Wednesday, 4 February 2015

Gafrie Lamar Golkar dan PPP


METRO – Keseriusan Ir. H Gafrie Zainuddin maju sebagai calon bupati Mukomuko tak perlu diragukan lagi. Setelah sebelumnya mengajukan lamaran ke Gerindra dan PAN, kemarin lusa didampingi istri, Gafrie kembali mendaftar didua partai politik (Parpol) sekaligus, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Golkar. Bahkan pria yang sudah malang melintang dibirokrasi pemerintahan ini juga berencana mengajukan lamaran ke beberapa partai lainnya.
Di PPP kehadiran Gafrie dan istri disambut langsung oleh panitia penerima pendaftaran calon, juga salah seorang anggota dewan PPP, Ojek Warman. Ia mendapat sambutan cukup baik dari para kader partai berlambang ka’bah ini. Sorenya di Golkar kehadiran Gafrie disambut langsung ketua DPD 2 Golkar Mukomuko, Ali Saftaini, SE bersama panitia seleksi lainnya. Gafrie punya peluang cukup besar mendapat dukungan dari dua partai tersebut, karena ia adalah orang pertama yang melengkapi syarat sebagai pelamar.
Pada Radar Mukomuko, Gafrie mengakui ia secara khusus dari Bengkulu untuk mengajukan lamaran ke dua partai besar ini. Ia merasa lebih pantas mendaftar langsung ketimbang diwakilkan kepada orang lain. Sebab ia bisa sekaligus bersilaturahmi dengan para pengurus parpol yang notabenenya juga telah dikenal sejak lama. PPP dan Golkar sangat diharapkannya bisa menjadi partai koalisi yang akan mengusungnya kelak.
‘’Kita memang sengaja datang khusus untuk mendaftar ke partai, sekaligus ada jadwal wawancara di Gerindra dan PAN. Kalau bisa dilakukan langsung, saya merasa lebih baik ketimbang diwakilkan,’’ kata Gafrie.
Gafrie juga kembali menegaskan keinginannya maju sebagai calon bupati kelak. Berbagai persiapan untuk menghadapi Pilkada telah ia lakukan sedemikian rupa. Niat ini tulus dari hati paling dalam, atas dasar ingin mengabdikan diri untuk membangun daerah. Banyak sektor ingin ia benahi di daerah ini dan akan ditingkatkan. Sebagai orang yang sudah melakoni berbagai jabatan di pemerintahan, mulai dari pejabat eselon, Sekda dan carateker bupati, Gafrie merasa mampu membangun Mukomuko lebih baik lagi.
‘’Kita ingin mengabdikan diri ke daerah, banyak hal yang perlu kita benahi dan tingkatkan. Sebagai mantan carateker bupati Mukomuko tentu kita tahu betul mengenai kabupaten ini. Isyaallah pengalaman dalam birokrasi pemerintahan yang sudah kita lakoni bisa diterapkan di Mukomuko nantinya,’’ tegas Gafrie.
Politisi DPC PPP, Ojek Warman mengakui jika Gafrie adalah bakal calon bupati pertama yang melengkapi syarat sebagaimana diminta oleh partai. Ia juga mengaku bangga dengan sudah mendaftarnya salah satu kandidat kuat bupati. Terkait dengan peluang Gafrie diusung oleh PPP, menurutnya cukup besar. Sama dengan kandidat lain, Gafrie akan melalui tahapan pengujian oleh PPP.
‘’Setiap calon yang mendaftara ke PPP punya kesempatan yang sama untuk diusung, karena ada tahapan pengujian dilakukan sebelum ditetapkan. Yang jelas pak Gafrie yang pertama melengkapi berkas pendaftarannya,’’ ungkap Ojek.
Ketua DPD II Golkar, Ali juga mengakui jika Gafrie adalah kandidat pertama yang menyerahkan berkas secara resmi. Namun beberapa calon lain juga sudah mengambil formulir, namun belum diserahkan. Terkait peluang Gafrie diusung Golkar Ali belum bisa memprediksikannya, setidaknya ada pertimbangan tersendiri, karena ia pertama mengajukan lamaran.
‘’Kita akan lakukan peninjauan terhadap setiap kandidat, untuk keputusan akhir tentu di DPD Provinsi dan pusat,’’ tutup Ali.(jar)

Gafrie Diuji PAN dan Gerindra
POLITIK RM - Salah satu kandidat kuat calon bupati Mukomuko, Ir. H Gafrie Zainuddin makin fokus menyiapkan diri menghadapi Pilkada. Kemarin ia mengikuti sesi pengujian oleh tim seleksi calon bupati Dewan Pimpinan Cabang Partai Amanat Nasional (DPC-PAN) dan DPC Gerindra Mukomuko. Gafrie mendapat berbagai pertanyaan dari tim penguji dua partai pemenang pemilu legislatif di Mukomuko ini.
di PAN Gafrie diuji langsung oleh tim lima dan beberapa politisi lainnya, diantaranya Waka I DPRD Mukomuko, Eri Zulhayat, SE, mantan Waka I DPRD H. Yusmardi, SH dan petinggi PAN lainnya. Di Gerindra ia dites langsung oleh tim penguji.
Pada Radar Mukomuko, Gafrie mengaku lega sudah menjalani tahapan pengujian di dua partai besar ini. Untuk selanjutnya ia serahkan kepada pihak partai, apakah ia layak atau tidak diusung nantinya. Yang jelas Gafrie mengaku sangat berharap bisa bersama PAN dan Gerindra pada Pilkada kelak. Dua partai ini tergabung dalam KMP dan juga memiliki kekuatan massa cukup besar.
''Yang jelas sebagaimana diminta partai telah kita lakukan, untuk selanjutnya kita serahkan kepada pihak partai. Kita tentu saja sangat berharap bisa diusung pada Pilkada kelak,'' katanya.
Terkait dengan pertanyaan yang diajukan pihak partai, Gafrie mengaku bisa dijelaskan dengan rinci. Arahnya lebih banyak pada kesiapan pencalonan dan juga program kedepannya, sebagaimana yang sudah disampaikan dalam visi dan misi. Gafrie juga akan mengajukan lamaran ke beberapa partai lainnya, diantaranya PKB.
''Yang dibahas masih menyangkut dengan visi dan misi kita,semuanya biasa saja. Kita siap mengikuti semua mekanisme dari partai politik. Setelah ini kita juga berencana mendaftar ke beberapa partai lainnya,'' tegasnya.
Tim penguji Gerindra, Gunarto, SE mengakui jika Gafrie sudah menjalani tes di partainya. Ia langsung sebagai salah satu dari tim penguji. Menurutnya Gafrie cukup mengenal Mukomuko dan punya program yang bagus. Namun terkait peluang Gafrie diusung, semuanya akan ditentukan bersama-sama oleh tim dan pihak partai.
''Ini baru tahapan pengujian, dari pembicaraan kami calon, saya pikir Gafrie cukup bagus. Peluang diusung, nanti akan kita lihat dari hasil rapat bersama,'' paparnya.
Yusmardi dari PAN mengaku sudah mengenal Gafrie cukup lama, ia adalah sosok yang cerdas dan berpengalaman. Wawancara Gafrie dengan tim PAN berjalan dengan lancar dan penuh dengan keakraban. Namun apakah Gafrie akan diusung PAN? Ia belum bisa jelaskan dengan rinci, karena ada beberapa tahapan akan dilakukan. Salah satunya adalah uji publik oleh tim penjaring.
''Semua kandidat layak diusung, namun siapa yang terbaik bagi PAN nantinya, itu ditentukan oleh tim penguji dan hasil uji publik juga kebijakan partai,'' tutupnya.(jar)

Lamar Gerindra, Gafri Dahului Huda dan SPN
METRO – Kemarin Ir. H Gafri Zainuddin didampingi istri dan pendukungnya mendatangi sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Mukomuko. Ia menyerahkan berkas lamaran sebagai bakal  calon bupati Mukomuko periode 2015-2020. Gafri merupakan kandidat bupati pertama yang mendaftar pada partai berlambang kepala garuda ini. Kehadirannya langsung disambut oleh ketua DPC Gerindra Mukomuko, Bassendri, SE bersama tim penjaring kandidat bupati lainnya.
Informasinya, hari ini juga beberapa kandidat akan mengajukan lamaran ke Gerindra. Diantaranya adalah H. Sapuan, SE,Ak,MM,CA dan Hadir, S.IP. Sementara Choirul Huda, SH dan Mahyudin Yacub, belum dipastikan kapan menyerahkan lamarannya. Namun diperkirakan juga dalam dua hari kedepan.
Kepada Radar Mukomuko, Gafri mengakui Gerindra merupakan partai besar dan punya massa yang cukup besar juga dikenal solid. Ia sangat berharap bisa mendapat kepercayaan dari partai ini untuk maju pada Pilkada kelak. Gafri juga menegaskan, bahwa ia serius ingin maju untuk memimpin Mukomuko.
‘’Alhamdulillah kita sudah mendaftar ke Gerindra, harapan kami bisa benar-benar bersama Gerindra pada Pilkada kelak. Kita serius ingin maju, untuk melanjutkan pengabdian di Kabupaten Mukomuko yang pernah kita mulai beberapa waktu lalu,’’ kata mantan Caretaker Mukomuko ini.
Ia juga mengakui, karena Gerindra hanya memiliki 3 kursi di DPRD Mukomuko, maka tidak mungkin ia bisa maju jika hanya bersama Gerindra. Maka Gafri juga memastikan akan melamar beberapa partai lain yang membuka pendaftaran bagi calon bupati. Bahkan sumando warga Desa Ujung Padang ini sudah melakukan pendekatan dengan beberapa partai secara langsung. Diantaranya dengan PPP, PKB dan beberapa parpol lain.
‘’Kita juga sudah membangun komunikasi dengan beberapa partai lainnya, yang jelas setiap partai yang akan membuka pendaftaran kita coba mendaftar sesegera mungkin, mudah-mudahan banyak partai yang akan bersama-sama,’’ ungkapnya.
Ketua DPC Gerindra Mukomuko, Bas mengaku baru Gafri yang menyerahkan lamaran untuk diusung Gerindra. Berkas Gafri langsung ia terima, untuk sementara dinyatakan lengkap. Karena waktu masih panjang, jika nanti ada yang kurang akan diminta untuk melengkapi. Terkait dengan peluang Gerindra untuk mengusung Gafri, Bas mengaku selalu ada kemungkinan. Yang jelas keputusannya bakal ditetapkan dalam rapat bersama partai, dari tingkat kabupaten hingga pusat.
‘’Kita terima dulu berkas untuk di verfikasi, semua punya kesempatan sama, calon yang kita usung sesuai dengan hasil kesepakatan bersama dengan petimbangan yang matang dan adil,’’ tutupnya.(jar)