Friday, 21 February 2014

Politik Mukomuko Terbaru 3

Ini 15 Titik Lokasi Kampanye Terbuka
POLITIK RM – Kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko  bersama para pimpinan Partai politik (Parpol) atau yang mewakili menyepakati 15 titik lokasi kampanye terbuka bagi peserta pemilu. Setiap kecamatan ditetapkan satu lokasi. Caleg atau parpol yang menggelar kampanye dengan mengumpulkan massa di luar zona ini dilarang. Rapat yang berlangsung di aula KPU Mukomuko juga dihadiri oleh Panwaslu Mukomuko, Kesbangpol dan Sandi, Kepolisian, Kejaksaan, TNI serta undangan lainnya.
Ketua KPU Mukomuko, Dawud, S.Ag mengatakan, penetapan zona kampanye bagi perserta pemilu ini sesuai dengan petunjuk dari pusat. Tujuan penetapan zona, guna tertibnya pelaksanaan kampanye dan menegakkan azas keadilan dalam pelaksanaan kampanye. Diharapkan, karena keputusan diambil bersama-sama dengan pimpinan parpol dan disaksikan oleh pemda dan aparat maka untuk dapat dipatuhi.
‘’Zona kampanye ini ditetapkan guna menghindari kekacauan dalam pelaksanaannya, waktu kampanye terbuka. Apapila ada parpol atau caleg yang kampanye terbuka dengan menghadirkan massa dalam jumlah besar di luar lokasi yang sudah ditetapkan, maka akan ditindak sesuai aturan berlaku,’’ kata Dawud.
Ketua Panwaslu, Muchtadir Munib, SE terkait dengan penetapan zona kampanye terbuka tidak ada lagi pihak terkait yang tidak mengetahuinya. Harapan Muchtadir tidak ada kontestan pemilu yang berkampanye di luar zona yang ditetapkan.(jar)

Dapil I:
Kecamatan Kota Mukomuko         Lapangan Ratok Denai, Bandar Ratu
Kecamatan Air Manjuto             Lapangan Desa Agung Jaya
Kecamatan V Koto                 Lapangan Desa Lalang Luas
Kecamatan XIV Koto             Lapangan Desa Lubuk Sanai
Kecamatan Lubuk Pinang            Lapangan Desa Lubuk Pinang
Dapil II: 
Kecamatan Penarik             Lapangan SP1 Desa Lubuk Mukti 
Kecamatan Teras Terunjam         Lapangan Desa Talang Kuning
Kecamatan Selagan Raya         Lapangan Desa Sungai Gading
Kecamatan Teramang Jaya         Lapangan Desa Pernyah
Kecamatan Air Dikit             Lapangan Desa Pondok Lunang
Dapil III: 
Kecamatan Sungai Rumbai         Lapangan Desa Gajah Mati
Kecamatan Pondok Suguh            Lapangan Desa Pondok Suguh
Kecamatan Ipuh                Lapangan Desa Medan Jaya
Kecamatan Malin Deman            Lapangan Desa Talang Arah
Kecamatan Air Rami            Lapangan Desa Rami Mulya    
Parpol Usulkan Mobnas Caleg Dikandangkan
POLITIK RM – Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Mukomuko, Adrizon N mengusulkan agar mobil dinas (Mobnas) yang dipegang oleh caleg aktif dikandangkan. Baik itu anggota dewan, pengurus PKK maupun keluarga pejabat.
Dikatakan Adrizon bahwa penggunaan mobnas untuk kepentingan kampanye dan sejenisnya adalah pelanggaran pemilu. Adrizon tak menampik bahwa pihaknya di DPRD kerap mendapat sorotan lantaran masih memegang mobnas. Padahal belum tentu tudingan tersebut benar. Tak ingin memperpanjang masalah, Adrizon meminta ketegasan untuk diterapkan aturan penarikan mobnas.
‘’KPU dan panwaslu sebaiknya usulkan ini kepada pemda, kami sepakat mengandangkan mobnas, tetapi harus adil dan menyeluruh. Jangan ada yang dibela dan dilindungi,’’ kata Adrizon.
Ketua DPC PDI Perjuangan, I Wayan Adnyana mengatakan, secara pribadi ia sepakat dengan usulan itu. Namun atas nama partai ataupun kelembagaan  dewan, ia belum berani menyatakan dukungan, sebab perlu dikaji lebih jauh.  Yang paling penting menurut I Wayan adalah, bagaimana menekankan agar tidak ada penyalahgunaan pengunaan mobnas. Disini diperlukan pengawasan yang super ketat,
‘’Kalau secara pribadi saya sepakat, namun atas nama lembaga kita perlu membahas ini secara mendalam,’’ kata Waka II DPRD Kabupaten Mukomuko ini.
Berbeda lagi dengan petinggi Partai NasDem, Gerindra dan beberapa parpol lain, mereka sepakat sepenuhnya dengan usulan pengandangan mobnas bagi  caleg.(jar)

DPD NasDem Matangkan Persiapan Sambut Rio
POLITIK RM – Direncanakan orang nomor dua di DPP NasDem, Patrice Rio Capella akan kembali hadir di Mukomuko dalam waktu dekat setelah pada akhir tahun lalu Rio menghadiri acara Jalan Santai yang diadakan Surat Kabar Harian (SKH) Radar Mukomuko (RM). Tujuan kedatangannya kali ini dalam rangka menjalankan misi politik menghadapi tanggal 9 April mendatang. Menyambut kedatangan putra asli Bengkulu yang membidik kursi di DPR RI ini, pengurus DPD NasDem Kabupaten Mukomuko tengah mematangkan persiapan.
Satu yang diprioritaskan adalah memastikan lumbung suara Rio dan NasDem umumnya di pedesaan. Agaknya Rio ingin melihat langsung apakah NasDem di Mukomuko benar-benar memiliki kekuatan sebagaimana di daerah lain atau hanya hitungan di atas kertas saja.
‘’Sebelum Rio datang, kami akan turun lebih dahulu melihat pemetaan wilayah suara NasDem di seluruh dapil. Kalau memang memungkinkan setiap desa akan kita datangi,’’ kata Busril.
Busril lebih lanjut mengatakan bahwa sudah menjadi misi NasDem Kabupaten Mukomuko mengantarkan Rio ke DPR RI. Selain dari misi mengantarkan NasDem sebagai pemenang pemilu. Karenanya Busril mengajak seluruh kader dan simpatisan NasDem untuk bergerak maksimal demi tercapainya misi partai.(jar)

Dihadiri Caleg, Rabab Dj Disorot Panwaslu
POLITIK RM – Pagelaran musik tradisional modern di Kelurahan Pasar Mukomuko malam kemarin menjadi catatan Panwaslu Mukomuko. Mereka menilai acara musik yang dihadiri Caleg Demokrat DPR RI, Dian A Syakhroza di rumah  Caleg Demokrat Dapil I untuk kabupaten, Ermawati ini termasuk dalam kategori curi start kampanye.
Ketua Panwaslu Mukomuko, Muchtadir Munib, SE mengatakan mereka awalnya mendapat laporan adanya pagelaran musik oleh caleg Demokrat, maka langsung mendatanginya. Secara kasat mata, mereka menilai kegiatan tersebut sudah masuk dalam pelanggaran, sebab di sekitar acara dipasang beberapa atribut kampanye dan caleg Demokrat sendiri tampak menghadiri acara itu.
‘’Kami menilai ini adalah bentuk pelanggaran kampanye, akan kita tindak  lanjuti sesuai aturan berlaku. Dihadiri oleh caleg dan juga ada pemasangan alat peraga sekitar lokasi ini,’’ kata Muchtadir didampingi anggotanya, Padlul Azmi, SH.
Pemilik rumah tempat dilangsungkannya acara musik, Sunarto mengaku bukan kampanye. Acara dilakukan di rumahnya sendiri, soal kehadiran Dian menurutnya wajar, sebab istrinya juga seorang caleg Demokrat untuk kabupaten, sedangkan Dian merupakan petinggi dari Partai Nomor 7 ini. Tidak ada ajakan untuk memilih dalam acara tersebut. Soal keberadaan atribut juga tidak lain karena bertempat di rumah pribadinya.(jar)

Yusmardi Keliling Desa ke Desa
POLITIK RM – Keliling dari desa ke desa, menjadi agenda Waka 1 DPRD Kabupaten Mukomuko, H Yusmardi, SH dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat, baik untuk diperjuangkan di lembaga legislatif, maupun untuk menjadi bahannya, saat di DPRD provinsi nanti. Selain itu Yusmardi tengah menjalin komunikasi dengan masyarakat untuk sosialisasi pencalonannya sebagai Caleg DPRD Provinsi Bengkulu, Nomor Urut 1 Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil Kabupaten Mukomuko.
Malam kemarin, Yusmardi bertemu dengan masyarakat Desa Bunga Tanjung,  Kecamatan Teramang Jaya. Kehadirannya mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat setempat. Peluang ia untuk didukung pada pemilu mendatang cukup besar. Selain itu Yusmardi juga sudah mendatangi berbagai desa dan akan mengunjungi seluruh desa di Kabupaten Mukomuko untuk menjalin silaturahmi.
‘’Kita sengaja menemui masyarakat dalam rangka membangun komunikasi yang baik dan mencari referensi untuk ke depan. Malam kemarin kita pertemuan di Bunga Tanjung dan juga terus berjalan dalam rangka menjalin silaturahmi,’’ kata Yusmardi.
Yusmardi mengaku banyak mendapat keluhan tentang pertanian dari masyarakat, baik terkait harga yang tidak menguntungkan mereka dan juga persoalan kesulitan lainnya. Ini semua akan menjadi bahan baginya untuk kedepannya, agar masyarakat bisa terbantu.
‘’Kita banyak menemui keluhan terkait dengan harga sawit dan kendala jalan lainnya. Yang jelas semua akan kita perjuangkan kedepannya,’’ tutup Yusmardi.(jar)