Saturday, 7 May 2016

Kades se- Mukomuko Terpilih 2016

Kec. Lubuk Pinang
Lubuk Gedang         Muhtarudin
Suka Pindah         Marni
Sumber Makmur         Juweni

Kec. V Koto
Lalang Luas        Bahrun R
Talang Petai         Ardikas
Pondok Tengah         Saripudin
Talang Sakti         Samsul Sahril
Talang Sepakat        Karto
Lubuk Cabau        Adnansyah

Kec. Air Manjuto
Sido Makmur        Bachtiar Ramono

Kec. Xiv Koto
Lubuk Sanai        Suharman
Rawa Mulya        Paryono
Tanjung Mulya         Wardoyo
Pauh Tarenja        Pantoni
Lubuk Sanai II         Toni Ardin
Lubuk Sanai III        Kurniadi

Kec. Kota Mukomuko
Pondok Batu        Hendri Syahrizal   
Tanah Harapan         Thamrin
Selagan Jaya        Sumanto

Kecamatan Air Dikit
Sari Makmur        Wiswadi

Kec. Teras Terunjam
Teras Terunjam        Zamhari
Karang Jaya        Arif Widodo
Tunggal Jaya        Rismanaji,S.IP
Talang Kuning        Sapari

Kecamatan Penarik

Penarik         Dunlop
Marga Mukti        Marwanto
Sidodadi        Parijan
Maju Makmur        Heris Triyanto
Sendang Mulya        Nur Ali
Marga Mulya Sakti    Suhartono

Kec. Sungai Rumbai
Gajah Mati        Hamidun
Padang Gading        Sutejo
Gading Jaya        Radmadi
Banjar Sari        Wel Visom


Kec. Pondok Suguh
Pondok Suguh        Apendi Darwis
Pondok Kandang    A Jakfar
Lubuk Bento        Wal Fajri
Sinar Laut        Hosinan
Karya Mulya        Edi Zainal
Teluk Bakung        Nartono

Kec. Selagan Raya
Aur Cina        Jamain
Sungai Ipuh Satu    Ali Sadikin
Sungai Ipuh Dua    Zairin

Kec. Teramang Jaya
Pasar Bantal        Unsani
Bunga Tanjung        Kabri
Madi Angin Jaya    Hanasrum
Nelan Indah        Hendi Kusrianto
Pernyah        Indra Marta
Batu Ejung        Buyung Bujang

Kecamatan Ipuh
Manunggal Jaya        Edy Surya
Retak Ilir        Syahril
Tanjung Medan        Suryanto
Tirta Mulya        Sumadiyana
Pasar Baru        Edi Suardi
Pulau Makmur        Ramli
Pasar Ipuh        Edi Harianto
Air Buluh        M. Jais
Mundam Arab        Sutrianto

Kecamatan Ari Rami
Arga Jaya        Tugiran
Rami Mulya        Supanto
Marga Mulya        Ruwanto
Bukit Mulya        Muliadi
Cinta Asih        Dudung Supriatnan

Kec. Malin Deman
Talang Baru         Dahri Iskandar
Tertinggi 929, Terendah 96 Suara
//Nama-Nama 64 Kades Terpilih 2016
METRO – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang diselenggarakan pemda Mukomuko, sukses melahirkan 64 orang kades baru. Diketahui dari catatan sementara, partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya cukup baik yaitu mencapai 74 persen. Dimana dari total pemilih 47.173 jiwa, yang memilih sebanyak 34.997 jiwa. Namun sayangnya suara tidak sah cukup besar, yaitu mencapai 1.558 suara, pada umumnya salah coblos. Ini diduga dampak dari masih minimnya sosialisasi.
Adapun Calon kades (Cakades) yang meraih suara terbanyak adalah dari Tanjung Mulya, atas nama, Wardoyo meraih 929 suara dari 1.615 pemilih dengan 3 orang calon. Kemudian Juweni cakades Sumber Makmur meraih 907 suara dari 2.201 pemilih tetap juga dengan 3 orang calon. Yang ke tiga calon kades Penarik, Dunlop yang meraih 777 suara dari total pemilih 2.579 orang dengan jumlah calon 4 orang.
Kemudian juga terdapat calon kades pemenang dengan suara terkecil se kabupaten. Pertama calon kades Tanjung Medan, Suyanto yang meraih 96 suara dari total pemilih 197 jiwa. Ia mengalahkan Ari Surya Fitri yang memperoleh 61 suara, yaitu calon kades yang sebelumnya diinformasikan kabur karena tersangkut kasus pupuk. Kemudian Syahril calon kades Retak Ilir yang memperoleh 98 suara. Jumlah pemilih di desa ini 480 orang dengan calon bersaing 5 orang. Berikutnya Edi Harianto dari Pasar Ipuh yang meraih 109 suara, total pemilih 392 orang dengan 3 calon kades. Selanjutnya calon Kades Teluk Bakung Nartono meraih 112 suara dari total pemilih 209 jiwa, jumlah calon 2 orang.
Salah seorang panitia Pilkades kabupaten, Ainil Pratili membenarkan sesuai dengan data sementara, calon-calon pemenang sudah ada. Pihaknya pada hari pemilihan ini langsung merekap hasil pemilihan yang dilaporkan panitia desa atau tim yang turun melakukan pengawasan di lapangan. Partisipasi pemilih menurutnya cukup tinggi, walau sebetulnya jumlah yang tidak memilih masih tetap banyak.
‘’Secara umum pemilihan berlangsung dengan tertib, antusiasme masyarakat cukup tinggi menggunakan hak suaranya. Hasil rekap hitungan cepat, kita sudah ketahui nama-nama calon pemenang dan suara masing-masing. Untuk data pastinya kita menunggu laporan resmi dari panitia desa,’’ paparnya.
Bupati Mukomuko, Choirul Huda, SH mengaku bangga dengan suksesnya pemilihan kepala desa serentak ini. Capaian dari panitia dan warga layak diapresiasi. Jikapun ada gejolak ringan atau persoalan kecil yang terjadi, itu semua wajar, sebab ini pertama kali Pilkades serentak dilakukan di Mukomuko.
‘’Ini sangat baik dan kita berterimakasih kepada semua panitia dan masyarakat yang sudah bekerja keras. Terkhusus pada calon terimakasih sudah bersaing secara sehat sehingga memberi pelajaran demokrasi berharga di tengah masyarakat,’’ kata Bupati.
Lanjutnya, ia berharap catatan-catatan kecil soal kekurangan Pilkades kali ini dijadikan bahan evaluasi untuk kedepannya. Karena dalam beberapa tahun lagi, pemilihan kades serentak kembali dilakukan. Juga untuk hasil pemilihan ini secepatnya disusun dan dipersiapkan, sehingga bisa segera dilakukan pelantikan calon terpilih. Menurut bupati lebih cepat dilakukan, maka lebih baik untuk konsentrasi membangun di tingkat desa.
‘’Saya ucapkan selamat dan terimakasih kepada calon dan masyarakat yang sudah menyelenggarakan pemilihan. Kekurangannya kita jadikan bahan evaluasi untuk kedepannya. Mudah-mudahan dengan terpilihnya kades yang baru, proses pembangunan dalam desa makin cepat terlaksana,’’ tutup Huda.(jar)