Sunday, 26 May 2013

Ular Mukomuko

Ular Piton Seberat 80 Kg Ditangkap
LUBUK PINANG – Warga Dusun I, Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lubuk Pinang dihebohkan dengan aksi penangkapan seekor ular jenis Piton. Ular dengan berat sekitar 6 Meter dan berat 80 Kg tersebut ditangkap oleh salah seorang warga, Khairul. Saat ditemukan Sabtu (18/5) tengah malam, posisi ular berada di dekat kandang sapi milik Khairul.
Diperkirakan ular yang merupakan jenis ular terpanjang di dunia ini tengah mengincar jawing lantaran lapar.
Ditemui Radar Mukomuko (RM) kemarin, Khairul mengaku dirinya sudah 6 kali menangkap ular serupa di lokasi berbeda namun masih wilayah setempat. Tentunya fakta ini patut disikapi pihak terkait. Tak terbayangkan jika ular sebesar itu mengincar warga, terutama anak-anak.
Diceritakan Khairul, yang kali pertama melihat ular adalah Nur Syarifudin, tidak lain anak Khairul. Nur semula ingin memberi makan sapi peliharaannya di dalam kandang. Saat sedang berjalan di dekat kandang, Nur melihat cahaya di tengah kegelapan. Saat didekati, sumber cahaya itu rupanya mata ular yang tubuhnya sedang melingkar.
Lantaran takut, Nur pun menelpon Khairul via Hp. Bersama keempat warga lain, Khairul mendatangi lokasi. Tidak mudah bagi Khairul dan warga menangkap ular tersebut. Butuh waktu tak kurang dari 30 menit. Usai berhasil menangkapnya, ular langsung dibawa ke rumah.
‘’Kami sempat kewalahan karena tenaganya kuat sekali. Saya kebetulan hobi berburu babi, jadi sudah sering ketemu ular besar. Ini sudah yang keenam kali saya menangkap ular,’’ kata Khairul.
Ditanya akan diapakan ular yang kulitnya biasa dijadikan bahan baku tas, sepatu, ikat pinggang, dompet dan lain-lain, Khairul berencana akan menjualnya. Namun sejauh ini Khairul belum mendapat peminat. 
Pantauan lain RM di rumah Khairul, cukup banyak warga bukan hanya dari desa namun juga dari luar yang berdatangan untuk melihat penemuan ular itu. Salah satunya Jumanto.
‘’Untuk koleksi saja saya poto-poto ular ini. Bagi saya yang pertama kalinya melihat ular sebesar iini,’’ demikan Jumanto.(cw2)