Wednesday, 29 April 2015

3 Cabup Amankan Tiket Pilkada, Tersisa 6 Kursi

 METRO – Kabarnya tiga bakal calon Bupati Mukomuko sudah mengamankan tiket Pilkada. Masing-masing adalah H. Sapuah,SE,Ak,MM,CA diusung oleh 7 kursi parpol di dewan, Ir. Wismen A Razak (WAR) 6 kursi dan Ir. H Gafrie Zainuddin 6 kursi. Artinya masih tersisa 1 tiket dengan total 6 kursi partai politik di DPRD Mukomuko.  Ada kemungkinan menjadi milik Andy Suhary,SE,M.Pd ataupun Choirul Huda,SH. Dengan demikian ada peluang calon bupati tetap 5, jika salah satu diantaranya melalui jalur independen.
Adapuan perkiraan parpol pendukung masing-masing calon untuk sementara adalah, Sapuan diusung PKB, PKPI dan PDI Perjuangan. Sementara Wismen diusung NasDem dan Hanura juga kemungkinan Partai Demokrat. Sementara Gafrie dikabarkan mendekati kesepakatan dengan PAN dan Gerindra. Artinya dengan demikian masih tersisa kursi PPP, Golkar dan PKS dengan total 6 kursi. Sedangkan syarat maju melalui jalur parpol adalah menimal 5 kursi.
Dihubungi, Sapuan belum mau terbuka mengenai parpol pengusungnya. Namun soal kabar sudah ada keputusan dari PKPI dan PKB juga sudah hampir deal dengan PDI Perjuanga, Sapuan mengaku hanya orang parpol yang memahaminya. Yang jelas ia mengikuti mekanisme sesuai dengan permintaan parpol, dimana mendaftar di kabupaten, kemudian dipanggil pihak provinsi dan pusat. Bahkan hampir seluruh partai dilamarnya.
‘’Kalau pastinya hanya orang partai yang paham, saya ikuti mekanisme sebagaimana yang diminta saja. Seluruh partai kita lamar dan dipanggil, kalau memang saya dianggap layak, maka akan disetujui. Andai tidak, saya juga berkawan dengan semua orang,’’ kata Sapuan.
Gafrie juga masih belum mau terbuka, namun sesuai dengan apa yang  ia lakukan, kemungkinan untuk diusung cukup besar. Mengenai PAN dan Gerindra, menurut Gafrie dua parpol tersebut sudah dilamar dan dilalui tahapan penjaringannya. Memang ada permintaan dari pusat untuk menghadap. Kemungkinan besar dalam 2 minggu kedepan, sudah bisa dijelaskan dengan rinci. Ia juga berharap diusung PPP dan Golkar serta partai lainnya.
‘’Kalau sekarang saya belum bisa katakan pasti, sebab surat pernyataan mengusung belum dipegang. Tapi intinya insyaallah saya diusung oleh partai politik, kalau independen nampaknya belum minat,’’ kata Gafrie.
Begitupun dengan Wismen belum mau terus terang mengenai partai yang akan berkoalisi dengan NasDem. Namun yang jelas gabungan dari partai pemenang Pilkada. Saat ini ia masih fokus untuk membangun komunikasi dengan semua lapisan masyarakat.
‘’Nanti kita baru buka seluruhnya, kuncinya kita diusung gabungan partai politik. Untuk saat ini kami akan bangun komunikasi dulu dengan semua lapisan masyarakat,’’ tutupnya.(jar)


PKPI Usung Sapuan, Alfian Ngaku Bingung
POLITIK RM – Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (DPP-PKPI) sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) mengenai penetapan H. Sapuan,SE,Ak,MM,CA sebagai calon Bupati Mukomuko. Kabarnya ketua DPC PKPI Mukomuko, Alfian,SE merasa terkejut lantaran keputusan itu tidak diketahui oleh dirinya.
Dihubungi Via telepon genggam, Alfian mengaku kurang paham dengan keputusan dari DPP tersebut. Yang jelas ia belum membuat rekomendasi untuk mengusung Sapuan, walau salah satu nama calon yang mendaftar ke PKPI adalah Sapuan. SK keputusan DPP juga belum ia terima sampai kemarin. Namun apakah ia setuju atas keputusan itu? Alfian tetap patuh dengan keputusan pimpinan tertinggi dalam partainya.
‘’Saya kurang jelas, karena merasa tidak ada merekomendasikan itu, sampai sekarang SK dari DPP belum saya terima. Kalau itu memang dari bos (pimpinan partai red) mau bagaimana lagi, kita nurut saja,’’ kata Alfian.
Novesta Herman, mengatakan SK dukungan kepada Sapuan dari PKPI sudah mereka pegang, tidak mungkin belum diterima pihak kabupaten. Mengenai sikap dari Alfian yang terkesan kurang respon, menurut Herman itu urusan dalam lingkurang partai. Yang jelas, Sapuan mendaftar ke PKPI sejak awal dengan cara profesional, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi kemudian masuk ke pusat.
‘’Kalau putusan pusat sudah ada, artinya sudah sah demikian adanya, sejak awal Sapuan mendaftar di PKPI, niatnya baik dan caranya juga sesuai aturan yang berlaku. Jika ada pendapat lain, silahkan yang bersangkutan tanyakan ke pusat,’’ katanya.
Selain sudah mendapat kepastian dari PKPI, Sapuan juga akan diusung oleh PKB, kemudian PDI Perjuangan serta Gerindra yang masih dalam tahap pengurusan akhir. Juga masih ada beberapa parpol lain juga diajak untuk bersama-sama. Dalam proses permohonan pengusungan dari partai mana saja, Sapuan selalu berpijak pada aturan.
‘’Sekarang untuk syarat sebetulnya sudah cukup, tapi kita ingin kawan sebanyak-banyaknya, maka semua partai diajukan lamaran,’’ tutupnya.(jar)

Calon Anggota PPK dan PPS Padati KPU
POLITIK RM – Sejak pendaftaran dibuka, setiap hari puluhan peminat menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tampak memadati ruang penerimaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko. Hingga kemarin sudah puluhan pendaftar memasukkan berkasnya. Namun kabarnya belum memenuhi kuota kebutuhan petugas di setiap kecamatan. Diperkirakan hari ini akan lebih banyak lagi yang mendaftar.
Salah seorang komisioner KPU, Syofia Diana,SE mengatakan jumlah pendaftar sudah cukup banyak. Sebagaimana yang diumumkan, hari ini adalah terakhir memasukkan berkas ke KPU Mukomuko. Pendaftaran dimulai sejak pagi hingga berakhirnya jam kerja kantor. Diakuinya dari formulur yang disampaikan ke kecamatan ada penambahan dan bisa langsung dilengkapi di KPU.
‘’Hingga sekarang ada puluhan pendaftar, kita tidak batasi, bagi yang cukup syarat dapat mengajukan lamarannya. Pendaftaran terakhir 29 april, setelah itu tidak lagi diterima,’’ katanya.
Lanjut Diana, berkas masing-masing pendaftar langsung dicek, jika belum lengkap diminta segera melengkapinya. Jika tidak bisa dilengkapi maka secara otomatis dinyatakan gagal. Bagi peserta yang sudah dua kali menjadi PPK, tetap tidak diterima karena terbentur dengan aturan yang berlaku.
‘’Kita langsung cek syarat mereka, jika kurang diminta melengkapi sebelum waktu habis. Khusus yang sudah dua kali dipastikan tidak bisa. Kalau tetap memasukkan berjas percuma,’’ tegasnya.
Anggota KPU lainnya, Dedy Desponsory,S.HI juga mengakui untuk pelamar yang sudah dua kali menjabat tidak bisa diproses. Maka diminta membuat surat pernyataan. Walau mereka mendaftar dan membuat pernyataan palsu, pasti akan ketahuan. Karena ada data petugas yang lama dan peserta lain juga mengetahuinya.
‘’Calon yang dua kali tetap tidak bisa, walau bagaimanapun akan ketahuan,’’ tutupnya.(jar)

Parpol Diborong Wismen dan SPN, Huda Siap Maju Jalur Independen
METRO – Persaingan merebut tiket menuju Pilkada Mukomuko semakin seru. Kabarnya posisi Choirul Huda,SH, Andy Suhary,SE,M.Pd, Ir. H Gafrie Zinuddin dan Burhandari terjempit. Pasalnya Wismen A Razak dan H. Sapuan,SE,Ak,MM,CA diisukan memborong beberapa partai besar. Sehingga sisa kursi diperkirakan hanya cukup untuk satu pasangan kandidat lagi, yang paling berpeluang adalah Gafrie. Huda kemungkinan, jika memang parpol buntu, akan banting stir maju melalui jalur independen.
Wismen diisukan mengklaborasikan NasDem dengan Hanura, PPP juga PKPI, walau partai ini dikabarkan sudah dikunci Sapuan. Sementaran Sapuan sendiri kemungkinan akan diusung oleh PKB, PKPI, Gerindra, PDI Perjuanga dan Demokrat. Artinya partai yang tersisa adalah PAN, PKS, dan Golkar dengan total 9 kursi. Dengan demikian hanya bisa mengantar 1 calon saja.
Novesta Herman, mengakui PKB dan PKPI sudah hampir final mengusung Sapuan, saat ini masih mengincar Gerindra dan PDI Perjuangan, dalam waktu dekat ada kepastian. Setelah semuanya terang, maka Sapuan akan mengumumkan secara terbuka ke publik sekaligus deklarasi pencalonannya.
‘’Kalau sekarang sudah melebihi syarat, namun kita berupaya mengajak parpol lain untuk bersama, maka dalam waktu dekat sudah jelas dan langsung kita siapkan deklarasi,’’ tuturnya.
Wismen sendiri saat diminta keterangannya belum mau terbuka soal partai mana saja, yang jelas ia akan diusung oleh koalisi besar partai politik.
‘’Nanti kita sampaikan secara jelas, sekarang biar dulu semuanya berjalan, kita enggan terlalu umbar,’’ ungkapnya.
Politisi PAN Mukomuko, Badrun Hasani,SH mengaku saat ini PAN belum membuat keputusan siapa calon bupati akan diusung. Namun diakuinya kandidat yang paling berpeluang sejauh ini ada Gafrie sesuai dengan rekomendasi yang diberikan tim 5 dan juga atas dasar komitmen lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan yang diusung nantinya, Choirul Huda, karena keputusan akhir tetap di provinsi dan pusat.
‘’Kalau pasti belum, kemungkinannya Gafrie memang lebih besar, tapi kita lihat saja nanti,’’ tuturnya.
Huda mengaku masih menjalin komunikasi dengan beberapa partai. Huda optimis masih ada partai yang ingin benar-benar berjuang untuk masyarakat dan tidak mengedepankan kepentingan partai. Bagaimana jika tidak kebagian partai? Huda menyampaikan dirinya sangat yakin masih ada partai yang siap berjuang bersama mensejahterakan masyarakat. Tapi jika benar-benar tidak dapat perahu, tidak tertutup kemungkinan untuk maju melalui jalur independen.
‘’Saya masih melakukan pendekatan dengan beberapa partai. Saya percaya dengan teman-teman di partai memiliki misi yang sama, membangun Mukomuko. Jalur independen menjadi alternatif terakhir,’’jelas Huda.
Huda berharap calon bupati yang muncul bisa memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Termasuk dalam hal mendapatkan simpatik. Sehingga tidak menimbulkan rasa benci kepada kandidat yang lain.
‘’Jangan ajari masyarakat bermusuhan. Sehingga tatanan masyarakat yang sudah baik ini tetap terjaga. Jangan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan jabatan. Jabatan bukan segala, tapi merupakan proeses dan salah satu cara untuk mengabdi kepada masyarakat,’’tambah Huda.(dul/jar)