Thursday, 11 December 2014

Kalender Sapuan Jadi Andalan


Kalender Parpol Hanya Mendekati Pemilu
POLITIK RM – Saat memasuki tahun baru 2014 lalu, masyarakat kewalahan menerima jatah kalender geratis, dari partai politik dan dari calon anggota legislatif (Caleg). Bahkan di setiap rumah, bisa menerima belasan kalender caleg dengan berbagai ukuran. Namun jelang tahun 2015, semunya tidak terlihat lagi, untungnya masih ada H. Sapuan, SE, Ak, MM, CA yang rutin membagikan kalender geratis.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD-PKS) Kabupaten Mukomuko, Andy Suhary, SE, M.Pd tidak menafik hal tersebut. Namun untuk PKS sendiri setiap tahun rutin membagikan kalender pada masyarakat. Tidak hanya dilakukan pada saat jelang pemilu atau pilkada saja. Untuk kalender 2015 memang belum mereka bagikan, namun rencananya akan segera dicetak, hingga jelang pertukaran tahun kalender sudah dibagikan kepada masyarakat.
‘’Kami dari PKS tetap bagi kalender, karena itu rutin dilakukan setiap tahun. Memang kalau dibanding dengan saat pemilu, sudah tidak banyak lagi yang membuat kalender,’’ katanya.
Andy juga menilai wajar, jika masyarakat mempertanyakannya, karena ada kesan jika partai dan politisi hanya ingat pada saat pemilu saja. Namun barangkali pada dasarnya tidak begitu. Fokus partai atau politisi adalah untuk bekerja. Ia juga mengakui yang sudah banyak beredar kalender milik Sapuan dan beberapa kalender lainnya.
‘’Kalau masyarakat mengira demikian wajar, karena kenyataannya dulu kalender ramai, sekarang sudah tidak banyak. Kalau tidak salah, yang ada saat ini kalender Sapuan,’’ paparnya.
Novesta Herman, mengakui jika Sapuan sudah membagikan kalender di setiap rumah warga sejak beberapa waktu yang lalu. Pembagian kalender ini tidak politis, karena rutin dilakukan Sapuan setiap tahunnya. Tujuannya untuk membantu masyarakat, agar tidak lagi perlu membeli kalender.
‘’Sapuan sudah bagikan kalender sejak lama, ini rutin dilakukan, tidak ada hubungannya dengan isu pencalonan. Tujuannya untuk membantu warga, supaya tidak lagi memberi kalender di rumahnya,’’ tutupnya.(jar)

Gerindra Pindah Markas
POLITIK RM – Mendekati tahapan pemilihan kepala daerah, Partai Gerindra mulai berbenah. Langkah pertama yang sudah dilakukan adalah, pindah markas atau kantor sekretariat partai ke tempat yang baru. Sejak kemarin, sekretariat Gerindra bukan lagi di tempat yang sama, namun masih di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko. Kantor yang baru ini, di kontrak khusus untuk partai, dengan dilengkapi ruang rapat, ruang ketua dan sekretaris juga ruang staf lainnya.
Ketua Dewan Pinpinan Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Mukomuko, Bassendri menjelaskan sekretariat yang baru ini memang disiapkan secara khusus bagi keperluan partai. Sebelumnya tetap sebagai sekretariat resmi, namun sifatnya masih menumpang di rumah pribadi keluarganya. Langkah ini dilakukan, untuk meningkatkan koordinasi antar kader partai kedepannya. Apalagi jelang pilkada, tentu banyak persiapan akan dilakukan. Selain itu pengurus atau kader dan masyarakat bisa mampir beristirahat di sekretariat yang baru ini dengan leluasa.
‘’Kita sudah pindah ke tempat yang baru, ini akan menjadi markas khusus Gerindra, juga bisa menjadi tempat beristirahat bagi kader yang sedang ada kegiatan dan sebagainya,’’ kata Bas.
Lanjutnya, saat ini perlengkapan kantor sedang diusahakan, dalam waktu dekat semuanya lengkap dan mereka mulai bekerja di kantor baru ini. Jika tidak ada kendala pada awal tahun kantor ini, juga akan menjadi posko pendaftaran calon bupati yang akan maju. Karena Gerindra membuka pendaftaran secara terbuka. Kandidat yang benar-banar siap dan diinginkan partai dan masyarakat, itulah yang akan diusung.
‘’Semuanya akan dipusatkan disini, mulai dari rapat partai hingga persiapan penjaringan kandidat calon bupati,’’ papar Bas.
Ketua DPRD Mukomuko yang juga adalah sekretarus DPC Gerindra, Armansyah, ST menyampaikan hal senada partainya akan lebih dekat dengan masyarakat kedepannya. Banyak kegiatan yang bakal dilakukan, salah satunya menggelar rapat rutin seluruh pengurus satu bulan sekali dan juga rapat tahunan. Setiap kegiatan direncanakan dan laksanakan di kantor ini.
‘’Mudahan dengan kantor baru ini Gerindra bisa melakukan banyak hal di tengah masyarakat. Kita akan jadikan kantor ini sebagai pusat informasi dan juga aspirasi masyarakat,’’ tutupnya diamini Gerindra.(jar)