Thursday, 21 August 2014

Mahyudin Ya’cub Diusung Tokoh 3 Kecamatan


AIR RAMI – Mendapat dukungan dari tokoh masyarakat 3 kecamatan, yakni Kecamatan Air Rami, Ipuh dan Malin Deman, Mahyudin Ya’cub alias Jhon Ya’cub makin percaya diri untuk maju sebagai calon Bupati Mukomuko periode 2015-2020. Diyakini, seiring dengan waktu dukungan dari kecamatan lain akan terus diterimanya. Sebab Mahyudin dikenal sebagai sosok yang layak dan pantas memimpin Mukomuko.
Disampaikan oleh tokoh masyarakat Desa Talang Rio Kecamatan Air Rami, Baihaki, dirinya siap mendukung bahkan untuk menjadi relawan kemenangan Mahyudin pada Pilbup mendatang. Sosok Mahyudin menurutnya,memiliki nilai jual untuk bersaing. Mahyudin juga dinilai memiliki kemampuan untuk memimpin daerah, berangkat dari ilmu pengetahuan yang cukup bahkan juga pernah menjadi seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu.
‘’Saya sudah dapat kabar, Mahyudin akan maju dan mencalon jadi Bupati. Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, bahkan siap untuk memberikan dukungan dan sekaligus menjadi tim pemenang. Dilihat dari figur, Mahyudin cukup memiliki ilmu pengetahuan dan mampu bersaing demi memajukan daerah ini,’’kata Baihaki.
Senada disampaikan, warga Lubuk Talang, Malin Deman, Hamdan. Menurutnya, dukungan kepada Mahyudin bukan hanya dipandang dari sosok kepemimpinan dan pengalaman, tetapi juga dinilai sebagai salah satu putra terbaik yang siap untuk memimpin daerah ini. Dia menambahkan, Mahyudin juga merupakan putra asli Malin Deman, dengan demikian ia sepakat untuk membantu kemenangan Mahyudin. Selain itu, Ia menilai elektabilitas dan kemampuan Mahyudin, cukup teruji. Yang lebih meyakinkan lagi, ia menerima kabar keseriusan Mahyudin untuk maju dan siap meningkatkan kemajuan daerah.
‘’Sudah sepantasnya kita mendukung Mahyudin untuk maju pada Pilkada mendatang. karena selain putra daerah, mahyudin juga sudah siap lahir batin untuk maju mencalonkan diri sebagai Bupati Mukomuko pada pilkada 2015 mendatang. disamping itu mahyudin sudah memiliki pengalaman yang luas, baik bidang politik ataupun pembangunan dan birokrassi lainnya,’’ujar Hamdan.
Selain itu juga disampaikan oleh warga Retak Ilir Kecamatan Ipuh, Hartoni.  Dia juga mengatakan kesiapan dirinya untuk memberikan dukungan kepada Mahyudin, termasuk keluarga serta sanak familinya. Tidak hanya itu, ia juga siap mengajak warga untuk memilihnya supaya Mahyudin menang dan menjadi bupati Mukomuko lima tahun kedepan. Diantara Calon Bupati (cabup), ia menilai Mahyudin memiliki figur, ilmu politik, dan birokrasi, serta pengalaman yang tinggi. untuk itu ia berharap warga mendukung dengan sepenuhnya, Ia juga berharap warga desa lain juga memberikan dukungan yang sama supaya mahyudin menang dan membawa perubahan untuk kedepannya.
‘’Saya rasa untuk cabup dari dapil III Mahyudin lebih pantas dibandingkan dengan yang lainnya, karena mahyudin sudah punya pengalaman yang jauh lebih baik daripada yang lainnya. Diharapkan seluruh warga di dapil III mendukung mahyudin pada pilbup 2015 mendatang,’’tutup Hartoni.(cw6/prw)


Ketua Arman, Waka Eri, 18 Dewan Wajah Baru
//Dilantik Ketua PN dan Dihadiri Gubernur
METRO – Sesuai jadwal, hari ini akan berlangsung pelantikan anggota DPRD Mukomuko periode 2014-2019. Sekaligus serahterima jabatan antara dewan yang lama dengan wakil rakyat Kabupaten Mukomuko berikutnya. Pada pelantikan nanti Ketua sementara, politisi Gerindra Dapil I, Armansyah, ST dan Eri Zulhayat, SE, M.Si  sebagai Waka. Yang akan melantik dewan baru, ketua Pengadilan Negeri (PN) Argamakmur Bengkulu Utara (BU) dan dijawalkan dihadiri Gubernur Bengkulu.
Dari 25 anggota dewan yang akan dilantik nanti, 4 orang dewan lama yang terpilih kembali, yaitu Hermansyah, S.Kom, M.Kom dari Dapil 1 Partai Hanura, kedua Ali Saftaini, SE asal Golkar Dapil I, ketiga Eri Zulhayat asal PAN dari Dapil II dan Sardiman, S.Pi asal Partai Demokrat juga dapil II. Sedangkan 3 lainnya merupakan mantan anggota dewan Mukomuko periode 2004-2009. Masing-masing Dadariun, S.Pd asal Golkar dari Dapil III, kedua Andy Suhary, SE, M.Pd asal PKS dapil I dan Badrun Hasani, SH dari PAN Dapil III. Artinya hanya 18 orang yang merupakan wajah baru.
Sekretaris DPRD Mukomuko, Drs. H Bustari Maler, M.Hum mengatakan, saat ini SK pengangkatan 25 dewan baru sudah disiapkan dan akan diserahkan pada saat pelantikan kelak. Disamping itu SK pemberhentian anggota dewan yang lama juga sudah ada. Yang akan melantik para anggota dewan ini, Ketua pengadilan sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang. Gubernur informasi sementara yang ia terima berencana hadir, namun untuk kepastian saat pelantikan nanti.
‘’Pelantikan 25 anggota dewan sama seperti sebelumnya, meski mereka dewan lama atau dewan baru, sama saja, karena ini jabatan baru. Untuk kehadiran Gubernur, rencana sementara memang akan  hadir, namun kita lihat nanti,’’ kata Sekwan.
Untuk persiapan sudah 99 persen, ruangan paripurna telah dilengkapi dengan dekorasi dan posisi dewan yang dilantik dan akan lepas jabatan juga telah diatur dengan baik. Bahkan sejak kemarin, satu persatu nama dewan lama mulai dicopot dari dinding gedung dewan tersebut dan akan diganti dengan nama-nama dewan baru. Untuk undangan, mereka menyiapakan 1000 tempat duduk dan juga aka nada jamuan setelah acara selesai. Terkait dengan peluang dewan lama tidak hadir, Sekwan menyerahkan pada pribadi masing-masing.
‘’Kita siapkan dengan sempurna, meski pada dasarnya anggaran pelantikan ini sangat sedikit, yaitu sekitar Rp 45 juta saja. Mudahan acara bisa berlangsung dengan baik dan sukses. Dewan baru harus hadir semua, untuk dewan lama yang tidak hadir, diserahkan pada pribadi masing-masing yang jelas sudah diberitahukan,’’ tegasnya.
Salah seorang anggota DPRD Mukomuko yang akan mengakhiri masa jabatannya, Haidir, S.IP mengaku sudah siap. Ia berencana akan menghadiri pelantikan kelak. Soal ada yang tidak hadir, menurutnya itu adalah hak masing-masing dan bisa jadi terkendala.
‘’Kalau saya akan hadir, soal kawan-kawan ada yang tidak hadir itu kita berprasangka baik saja,’’ tegasnya.
Ketua DPD NasDem yang akan dilantik kelak, Busril mengaku sudah siap menjalani tugas sebagai dewan yang baru. Ia akan hadir saat pelantikan, karena itu adalah sejarah dalam hidupnya nanti dan bagi daerah ini. Namun pada dasarnya ia lebih memikirkan tugas berat akan dijalani selama menjabat kelak.
‘’Pasti kita hadir, yang jelas ini adalah waktunya bagi kita mulai bekerja untuk masyarakat dan daerah lebih baik,’’ tutupnya.(jar)

Tokoh Mudik Usulkan 1 Kandidat Cabup
POLITIK RM – Isu persatuan warga mudik kembali mencuat menjelang pemilihan kepala daerah 2015. Kali ini datang dari tokoh Pondok Suguh yang juga ikut serta memperjuangkan pemekaran Mukomuko, Katab. Ia mengajak para tokoh mudik berembuk membahas persiapan pilkada, yaitu dengan menunjuk salah satu tokoh mudik yang telah berjibaku untuk mengembangkan daerah ini sebagai perwakilan.
Dikatakannya, saatnya tokoh mudik merapatkan barisan untuk menetapkan satu kanidat bupati mendatang. Jika tidak sekarang, maka tidak ada lagi waktu bagi mereka bisa menunjukkan eksistensi yang selama ini berjuang keras untuk kemajuan daerah. Jangan sampai terus menerus menjadi penonton dari setiap perhelatan daerah.
‘’Kita harus bangkitkan rasa kebersamaan yang dulu menggebu-gebu membentuk daerah otonom. Banyak diantara kita dari mudik, yang ditinggalkan dalam berbagai perhelatan, seperti jatah pembangunan maupun dalam jatah pengangkatan pegawai,’’ kata Katab.
Terus siapa tokoh mudik yang layak untuk ditunjuk? Katab mengaku cukup banyak para tokoh mudik yang punya potensi untuk maju, baik dari warga pribumi maupun dari warga non pribumi, dalam hal ini warga asal Jawa, Minang dan daerah lainnya. Tinggal lagi sekarang, siap apa tidak untuk bersama-sama.
‘’Kalau soal siapa yang layak, kita punya segudang tokoh yang potensial dan kita kenal denal dengan baik bagaimana sepakterjangnya selama ini,’’ tutup Katab.(jar)