Tuesday, 23 June 2015

PKS Usung Andy Suhary, NasDem Kukuhkan Wismen

METRO – Akhirnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menetapkan Calon Bupati Mukomuko periode 2016-2021. Sosok yang dianggap paling layak memimpin ‘’kapuang sakti ratau batuah’’ ini adalah Andy Suhary,SE,M.Pd. Hampir bersamaan Partai NasDem juga sudah mengeluarkan SK resmi penobatan Ir. Wismen A Razak sebagai calon Bupati Mukomuko. Putusan ini tertuang dalam SK Nomor 048-kpts/DPP-NasDem/VI/2015 tentang persetujuan pencalonan Bupati dan wakil bupati Mukomuko. Surat langsung ditandatangi Ketua Umum NasDem, Surya Paloh dan Sekjen Patrice Rio Capella.
Berdasarkan hasil survey tim internal PKS, Ketua DPD PKS sekaligus ketua fraksi pembangunan keadilan DPRD Mukomuko, Andy paling dipilih masyarakat dibanding dengan calon lainnya. Kabarnya SK pengusungan Andy yang sempat disebut-sebut sebagai jagoan ‘’cendana’’ ini sudah berada di tangan Dewan Pengurus Wilayah(DPW) PKS Provinsi Bengkulu. Sementara SK penobatan Wismen oleh PKS sudah dipegang yang bersangkutan dan DPD NasDem Mukomuko.
Diminta keterangannya, Andy mengakui kabar ini, namun ia sendiri belum menerima SK penetapan calon tersebut. Mengenai hasil survey internal PKS diakuinya, ada beberapa nama yang di survey, termasuk seluruh bakal calon-calon Bupati Mukomuko lainnya. Hasil dari survey, andai Pilkada sekarang maka dirinya berpeluang menang di Dapil I, juga di dapil 3 dimenangi oleh kader PKS.
‘’Kabarnya memang kita dipercaya oleh partai untuk maju pada Pilkada kelak, tapi SK nya masih di DPW. Penetapan ini berdasarkan hasil survey, saya sendiri heran, dimana dari survey internal partai ini, nama saya paling tinggi dukungannya,’’ kata Andy.
Terkait dengan persiapannya untuk serius mencalon, setelah mengantongi mandat dari PKS, Andy mengaku terus dilakukan. Sekarang dalam tahap lobi dengan beberapa partai lainnya. Peluang cukup terbuka, setelah mendapat mandat  dari PKS, karena ini adalah kunci utamanya. Soal partai yang berpeluang mengusungnya, ada Gerindra, PAN, PKPI dan beberapa partai lainnya.
‘’Kalau saya lihat sekarang, peluang masih cukup besar. Semua partai belum ada yang menetapkan calon. Seperti ada Gerindra, PAN dan PKPI, ini partai besar, dengan posisi masih kosong calon,’’ tuturnya.
Wismen juga menegaskan jika NasDem sudah menurunkan SK resmi pengusungan dirinya sebagai calon bupati. Sebetulnya dari awal sudah dipastikan, namuan SK resmi  baru keluar kemarin. Dengan ini ia semakin kokoh dan optimis menghadapi Pilkada kelak.
‘’SK resmi baru saja keluar, sebetulnya kepastian kita diusung sudah lama, masa partai sendiri saja tidak dukung. Sekarang SK resmi sudah di tangan dan juga disampaikan ke DPD NasDem,’’ tutupnya.(jar)

Maju Pilbup, Gafrie Semakin Kokoh
POLITIK RM – Langkah Ir. Gafrie Zainuddin menuju pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Mukomuko semakin matang. Selain sudah mengantongi persetujuan dari Partai Amanat Nasional (PAN), mantan Caretaker Bupati Mukomuko ini juga menerima SK pengusungan dari 3 partai lagi. Jika ini terlaksana, artinya Gafrie akan mendapat dukungan 10 kursi dewan.
Dihubungi via telepon, Gafrie mengaku sekarang masih menunggu turunnya SK dari 2 partai lagi, karena ada 2 parpol sudah positif. Untuk syarat mendaftar ke KPU sebetulnya sudah cukup, namun ia tidak ingin hanya sebatas itu. Targetnya ada 3 atau 4 partai yang akan mengusungnya kelak. Karena semakin banyak partai, maka langkahnya menuju kemenangan makin mudah, serta pemerintahannya juga semakin kuat.
‘’Kita masih menunggu SK dari 2 partai lagi, insyaallah segera jelas, karena kita ingin umumkan serentak kepada masyarakat kelak dengan dihadiri oleh seluruh petinggi dan kader partai pengusung,’’ ungkapnya.
Untuk jadwal deklarasi atau diumumkannya pasangan sekaligus partai, Gafrie  belum bisa jelaskan, yang pasti sebelum lebaran ia sudah ada di Mukomuko  untuk persiapan lebih lanjut. Artinya ada peluang deklarasi dilakukan sebelum lebaran atau beberapa hari setelahnya. Bersamaan dengan itu, ia juga akan memulai sosialisasi lebih terbuka lagi kepada masyarakat.
‘’Tenang saja, sebentar lagi setelah semuanya jelas kita balik ke Mukomuko dan persiapan deklarasi. waktunya bisa jadi sebelum lebaran atau beberapa hari setelahnya,’’ tutupnya.(

Relawan Ichwan Belum Nyerah
METRO – Surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, nomor 22/kpts/kpu-prov/007/2015 tentang pasangan calon Gubernur Perorangan tidak memenuhi syarat, terus digugat oleh tim Ichwan Yunus – Rahmad Alfi. Namun hingga kemarin, belum membuahkan hasil yang menggembirakan, karena tim relawan dengan KPU masih berbeda pandangan. Rencananya hari ini, relawan Ichwan akan menghadirkan beberapa orang saksi ke markas Banwaslu.
Ketua posko relawan Ichwan Provinsi Bengkulu, Asra, S.Sos.I mengatakan sekarang semunya belum jelas, pihaknya sudah berulang kali diminta keterangan oleh Banwas. Kemarin sempat berlangsung pertemuan antaran tim relawan dengan KPU yang difasilitasi Banwas, namun hasilnya juga belum ada, karena masing-masing masih berbeda pandangan.
‘’Besok (hari ini red) kita akan hadirkan beberapa orang saksi ke Banwaslu, karena pertemuan sebelumnya tidak menghasilkan apa-apa. Adapun saksi yang kita datangkan adalah saksi tim yang hadir di saat verfikasi di KPU,’’ ungkapnya.
Lanjutnya, tim sangat keberatan dengan keputusan tidak memenuhi syarat oleh KPU. Karena mereka sudah menyerahkan sebanyak 215 ribu lebih dukungan, sedangkan yang diminta KPU sesuai dengan ketetapan adalah lebih kurang 192 ribu dukungan. Artinya ada kelebihan mencapai 20 ribu lebih. Persoalan paling mendasar lainnya, KPU tidak menghitung dukungan yang tidak ditanda tangani, kemudian menganggap TMS dukungan dari PNS.   
‘’Ada 7 poin yang kita sampaikan di dalam laporan ke Banwas, karena kita menganggap itu sah. Kok bisa, hanya kurang lebih 174 ribu yang sah, padahal kita menyerahkan dukungan melebihi kebutuhan,’’ tuturnya.
Terkait peluang Ichwan – Rahmad bisa ditetapkan sebagai calon Gubernur, Asra mengaku sangat optimis, sekarang semuanya masih dalam tahapan ke arah sana. Apalagi KPU sudah memberi ruang waktu untuk penyelesaian masalah yang ada. Ia minta kepada relawan, pendukung dan masyarakat untuk tidak melemah menghadapi pemilihan Gubernur nanti, beberapa hari kedepan Ichwan akan ditetapkan sebagai calon tetap.
‘’Kita masih sangat yakin, maka kepada relawan di daerah, pendukung dan masyarakat sabar menunggu. Kita masih berjuang, mudah-mudahan pasangan calon independen satu-satunya Ichwan-Ramhad ditetapkan sebagai calon Gubernur,’’ tutupnya.(jar)