam menjalani fit and proper test dari calon anggota KPU setiap kabupaten sudah mempersiapkan diri jauh hari. Sebab tes ini paling menentukan, apakah akan diterima atau tidak jadi anggota KPU nantinya,’’ imbuh dia.
Kesepuluh calon komisioner dari setiap kabupaten ini, lanjut dia, merupakan hasil penjaringan dari 20 besar kandidat yang mengikuti tes wawancara pada akhir April lalu. Menurut Zainan, uji kepatutan dan kelayakan bertujuan untuk menilai kemampuan serta karakter tiap calon.
‘’Mental dan kepribadian yang baik juga dinilai dalam uji kepatutan dan kelayakan,’’ jelas dia.
Hasil uji kelayakan dan kepatutan rencananya dievaluasi KPU Provinsi pada pekan ini. Sementara hasilnya bakal diumumkan pada 20 Juni melalui sidang pleno KPU Provinsi. Dan diikuti dengan pelantikan pada 23 Juni 2013. Selain itu, uji kelayakan dan kepatutan ini menandai selesainya proses seleksi.
‘’Nantinya, kesepuluh calon harus siap menerima keputusan KPU Provinsi yang menetapkan lima nama komisioner KPU dari setiap kabupaten dan kota,’’ demikian Zainan.(awo)

Penyebaran Bacaleg Tak Merata
POLITIK RM – Seluruh Partai politik (Parpol) peserta pemilu tidak menguasai semua kecamatan di Kabupaten Mukomuko. Hal ini terlihat dari penyebaran bacaleg yang diusungnya. PKPI merupakan parpol paling sedikit, dimana parpol nomor urut 15 ini tidak punya calon kabupaten di 6 kecamatan, seperti Air Dikit, V Koto, Pondok Suguh, Malin Deman, Air Rami dan Air Manjuto. Selanjutnya PDIP, tidak memiliki calon di 4 kecamatan yang terdiri dari Sungai Rumbai, Selagan Raya, Air Rami dan V Koto. Sama halnya dengan PBB yang tidak memiliki perwakilan di Pondok Suguh, V Koto, XIV Koto dan Air Manjuto.
Parpol lain yang juga tidak punya perwakilan di beberapa kecamatan, seperi NasDem tidak ada di 2 kecamatan, PKB 2 kecamatan, PKS di 3 kecamatan, Golkar di 3 kecamatan, Demokrat di 2 kecamatan, PPP di 3 kecamatan, Hanura di 2 kecamatan, Gerindra di 3 kecamatan dan PAN tidak memiliki calon wakil rakyat di 2 kecamatan.
Artinya dengan demikian harapan partai untuk mendapat dukungan dari masyarakat berasal dari kecamatan-kecamatan yang tidak ada calon mereka sangat tipis. Sebab sebagian besar pemilih memberi suara atas dasar ada calon yang mereka dukung di wilayah tersebut. Disisi lain, ini juga menunjukkan bahwa selama ini para pengurus parpol kurang memikirkan adanya keterwakilan wilayah masing-masing.
‘’Kita memang tidak ada calon di Lubuk Pinang dan Sungai Rumbai, namun bukan berarti PAN tidak bisa menang di sana. Bacaleg kita yang berdekatan dengan kecamatan ini bisa menjangkaunya,’’ kata Sekjen DPD PAN, Chaidirrisman, SH.
Sementara Alpian, SE, Ketua DPC PKPI Mukomuko mengaku hanya di 4 kecamatan saja mereka tidak ada. Untuk Air Dikit ada, sedangkan di Air Rami ada bacaleg untuk ke provinsi. Kemungkinan saja KPU dalam menulis alamat bacaleg yang tidak benar semuanya. Meskipun demikian ia tidak ragu, PKPI tetap akan bisa masuk di seluruh kecamatan untuk mendapat dukungan. Sebab bacaleg yang ada pada dasarnya punya kemampuan yang meyakinkan untuk bisa bersaing dengan parpol mana saja.
‘’Memang ada beberapa kecamatan kita tidak punya bacaleg, namun tidak sampai 6 kecamatan. Kemungkinan KPU yang kurang pas membuat alamat bacaleg tersebut. meskipun demikian PKPI dipastikan akan masuk di 15 kecamatan yang ada, sebab caleg kita bisa menjangkaunya,’’ demikian Alpian.(jar)

Publik Diminta Pro Aktif
POLITIK RM – Sejak nama-nama Daftar Calon Sementara (DCS) diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), publik atau masyarakat diminta pro aktif mempelajari setiap calon yang ada. Jika ada calon yang diindikasikan bermasalah, sepeti terjerat hukum, belum cukup umur atau permasalahan lain yang dapat membatalkannya sebagai bacaleg untuk segera dilaporkan ke KPU. Pasalnya KPU tidak mengenali sepenuhnya masa lalu calon tersebut, kecuali bagi mereka yang sudah mengakui melalui surat tertulis kepada KPU dan dinyatakan dapat ikut pemilu.
Disampaikan oleh Ketua KPU Mukomuko, Nasir Ahmad, S.Pi, M.Si, laporan capat langsung disampaikan ke KPU secara tertulis dengan alamat yang jelas dan keterangan yang rinci tentang seorang calon. Atau warga dapat datang langsung ke KPU untuk menyampaikan laporan secara lisan. KPU tidak menerima laporan yang sifatnya tidak jelas, seperti melalui SMS, surat kaleng dengan sebagainya.
‘’Pelapor harus jelas dan punya alasan yang rinci, kami tidak akan menanggapi surat kaleng atau laporan melalui telepon genggam dan sebagainya. Silakan datang ke sekretariat KPU secara langsung atau melalui surat dengan identitas yang dapat dipercaya,’’ kata Nasir.
Lanjutnya, tujuan diberi kesempatan masyarakat untuk menanggapi Daftar Calon ini untuk menghindari ada caleg yang secara hukum tidak dapat mencalon, namun melakukan tindakan kebohongan kepada KPU untuk bisa maju 2014. Pengumuman akan disampaikan selama 5 hari, dari (13/6) sampai dengan (17/6). Jika ada yang menyampaikan laporan akan langsung ditindak lanjuti dan jika terbukti maka calon bersangkutan langsung digugurkan.
‘’Masyarakat tidak perlu takut, ini tujuannya untuk memastikan jika calom wakil rakyat ke depannya betul-betul diinginkan dan bebas dari masalah. Namun tidak semua kesalahan bisa membatalkan calon, hanya yang tertulis dalam aturan yang berlaku,’’ demikian Nasir.
Sekjen DPD PAN, Chaidirrisman, SH merasa yakin jika bacaleg mereka tidak akan ada yang bermasalah lagi. Sebab para bacaleg diusung setelah melalui seleksi ketat dari parpol. Ia mendukung kebijakan KPU yang memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menanggapi nama-nama calon tersebut.
‘’Kalau kami yakin tidak ada calon yang bermasalah dengan apapun, sebab semua kita lakukan melalui penyaringan yang ketat sejak awal,’’ demikian Chaidirrisman.(jar)

PKPI Butuh 2 Orang Bacaleg
POLITIK RM – Masih ada kesempatan bagi yang mau mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (Caleg) 2014 khusus di Dapil III Kabupaten Mukomuko. Yaitu melalui Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Parpol yang terakhir dinyatakan lolos sebagai anggota KPU ini sekarang kekurangan 2 orang caleg di dapil III setelah 2 orang calonnya dieliminasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko karena tidak melengkapi syarat sebagaimana diminta oleh KPU.
Disampaikan oleh ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKPI Mukomuko, Alpian, SE, mereka butuh 2 orang calon baik laki-laki atau wanita bisa masuk. Ia mengku cukup kewalahan menghadapi ketatnya aturan KPU mengenai syarat bagi caleg tersebut. Padahal sejak awal ia merasa yakin semua calon yang mereka usung sudah melengkapi syarat dan dinilai layak.
‘’Kita sekarang kekurangan 2 calon di dapil 2, bagi yang berminat masih kita terima dengan syarat melengkapi berkasnya. Masalah ini cukup mengganggu bagi kami yang tengah konsentrasi untuk menyiapkan pemilu,’’ kata Alpian.
Lanjutnya, dibukanya peluang untuk mencaleg ini seiring dengan adanya kebijakan dari KPU, bahwa parpol dapat melakukan penggantian calon bermasalah hingga 1 agustus mendatang. Kekurangan calon dapat membuat PKPI kekurangan suara pada pemilu mendatang. Maka ia akan berupaya sepenuh tenaga agar calon yang diusung tetap full 100 persen dan semua berkualitas.
‘’Masih ada kesempatan untuk memenuhi caleg, maka kita usahakan bisa mengusung caleg sesuai dengan kuota. Sebab tidak dipungkiri persaingan 2014 akan berat,’’ demikian Alpian.(jar)

Bacaleg Wanita PAN Dapil III Terkuat
POLITIK RM – Anggapan banyak pihak jika bacaleg perempuan yang diusung Partai Politik (Parpol) sebagian hanya sekedar memenuhi kuota 30 persen  tidak demikian halnya dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Caleg wanita dari parpol nomor 8 ini hampir semuanya siap ‘’tempur’’ atau bersaing dengan calon mana saja.
Adapun perwakilan kaum hawa yang diusung parpol berlambang mata hari putih ini diantaranya, di Dapil I ada Titik Haryati, Dapil II ada Nova Yuliana Sari dan Sunarsih sementara di Dapil III ada Roslinar, Muslawati  dan Hj Zulhaniah Hakim.
Salah seorang bacaleg perempuan PAN, Roslinar, mengatakan tidak ada istilah calon perempuan hanya menambah daftar di dalam PAN. Mereka siap bersaing dengan calon mana saja secara sehat. Bahkan Roslinar mengaku optimis bisa keluar sebagai pemenang pemilu 2014 nanti. Rasa optimisnya ini dikarenakan tingginya dukungan dari masyarakat untuk kaum hawa dan juga atas keseiapan keluarga besarnya untuk mendukung.
‘’Insyaallah kami siap menghadapi 2014, asal semua bisa saling menghargai dan melakukan persaingan dengan sehat. Yang tidak kami inginkan ada calon yang saling serang dengan menjelek-jelekkan caleg lain. Wanita punya kesempatan yang sama dengan laki-laki, maka tidak ada alasan bagi kami harus kalah sebelum berusaha,’’ ungkap wanita yang dekat dengan istri Bupati ini.
Juga calon perempuan PAN lainnya, Muslawati yang baru saja mengakhiri masa jabatannya sebagai Kades Air Bikuk, mengaku tidak ragu dengan panasnya suhu politik 2014. Namun ia juga kecewa, sebab masih ada orang yang menganggap perempuan hanya sebagai calon penambah saja. Untuk membuktikannya, ia menyatakan siap meraub suara sebanyak-banyaknya pada pemilu 2014.
‘’Kami tidak ragu menghadapi caleg laki-laki, namun yang kami sayangkan ada yang menebar isu jika kami ini hanya untuk penambah dan tidak ada harapan untuk duduk. Padahal pemenang pemilu ditentukan lewat suara terbanyak,’’ demikian Muslawati.(jar)

Dana Pemeliharaan Mobil PBK Ratusan Juta
METRO – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mukomuko, Hermansyah, M.Kom menerangkan bahwa biaya pemeliharaan, termasuk perbaikan mobil PBK selalu dianggarkan saban tahunnya di APBD. Pada tahun 2012 lalu, anggarannya sekitar Rp 200 juta. Sedangkan pada tahun ini kurang lebih Rp 180 juta. Terkait penyebab mobil PBK yang tidak siap kala dioperasikan lantaran banyak kerusakan di sana-sini, Hermansyah tidak mengetahui jelas.
‘’Apakah dana perbaikan yang dianggarkan itu habis atau tidak kita juga kurang jelas. Tapi setiap tahun selalu ada dianggarkan dananya. Pada tahun 2012, kalau saya tidak salah Rp 200 juta lebih. Tahun ini sekitar Rp 180 juta,’’ urai Herman.
Sementara, Kepala BPBD, Drs.H Nurngubaidi yang baru menjabat pada tahun ini kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak mengetahui bahwa terdapat dana pemeliharaan mobil PBK. Ia lantas menjabarkan bahwa kerusakan mobil PBK terdapat pada bagian mesin pompa, mesin penyedot, serta bagian mesin serta bodi mobil yang mulai berkarat. Jika ada dana pemeliharaan, ia memastikan akan segera memperbaikinya.
‘’Kami kan menjabat kepala BPBD baru tahun ini. Jadi tidak tahu kalau tahun-tahun sebelumnya ada dana pemeliharaan untuk mobil PBK. Kalau laporan mobil PBK diperbaiki beberapa waktu lalu memang ada, tetapi kita juga tidak tahu secara mendetail. Kalau ada dana terbaru, kita pasti lakukan perbaikan untuk mobil PBK. Karena kita tidak mungkin tinggal diam, sementara mobil itu sangat dibutuhkan saat terjadi kebakaran,’’ terang Nurngubaidi.
Terpisah, tokoh masyarakat Kota Mukomuko, Bodi Rahmat Sentosa, SH mengaku terkejut dengan informasi bahwa ada dana pemeliharaan mobil PBK yang jumlahnya mencapai ratusan juta. Ia meminta BPBD mengklarifikasikan masalah penggunaan dana tersebut secara transparan sehingga tidak timbul dugaan negatif. Menurutnya, dengan dana sebesar itu, mobil PBK bisa layak pakai dan dana lebih dari cukup.
‘’Dana sebesar itukan dari masyarakat untuk pemeliharaan mobil PBK yang notabene untuk masyarakat. Tetapi kemana larinya dana itu. BPBD harus menjelaskannya untuk tidak menimbulkan dugaan yang miring. Kalau tidak, kami yakin publik akan menilai BPBD menyalahgunakan anggaran tersebut. Bagi saya, dengan dana sebesar itu, lebih dari cukup kalau hanya untuk memperbaiki mobil PBK,’’ demikian Bodi.(ray)

Persiapan Peda-KTNA Dikebut
METRO – Pelaksanaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XIV di Kabupaten Mukomuko tinggal menyisakan waktu 8 hari lagi. Seluruh persiapan terus dimatangkan dan digeber baik siang maupun malam hari. Salah satunya, pembangunan median jalan dua yang menguras dana Rp 1,7 miliar. Saat ini selain masih dilakukan pemasangan median juga dilakukan penanaman bunga di sepanjang median jalan dua. Ditargetkan sebelum pelaksanaan peda, seluruh persiapan pembangunan tuntas. Pun sama dengan pembangunan panggung utama yang dipastikan H-2 tuntas. Karena saat ini matrial untuk bangunan panggung sudah didatangkan. Total dana yang disiapkan dalam pelaksanaan peda mencapai Rp 4,3 miliar.
Sekdakab Mukomuko, Syafkani, SP ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa persiapan jelang peda terus dimatangkan. Dan saat ini untuk fisik tinggal panggung serta penyelesaian pembangunan median jalan dua. Targetnya H-2 jelang peda, seluruh persiapan 100 persen tuntas. Ia juga mengimbau kepada seluruh leading sektor pelaksana kegiatan untuk terus memaksimalkan persiapan, termasuk di masing-masing lingkungan SKPD.
‘’Untuk sekarang ini persiapan peda sudah masuk 90 persen. It uterus kita maksimalkan, sampai benar-benar siap. Untuk panggung sudah mulai didatangkan matrialnya dan tinggal memasangnya saja. Kalau untuk median jalan dua, selain masih memasang bagian dinding serta pot juga sudah mulai dilakukan penanaman. Seluruh SKPD juga sudah mulai mempercantik lingkungannya dengan berbagi macam model,’’ ungkap Syafkani.
Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (P3K), Eddy Apriyanto, SP mengatakan untuk bunga pucuk merah mulai ditanam. Bahkan, pegawainya langsung turun ke lapangan dan mananamnya. Sedangkan persiapan lain, untuk bidang peternakan mulai membuat kandang sapi.
‘’Untuk bunga sudah kita tanam secara bertahap. Bangunan selesai, tanaman bunga juga bisa langsung diselesaikan. Jadi tidak harus menunggu lama lagi, mengingat waktunya juga sudah mulai mepet. Kita pastikan sampai hari H nanti, semuanya sudah selesai termasung bidang-bidang lainnya yang tengah melakukan persiapan,’’ demikian Eddy.(ray)