Monday, 11 May 2015

Jagoan ‘’Cendana’’ Diisukan Mundur


//Bupati : Kita Sedang Lobi 3 Parpol
METRO – Belakangan berkembang isu, jagoan keluarga ‘’cendana’’ untuk Bupati Mukomuko 2015-2020, Andy Suhary,SE,M.Pd mundur dari bursa pencalonan. Tidak tahu jelas dari mana kabar ini beredar, yang jelas warga mulai bertanya-tanya. Namun kabar ini dibantah oleh Andy dan juga Bupati Drs. H Ichwan Yunus,CPA,MM. Bahkan menurut bupati saat ini tengah dilakukan lobi dengan 3 partai politik untuk mengusung Andy.
Dihubungi, Andy mengatakan, kabar itu tidak benar, kemungkinan sengaja diisukan oleh pihak tertentu. Yang jelas jika partai mengusungnya, terkhusus mendapat rekomendasi dari PKS, ia siap bersaing pada Pilkada kelak. Saat ini proses survey oleh parpol masih berlangsung, pihaknya juga berjuang untuk mendapatkan dukungan dari partai lainnya.
‘’Kalau sekarang belum ada rencana untuk mengundurkan diri dari rencana pencalonan. Masa belum mencalon sudah mengundurkan diri, kita siap jika diusung partai politik. Kami akan mundur kalau partai tidak mengusung, karena itu syarat,’’ tegas Andy.
Bahkan menurutnya sosialisasi ke masyarakat masih terus dilakukan oleh timnya. Begitupun sosialisasi melalui media dan alat peraga. Ia yakin saat ini belum ada satupun partai yang memutuskan pencalonan seseorang, karena sedang dilakukan survey. Sebab partai politik tidak akan mendukung calon jika tidak siap dari segala segi.
‘’Partai ingin mengusung calon yang bisa bersaing di segala sektor, maka belum ada yang membuat keputusan resmi. Isu partai sudah menetapkan calon, itu sebatas klaim dari yang bersangkutan saja,’’ tuturnya.
Ichwan yang diminta tanggapannya, menegaskan jika keluarga ‘’cendana’’ tetap akan mengusung calon. Untuk sementara kandidatnya adalah Andy Suhary, karena dinilai paling siap di segala sektor. Bahkan saat ini ia sedang melobi beberapa partai politik sebagai perahu Andy nantinya. Ia optimis Andy bisa bersaing dengan kandidat lainnya. Bahkan tim serta baliho sudah tersebar dimanamana.
‘’Saya yakin dan percaya bahwasanya ia bisa mengurus Mukomuko kedepannya. Segala persiapan terus berjalan, karena tim dan balihonya juga sudah terlihat dimana-mana. Dan saat ini tinggal ia mencari calon pasangannya untuk maju nanti,’’ ungkapnya.
Disampaikan, meski saat ini belum mendapatkan kepastian partai namun saat ini tengah melirik 3 kemungkinan parpol pendukung. Sementara terkait dengan adanya isu UU hubungan keluarga, Bupati menyebutkan tidak menjadi masalah. Karena Andy tidak memiliki hubungan darah sercara langsung.
‘’Sedangkan untuk partai kita masih mencari beberapa kemungkinan, seperti partai PKS, Garindra dan juga PAN. Terkait dengan UU pilkada, ia menegaskan keponakan tidak jadi masalah untuk maju. Kecuali ia ada hubungan darah langsung dengan saya baru tidak boleh,’’ demikian Bup.(cw1)



Calon PPK Lalui Tes Wawancara
METRO – Mulai dari kemarin para calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pemilihan Gubernur dan Bupati mengikuti tes wawancara. Mereka adalah 10 besar yang sebelumnya dinyatakan lulus tes tertulis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko. Tes wawancara berlangsung hingga besok, yang bertempat di sekretariat KPU Mukomuko.
Hari pertama tes terdiri dari beberapa kecamatan, diantaranya Ipuh, Malin Deman, Teramang Jaya, Pondok Suguh, Penarik dan Lubuk Pinang. Hari ini dijadwalkan kecamatan berbeda. Pada pelaksanaan tes, peserta dipanggil satu persatu ke ruangan dan diuji oleh 4 orang Komisioner KPU. Yaitu terdiri dari Dawud, S.Ag, Syofia Diana,SE, Dedy Desponsory, S.HI dan AH. Siregar, S.Ag, M.Pd.
Dawud mengatakan tes wawancara adalah tahapan terakhir sebelum ditetapkan siapa yang lulus. Selain tes wawancara dan tertulis, penilaian paling penting lainnya adalah rekam jejak dari peserta itu sendiri. Dalam hal ini terkait hubungannya dengan calon cakada, dengan partai politik serta kesibukan lain yang diperkirakan dapat mengganggu tugasnya selaku PPK.
‘’Sebelumnya kita sudah umumkan ke publik nama-nama mereka yang ikut wawancara. Kalau ada yang bermasalah masyarakat diminta melapor ke KPU, maka tes tertulis dan wawancara tidak semata-mata menentukan,’’ papar Dawud.
Dawud juga memastikan penjaringan PPK murni berdasarkan hasil penilaian dari KPU, tidak ada pengaruh dari pihak manapun. Karena mereka mencari petugas terbaik yang bisa bekerja maksimal menyukseskan pemilihan bupati dan gubernur kelak. Dari hasil tes sementara diakuinya pemint dari PPK cukup banyak, mereka juga memiliki latar pendidikan yang baik sehingga memahami prihal menyangkut dengan Pilkada.
‘’Tugas PPK cukup berat, maka kita perlu mereka yang mampu bekerja dan paham dengan pekerjaan yang akan digelutinya,’’ tegas Dawud.
Diana juga menegaskan dalam penilaian mereka melihat kesiapan dari peserta. Karena Pilkada merupakan pesta demokrasi yang sangat penting bagi daerah ini. Mereka tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lantaran petugas kurang profesional melaksakan tugasnya.
‘’Kita berusaha sebaik mungkin, maka sejak awal KPU berkomitmen menyukseskan Pilkada. Itu akan terwujud dengan profesionalitas petugas,’’ tutupnya diamini Dedy.(jar)


Ichwan Makin Pede, Maju Jalur Independen

METRO – Bupati Mukomuko Drs. H Ichwan Yunus, CPA. MM makin percaya diri (Pede) bisa mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU)Provinsi Bengkulu sebagai bakal calon Gubernur Bengkulu melalui jalur independen. Saat diminta tanggapannya, Ichwan mengklaim sekarang relawannya sudah mengumpulkan 120 ribu poto copy KTP. Targetnya jumlah dukungan mencapai 200 ribu. Di Mukomuko sendiri Ichwan menargetkan mendapat dukungan sebanyak 80 ribu.
Dikatakan Ichwan sebagaimana rencana awal, ia akan maju dengan jalur independen. Saat ini tim relawannya masih terus berjuang mengumpulkan dukungan sebanyak-banyaknya. Poto copy KTP berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Bengkulu. Selain itu tahapan sosialisasi ke masyarakat juga tetap berlanjut, baik melalui alat peraga atau secara langsung.
‘’Kita yakin bisa maju sebagi calon independen, karena saat ini sudah terdapat ada 120 ribu dukungan. Untuk wilayah kita ini ditargetkan ada sekitar 80 ribu dukungan,’’ ungkapnya.
Disebutkan, sejauh ini persiapan untuk maju terus berjalan dengan baik. Relawan Ichwan for gubernur terus dibentuk dan bergerak untuk mendapatkan dukungan sebagai calon independen. Ia sendiri sebagai orang nomor satu di Mukomuko serta bakal calon Gubernur, belakangan ini jarang terlihat. Hal ini diakuinya karena banyak kesibukan diluar, selain dari mengurusi urusan pemerintahan ia juga sibuk dengan urusan politik.
‘’Sekarang kita terus jalan, tim yang sudah kita bentuk juga terus bergerak. Sekarang hampir disetiap daerah sudah ada tim kita yang sudah kita bentuk. Memang sakarang ini saya agak sibuk jadi jarang ada di Mukomuko, namun  hal ini tidak mengganggu roda pemerintahan,’’ demikian Ichwan.(cw1)