Wednesday, 25 February 2015

Irup HUT ke 12, Ichwan Minta Lanjutkan Pembangunan


METRO – Bupati Mukomuko Drs. H Ichwan Yunus, CPA,MM langsung bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) Hari Ulang Tahun (HUT) ke 12 Kabupaten Mukomuko. Besar kemungkinan ini kali terakhir Ichwan berdiri di vodium sebagai Irup HUT Mukomuko. Terlepas dari kemegahan HUT dan apa yang sudah dicapainya selama memimpin Mukomuko, Ichwan berharap bupati mendatang bisa melanjutkan pembangunan yang sudah ia lakukan, memberi kenyamanan kepada masyarakat dan bisa lebih baik lagi.
‘’Kita berharap siapapun yang dipilih rakyat nantinya, bisa seperti saya dalam memimpin, melanjutkan pembangunan yang sudah ada,’’ kata Ichwan.
Terkait apa saja PR bupati berikutnya, Ichwan mengaku pada prinsipnya hanya melanjutkan. Selama pemerintahannya program pemerintah sudah tercapai. Maka bupati berikutnya harus bisa melakukan lebih baik lagi. Kuncinya pengabdian sebagai kepala daerah adalah Ikhlas dan peduli dengan masyarakat.
‘’Pimpinlah Mukomuko dengan ikhlas, peduli dengan masyarakat, lakukan pembangunan yang sudah direncanakan dengan baik,’’ paparnya.
Dalam amanatnya saat memimpin upacara, Ichwan menjelaskan dengan rinci berbagai program pembangunan yang sudah dicapainya selama memimpin Mukomuko. Secara umum sejak dimekarkan pada 2003 lalu, terjadi perubahan signifikan dalam berbagai sektor di daerah ini. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah memberi dukungan pada pemerintahannya selama ini.
Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi adat dan doa bersama di ruang kantor bupati Mukomuko. Salah seorang kepala kaum dalam penyampaiannya berharap Mukomuko bisa terus mengalami kemajuan, meski nantinya Ichwan tidak lagi sebagai bupati. Berdirinya kabupaten ini harus disyukuri, karena membawa perubahan besar dalam kemajuan masyarakat terutama dalam sektor ekonomi. Masyarakat juga mengiklaskan Ichwan untuk maju sebagai calon Gubernur Bengkulu.
‘’Walau nantinya bupati tidak lagi menjabat, petuah dan petunjuknya harus terus ada untuk pemerintahan berikutnya. Masyarakat berharap siapapun bupati mendatang harus mampu melanjutkan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat,’’ pintanya.
Secara keseluruhan upacara HUT ke 12 Kabupaten Mukomuko berlangsung sukses. Peserta upacara terdiri dari PNS, Pelajar, Ormas, TNI, Polisi, Satpol PP dan jajaran lainnya. Upacara juga dihadiri Bupati Bengkulu Tengah (Beteng) dan segenap perwakilan dari kepala daerah tetangga termasuk perwakilan dari Gubernur Bengkulu. Juga jajaran TNI AL, AD kepolisian Republik Indonesia Mukomuko, Kejaksaan negeri, anggota dewan, TP-PKK, pejabat daerah, camat, kades, tokoh masyarakat dan lainnya. Upacara bertempat di halaman Pemda Mukomuko, selaku komandan upacara dari Polres Mukomuko. Ketua DPRD Armansyah, ST membacakan UU dasar, Kabag Hukum Setdakab, Heri Prasetyo, SS.TP membacakan undang-undang pembentukan Provinsi Bengkulu. Semuanya terlaksana dengan sukses berkat kerjasama yang baik segenap panitia dan kepiawaian jajaran Humas dan Protokler Pemda Mukomuko.
‘’Dengan berakhirnya rangkaian acara, maka berakhir pula upacara HUT ke 12 Mukomuko,’’ tutup MC Aida Ailawanis, S.IP.(jar)

Seribu Km Jalan, 11 Jembatan, Rumah Sakit dan Siburung Besi
//10 Tahun Pemimpin Mukomuko
KURANG Lebih 6 Bulan lagi pemerintahan Drs. H Ichwan Yunus, CPA,MM genap 10 tahun, bersamaan Ichwan harus mengakhiri kiprahnya sebagai Bupati Mukomuko. HUT ke 12 yang sedang berlangsung, kemungkinan HUT pemungkas pemerintahan Ichwan. Dalam kurun waktu tersebut, berbagai situasi sudah dihadapi oleh Ichwan, mulai dari persoalan dalam masyarakat, keritikan bahkan akrab dengan bencana alam, seperti gempa dan banjir yang cukup parah. Dalam 10 tahun ini Ichwan merubah ‘’Kapuang sakti ratau batuah’’ menjadi negeri yang cukup maju dan dikenal secara nasional. Berikut selintas pandang tentang pengabdian putra si pandai besi.

AMRIS TANJUNG – Kabupaten Mukomuko

Ancaman bencana alam bukan asing lagi bagi masyarakat Mukomuko, bahkan beberapa kali dilanda gempa, yang terbesar gempa 2007 yang memporak-porandakan sebagian Mukomuko. Sementara bencana banjir hampir setiap tahun melanda daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumarera Barat (Sumbar) dan Jambi ini. Semuanya bisa dilalui dengan baik, walau belum semuanya terselesaikan dengan maksimal.
Tanpa disadari perubahan besar terus terjadi di kabupaten ini, sehingga dari daerah yang tidak dikenal banyak orang, Mukomuko menjadi kabupaten yang dikenal secara nasional. Berbagai fasilitas dan infrastruktur bermunculan. Diantara bukti kesuksesan Ichwan dalam membangun daerah, berupa berdirinya sebuah rumah sakit yang cukup besar untuk ukuran kabupaten. Mungkin belum sempurna, namun manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat Mukomuko bahkan kabupaten tetangga.
Kemudian keberadaan Bandara Mukomuko, selain melancarkan transportasi udara, tidak dipungkiri keberadaan ‘’siburung besi’’ ini memiliki dampak besar terhadap kemajuan daerah. Selanjutnya yang paling dirasakan oleh masyarakat manfaatnya adalah, Ichwan selama pemerintahannya sukses membangun kurang lebih 800 km jalan desa dan kecamatan, ditambah dengan jalan usaha tani (JUT) yang terbentang menjangkau seluruh kawasan pertanian masyarakat. Juga sukses membangun 9 jembatan gantung utama dan 2 jembatan beton, yaitu jembatan Lubuk Sahung dan Lubuk Pinang. Belum lagi jembatan permanen lain, baik pembangunan baru maupun rehap terhadap jembatan yang sudah ada sebelumnya.
‘’Kita berusaha melakukan yang terbaik bagi daerah ini, terutama bagaimana memfasilitasi masyarakat untuk layanan kesehatan, pendidikan dan juga mempermudah mereka dalam menjalankan aktivitas masing-masing,’’ kata Ichwan pada saat pembukaan HUT Mukomuko ke 12.
Dengan adanya jalan dan jembatan, perekonomian masyarakat Mukomuko yang mayoritas adalah petani meluncur dengan kencang. Mereka bisa mengeluarkan hasil pertaniannya dengan mudah. Tidak hanya itu aktivitas transportasipun menjadi nyambung, seakan tidak ada lagi pemisah antara suatu desa dengan desa lainnya. Suatu hal yang pasni nilai lahan masyarakat dan hasil pertanian dan komuniti lain melonjak tajam.
‘’Kita rasakan betul bagaimana kemajuan daerah, dulu ke kebun kesulitan karena tidak ada jalan, sekarang semuanya bisa dimasuki kendaraan, tidak ada yang terasa jauh lagi,’’ kata salah seorang warga Mardison.
Dibalik kesuksesan tersebut, semuanya belum sempurna, masih banyak tuntutan pembangunan dari masyarakat belum tercapai, lantaran keterbatasan anggaran daerah. Selain itu masih ada kebijakan pembangunan yang dinilai belum semuanya memihak kepada masyarakat, bahkan pembangunan yang menggelontorkan anggaran cukup besar, sementara manfaatnya tak maksimal. Sebagai contoh pembangunan rumah Wakil Bupati yang mubazir, Rasmiling dan bangunan lainnya. Tidak hanya itu, meski tidak masuk dalam data, jumlah kemiskinan di daerah ini sampai sekarang masih tinggi. Buktinya masih banyak anak putus sekolah dan kesulitan memenuhi kebutuhan untuk berobat dan sebagainya.
‘’Pembangunan yang dicapai cukup baik, namun perlu dipahami banyak yang bisa dikoreksi, selain itu masih ada yang belum mampu dijawab oleh pemerintahan sekarang,’’ kata salah seorang tokoh Mukomuko, H. Hamdani Makir, SH,M.Hum.(**)

D’Masiv dan Nabilla Gomes Goyang Mukomuko
//Kapolres: Perketat Pengamanan
METRO – Jika tidak ada aral melintang, malam nanti grup band kenamaan D’Masiv akan hibur masyarakat Mukomuko. Riyan sang vocalis bersama crewnya akan membawakan 10 lagu, diantaranya berjudul, “Cinta ini membunuhku”, ‘’Jangan Menyerah” dan lagu baru mereka ‘’Pergilah kasih” serta lagu tenar lainnya. Selain D’Masiv, artis seksi Dj dangdut Nabilla Gomes juga sudah siap menggoyang Mukomuko. Diprediksi jalanan menuju pusat acara di perkantoran Pemda Mukomuko akan padat merayap. Acara ini merupakan puncak penutupan perayaan HUT ke 12 Kabupaten Mukomuko. Namun jangan ragu, jalannya acara mendapat pengaman ketat dari personil Polres Mukomuko.
Ketua Panitia HUT Kabupaten Mukomuko ke 12, Gianto, SH melalui Sekretaris, Syafriadi, SH mengatakan, malam puncak perayaan HUT diprediksi bakal meriah. Dengan mendatangkan artis  yang tak asing lagi di kancah pemusik Indonesia, level papan atas. Persiapan acara telah terencana dengan matang, melalui koordintor bidang perayaan puncak HUT. Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan, panitia telah menjalin kerja sama dengan aparat penegak hukum untuk pengamanan malam acara.
‘’Malam puncak perayaan HUT panitia mendatangkan artis papan atas yang sudah terkenal, serta artis penggiring yang tak asing lagi. Kita prediksi bakal ramai penonton. Untuk pengamanan acara, panitia telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Satpol PP dan Dishubkominfo. Kepada masyarakat kita himbau untuk menjaga ketertiban dan keamanan pada malam pesta rakyat nanti,’’ kata Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setdakab Mukomuko ini.
Terpisah, Kapolres Mukomuko, AKBP Andhika Visnu, SIk mengatakan, dalam pelaksanaan beberapa rangkaian kegiatan HUT mendapat pengamanan ketat dari jajarannya. Terkhusus malam puncak dengan mendatangkan artis papan atas, ia akan memperketat penjagaan dengan menambah jumlah personil anggotanya. Ia mengakui, sebagian personil dengan menggunakan pakaian dinas dan sebagian dengan sistem penyamaran.
‘’Kita minta pada malam puncak perayaan HUT berjalan lancar dan kondusif. Untuk itu, sejumlah personil telah disiapkan untuk pengamanan,’’ demikian Kapolres. (nek)