Thursday, 4 September 2014

Isak Tangis Warnai Pelepasan 137 CJH


//Bup : Berangkatlah Dengan Tulus dan Ikhlas
METRO – Sesuai rencana semula, Kemarin sekitar Pukul 10.10 WIB, Bupati Mukomuko, Drs. H Ichwan Yunus, CPA, MM melepas secara resmi Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Mukomuko menuju asrama haji Bengkulu sebelum diterbangkan ke Jeddah. Keberangkatan para jamaah haji, diiringi isak tangis dan derai air mata dari keluarga yang beramai-ramai datang melepas kepergian mereka ke tanah suci untuk melaksanakan rukun islam ke 5.
Ikut hadir dalam acara pelepasan ini, Wakil Bupati, Choirul Huda, SH, Ketua sementara DPRD Kabupaten Mukomuko, Armansyah, ST bersama anggota dewan lain, Kajari Mukomuko, Azhari, MH, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0423/BU, Mayor. Inf. Deksi Van Toni, SH, MM, Kapolres Mukomuko, AKBP. Wisnu Widarto, S.Ik, Kakanmenag Mukomuko, Drs. H Zainal Abidin, MH, para Asisten, Kabag, Kakan, Kaban, Kadis dan para undangan lainnya.
Jalannya acara, sejak pagi para jamaah dengan diantar langsung oleh keluarganya mulai berdatangan ke rumah dinas bupati. Kemacetanpun sempat terjadi di sekitar lampu merah, karena ratusan kendaraan keluarga jamaah berdatangan. Namun pihak kepolisian dari Polres Mukomuko sigap mengatasi kemacetan dibantu oleh petugas perhubungan dan Satpol PP. Usai pelepasan oleh bupati, secara bergantian para jamaah menuju kendaraan angkutan khusus yang sudah disiapkan. Pada saat inilah suasana haru mulai terasa, pihak kelurga berdesakan mengantar jamaah ke mobil, air matapun tampak berurai mengiringi kepergian CJH. Suasana sama juga terjadi di Kecamatan Ipuh, di lokasi 41 jamaah yang juga dilepas secara resmi.
Bupati dalam sambutannya berpesan agar seluruh JCH berangkat dalam keadaan tulus dan ikhlas dengan fokus terhadap rangkaian haji yang yang dilakukan. Sehingga nantinya menjadi haji yang mabrur. Bupati juga berharap para jamaah mendoakan keluarga yang tinggal dan Kabupaten Mukomuko agar terus maju.
‘’Kami dari pemerintah daerah selalu mendoakan semoga para jamaah selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan kembali ke lagi ke daerah dengan haji yang mabrur,’’ ujar Bup.
Ichwan juga berpesan agar semua JCH selalu menjaga kekompakan dan saling melindungi satu sama lainnya. Kemudian mengikuti segala arahan dari pimpinan serta mengikuti ketentuan dari pengurus. Karena semua itu merupakan ujian dalam memperoleh gelar haji yang mabrur.
‘’Memang akan banyak rintangan dan halangan yang bakal dilalui nantinya. Dan itu semata-mata hanyalah ujian yang harus dilewati agar dapat memperoleh haji yang mabrur. Untuk itu, hendaknya jamaah selalu dapat bersama dan menjaga kesehatan agar dapat mengikuti seluruh rangkaian haji yang dilakukan,’’ pesan Bup.
Kepala Kantor Kementerian Agama (kakanmenang) Kabupaten Mukomuko, Zainal Abidin menyebutkan hal senada. Dimana dari asrama haji nanti, para jamaah harus mulai menyesuaikan dan membiasakan diri. Kemudian dapat selalu menjaga kesehatan. Karena siang ini akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terakhir sebelum diberangkatkan menuju Bandara Internasional Minang Kabau malam ini dan langsung menuju ke Jeddah.
‘’Kita doakan semoga tidak ada jamaah dari Kabupaten Mukomuko gagal berangkat lantaran terkendala dalam pemeriksaan kesehatan besok (hari ini, red). Untuk itu para jamaah harus dapat menjaga kesehatan dengan baik agar dapat menunaikan segala rangkaian haji dengan baik. Dan menjadi haji yang mabrur,’’ tutur Zainal.(dum)