Wednesday, 20 May 2015

PPP Sepakat Dukung Wismen, Huda Juga Berpeluang


METRO – Akhirnya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Mukomuko menetapkan bakal calon bupati yang direkomendasikan ke pusat untuk diusung pada Pilbup. Adapun kandidat yang ditetapkan adalah, Ir. Wismen A Razak,M.Si dan Choirul Huda,SH. Sementara H. Andy Suhary,SE,M.Pd dan Ir. H Gafrie Zainuddin yang juga ikut berkompetisi belum diberi peluang. Penetapan dua nama tersebut berlangsung cukup menegangkan, dimana setelah 4 calon menyampaikan visi dan misinya, pengurus PPP Mukomuko melakukan pemilihan langsung sistim poling. Adapaun yang memberi hak suara 12 orang, 11 dari kecamatan dan 1 perwakilan dari pengurus DPD. Semestinya 16, namun ada 4 kecamatan tidak mengutus perwakilannya pada Rapimda PPP kemarin lusa.
Wismen terpilih dengan dukungan signifikan, dimana ia menjadi pilihan pertama dengan total 11 suara, hanya 1 suara yang memilih Huda. Sedangkan pada pemilihan tahap 2, Huda mendapat 8 suara, Andi kebagian 1 suara, Wismen 1 dan Gafrie 2 suara. Atas dasar itu, Wismen yang mendapat dukungan penuh di pilihan pertama, memiliki peluang lebih besar  diusung PPP. Namun Huda juga masih terbuka, karena namanya juga direkomendasikan ke pusat sebagai pemilihan ke 2.
Ketua DPD PPP Mukomuko, Masripani Maas,SH mengakui hasil ini, karena sudah menjadi aturan, maka mereka wajib mengusulkan nama Wismen dan Huda ke pusat. Rencananya dalam waktu dekat segera disampaikan ke DPW dan ke DPP. Ia juga mengakui Wismen memiliki peluang lebih besar, jika berdasarkan hasil voting, karena ia menjadi pilihan pertama dan meraih 11 dukungan.
‘’Pilihan masing-masing utusan kecamatan ini murni, kami memberi kebebasan bagi mereka sepenuhnya. Saya sendiri tidak ikut memberi suara, karena diberi kepercayaan pada pengurus kabupaten yang lain. Hasilnya Wismen dan Huda yang ditetapkan, untuk keputusan  akhir tetap di pusat,’’ kata Masri.
Terkait alasan pengurus PPP menjatuhkan pilihan pada Wismen dan Huda, ia mengaku kurang memahami. Tapi ia memperkirakan, yang melantar belakanginya adalah visi dan misi calon, cara penyampaiannya, serta komitmen calon kedepannya. Termasuk keberadaan partai pendamping lainnya. Namun yang jelas, ini sudah diputuskan, maka seluruh kader harus mendukung penuh calon yang sudah dipilihnya.
‘’Alasannya saya kurang tahu, mungkin mereka bisa meyakinkan pemberi hak suara dengan visi dan misi dan juga komitmen untuk pembangunan kedepan,’’ ujarnya.
Menanggapi hal ini, Wismen mengaku bangga dan banyak berterimakasih kepada pihak PPP. Ia akan menjaga kepercayaan dari partai tersebut untuk kedepannya. Dukungan dari PPP sangat berarti bagi dirinya dan juga bagi masyarakat untuk menyambut perubahan yang lebih baik. PPP adalah partai yang punya pengalaman dan memiliki pendukung cukup besar. Terutama di Kabupaten Mukomuko, partai berlambang ka’bah ini masih menjadi idola.
‘’Kita tahulah betapa besarnya PPP, mereka partai berpengalaman dan disukai, maka dukungan dari PPP sangat berarti bagi kita kedepannya,’’ tutup Wismen.(jar)


Diblacklis Golkar, Bakal Cabup Kecewa
METRO – Rencana pengurus DPD 2 Partai Golkar Mukomuko, memblacklis bakal calon Bupati Mukomuko yang mendaftar ke kepengursan Partai Golkar versi Agung Laksono yang diketuai oleh Syaukani Dahari yang menjabat Plt, mengecewakan kandidat. Karena selaku bakal calon, mereka tidak memihak pada pihak manapun.
Disampaikan oleh salah seorang kandidat, Choirul Huda,SH kebijakan memblacklis calon dinilainya tidak tepat. Sebab kandidat tidak bersalah dalam hal ini. Ia akan mendaftar apabila ada yang membuka pendaftaran, bahkan jika ada 10 kubu di Golkar, ia akan mendaftar seluruhnya. Karena, sebagai bakal calon, ia sangat berminat diusung oleh ‘’pohon beringin’’ ini.
‘’Kita mana peduli dengan kubu satu dan kubu dua serta kubu lainnya, sebagai calon saya sangat ingin diusung Golkar, kalau ada sepuluh kubu akan saya daftar seluruhnya. Maka kita sayangkan jika sudah mendaftar di kubu Agung, malah diblacklis,’’ ungkap Huda.
Terkait kabar ia sudah mendaftar ke kubu Agung, melalui Plt DPD, Syaukani Dahari, Huda mengaku belum bisa memastikan. Yang jelas ia tetap berharap akan diusung oleh Golkar pada Pilkada kelak. Sebagai bakal calon, dirinya tidak memihak kemanapun, namun berteman dengan semua pengurus Golkar.
‘’Saya juga kurang tahu pasti, apakah sudah didaftarkan atau belum, tapi sebelumnya mendaftar di pengurus yang lama. Yang jelas saya berharap tetap diusung Golkar,’’ tuturnya.
Sementara Wismen A Razak yang sebelumnya juga dikabarkan sudah mendaftar ke Golkar versi Agung, enggan bicara banyak menyangkut kebijakan partai tersebut. Ia hanya mengikuti alur saja, mudah-mudahan saja bisa diusung Golkar. Saat ini partai Golkar dinilainya masih dilanda konflik, keputusan PTUN yang memenangkan Munas Riau, juga digugat lagi. Kemungkinan saja Golkar benar-benar tidak bisa Pilkada.
‘’Itu belum finas, masih bisa berubah, sebab keputusan PTUN banding lagi, kemungkinan saja Golkar tidak bisa ikut Pilkada. Namun kita tetap berharap, apapun yang terjadi calon tidak dirugikan,’’ tutur Wismen.
Pihak Golkar versi Agung di Mukomuko, masih optimis sebagai partai Golkar yang sah peserta Pilkada. Sebab mereka dengan dalih telah memegang SK Menkumham dan diakui pemerintah.
‘’Benar berdasarkan keputusan PTUN, dikembalikan ke kepengurusan Golkar hasil Munas Riau. Tetapi itu belum final, kami dari Partai Golkar kubu Agung Laksono masih upaya banding. Dan kami optimis sebagai partai yang sah menjadi peserta Pemilu. Dengan demikian, berhak untuk mengusung calon pada Pilkada mendatang. Selagi proses hukum berlanjut, Golkar kubu Agung Laksono yang sah secara hukum dan diakui pemerintah, karena mengantongi SK Menkumham,’’ kata  Plt DPD Partai Golkar Kabupaten Mukomuko, Syaukani Dahari ketika menghubungi RM dan menyebutkan dirinya sedang mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) Partai Golkar di pusat.
Dia menyebutkan, Partai Golkar kubu Ical tidak bisa mengklaim begitu saja dan mengatakan partai mereka yang berhak dan diakui pemerintah. Terutama untuk mengusung Cabup pada Pilkada mendatang.
‘’Kepada bakal calon yang telah mendaftar ke kita, jangan ragukan hasil keputusan PTUN. Dan kita yakin, yang diakui pemerintah dan yang bakal menjadi peserta Pemilu adalah Golkar kubu Agung karena telah memiliki kekuatan hukum,’’ demikian Syaukani Dahari.
Untuk diketahui sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta membatalkan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) tentang pengesahan kepengurusan DPP Partai Golkar pimpinan Agung Laksono. Selain membatalkan SK Menkumham, PTUN juga memutuskan kepengurusan DPP Golkar hasil Musyawarah Nasional (Munas) ke VIII yang digelar di Riau tahun 2009 lalu, masih berlaku. Dengan Ketua Umum Aburizal Bakrie dan Sekjen Idrus Marham.
Keputusan ini tentu berdampak hingga ke daerah, seluruh kepengurusan Golkar versi Agung dinyatakan tidak sah sebagai peserta Pilkada. Untuk Mukomuko Golkar versi Agung dipimpin oleh Syaukani Dahari yang menjabat Plt DPD 2. Tidak hanya itu, bahkan bakal calon Bupati Mukomuko yang sudah mendaftar ke pengurus DPD 2 Golkar versi Agung, bakal diblacklis.(jar)


IMI Akui, Sirkuit Wismen Termeriah
METRO – Grasstrack putaran ke 3, di sirkuit permanen BST KJS Penarik yang disponsori Bakal calon Bupati Mukomuko, Ir. Wismen A Razak,M.Si tak terbantahkan lagi, sebagai acara termeriah. Bahkan Penanggungjawab balapan, Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengakui acara ini sebagai grasstrack paling spektakuler sepanjang sejarah, turnamen balapan di Kabupaten Mukomuko. Padahal mereka sudah menyelenggarakan acara yang sama berulangkali di lokasi tersebut. Kemeriahan acara dilihat dari segi penonton dan juga peserta.
Fakta ini tentu, membuktikan jika pencalonan Wismen sebagai Bupati Mukomuko disambut antusias oleh masyarakat. Tidak menutup kemungkinan, akan memuluskan langkahnya untuk mewujudkan perubahan besar di ‘’kapuang sakti ratau batuah’’ ini. Total pentonton tidak bisa dipastikan, namun diperkirakan mencapai 10 ribu orang. Ini bisa dilihat dari jumlah kendaraan penonton yang terparkir di lokasi dan juga kepadatan setidap sudut sekitar arena balapan. Warga yang hadir, berasal dari seluruh penjuru Mukomuko.
Ketua IMI Provinsi Bengkulu, Medi Saputra mengaku puas dan salut dengan kegiatan yang diselengarakan pada Sabtu dan Minggu lalu. Ia mengaku sudah tidak bisa mengingat, berapa kali mengadakan acara yang sama di Mukomuko. Namun demikian, diakuinya mulai dari jumlah peserta ataupun penonton, Serkuit Wismen paling meriah. Ia tidak ingin membahas di segi politik, karena itu bukan kewenangannya dan juga mereka tidak terpaut dengan itu.
‘’Saya rasa inilah acara paling ramai selama kita adakan di Mukomuko, kami tidak ingin bahas politik. Namun kalau soal pengalaman, memang yang di sponsori pak Wismen cukup spektakuler,’’ ungkapnya.
Salah seorang penonton, Mardizon juga mengakui, acara yang diselengarakan oleh Wismen ini paling meriah. Sebagai masyarakat yang hobi dengan cross, ia selalu hadiri setip ada acara dilakukan, namun tidak se meriah kali ini. Ia juga berharap Wismen bisa menjadi bupati, sehingga kreatifitas anak muda di kabupaten ini betul-betul mendapat pembinaan dan diperhatikan. Selama ini acap kali, para atlet dan utusan perlombaan lain ke daerah luar, terpaksa mengemis mencari dana untuk membawa nama baik daerah. Kedepan di bawah kepemimpinan Wismen diharapkan, banyak prestasi  yang bisa diraih daerah dalam berbagai bidang.
‘’Ini luar biasa, masyarakat harus memanfaatkan kesempatan ini, jika Wismen menjadi bupati, kemungkinan pembinaan prestasi daerah akan lebih baik. Kita tahu, selama ini, banyak keluhan, atlet tidak punya dana, bahkan ada yang meminta-minta untuk dana berangkat mengikuti pertandingan di luar daerah,’’ harapnya.
Wismen saat diminta tanggapannya, juga mengaku puas dengan antusiasme peserta dan penonton mengikuti jalannya acara ini. Tujuannya adalah untuk menghibur masyarakat dan juga menjaring bakat grasstrack di Mukomuko. Ia akan berusaha membina generasi berbakat di daerah ini secara berkelanjutan. Tidak hanya di segi balapan motor, ia juga akan mensuport bidang olah raga lain juga segi pendidikan serta mendukung pengembangan karya masyarakat. Juga diakuinya daerah ini memiliki begitu banyak potensi, hanya saja belum digarap dengan baik.
‘’Kita bangga dengan tingginya antusias masyarakat, yang jelas kita ingin kedepan semuanya lebih baik, tidak hanya di satu bidang, juga di sektor lain akan kita bangkitkan,’’ ungkapnya.
Menyangkut dengan persiapan Pilkada sendiri, Wismen memastikan ia sudah sangat matang untuk memenangi Pilkada kelak. Karena sejauh ini dukungan dari warga terus berdatangan. Apa yang ia lakukan sekarang baru tahap awal, dalam waktu dekat terutama menjelang pemilihan, akan banyak pertunjukan spektakuler lain yang akan ia persembahkan untuk masyarakat Mukomuko.
‘’Kita semakin yakin dengan dukungan masyarakat, ini untuk kepentingan daerah, saatnya kita berjuang untuk membangun daerah lebih baik,’’ tutupnya.(jar)