Thursday, 16 January 2014

Bengkulu Barat 3

 
Presidium Bengkulu Barat Dukung Ichwan Maju Pilgub
IPUH - Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Barat, HM Rifa’I Amir, SH menyatakan dukungannya penuh pada Drs.H Ichwan Yunus, CPA, MM maju pencalonan Gubernur Bengkulu mendatang. Bukan sebatas pribadi, Rifa’I memastikan tokoh-tokoh lain yang tergabung dalam presidium dan juga masyarakat memberikan dukungannya. Sebab majunya Ichwan Yunus diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kelangsungan pembangunan di Kabupaten Mukomuko kedepan, serta pastinya kelancaran perjalanan pemekaran Bengkulu Barat.
Terkait isu yang berkembang bahwa wacana pemekaran Bengkulu Barat ditunggangi misi politis sejumlah kandidat cagub dari daerah lain, Rifa’I dengan tegas menampiknya. Termasuk kehadiran salah seorang bupati dalam acara deklarasi yang bertempat di lapangan Medan Jaya, Ipuh lalu, Rifa’I mengaku tidak ada melayangkan undangan. Sebaliknya, anggapan bahwa pihak panitia acara deklarasi tidak berkoordinasi ataupun mengundang Ichwan dan jajaran untuk hadir, Rifa’I menerangkan pihaknya sudah mencoba untuk menemui langsung Ichwan namun belum berhasil.
‘’Jadi ini yang ingin kita luruskan, kita sangat mendukung Bupati Mukomuko (Ichwan, red) maju sebagai calon gubernur Bengkulu. Bahkan saya pastikan semua masyarakat dari enam kecamatan di calon wilayah Bengkulu Barat ini mendukung full. Kita sama sekali tidak ada berhubungan dengan kandidat calon gubernur lainnya. Baik itu dari Kepahiang, Bengkulu Utara ataupun daerah lain. Kita bukannya tidak melibatkan bupati, pemerintah Kabupaten Mukomuko ataupun DPRD. Tetapi untuk saat ini kita masih mengumpulkan data lapangan. Kita pun sudah empat kali mencoba menemui beliau (bupati, red) namun belum berhasil bertemu langsung,’’ jelas  Rifa’I kemarin.
Rifa’I lebih lanjut meminta kepada semua pihak untuk tidak berupaya membuat jurang antara wilayah yang menurut rencana memekarkan diri menjadi sebuah kabupaten dengan kabupaten induk, yakni Kabupaten Mukomuko. Sembari terus bergerak, Rifa’I telah memberi komando pada jajaran presidium untuk membantu Pemkab Mukomuko, terkhusus Ichwan Yunus  merealisasikan program-program pembangunannya.
Secara terpisah, Ichwan menerangkan bahwa sampai saat ini pihaknya belum menerima pemberitahuan secara resmi disertai dokumen-dokumen yang menjadi dasar dan persyaratan rencana pemekaran Kabupaten Bengkulu Barat. Karenanya Ichwan lebih menilai Bengkulu Barat masih sebatas wacana.
‘’Itu kan masih sebatas wacana. Dan lagi yang mendeklarasinya itu  siapa,’’ singkat Bup.(dum)

Sang Senator Bertekad Lanjutkan Perjuangan
POLITIK RM – Yuan Rasugi Sang, S.Sos, MH ‘’Sang Senator’’ yang kembali bersaing pada pemilu 9 April mendatang masih yakin akan mendapat dukungan dari masyarakat untuk kembali mewakili Provinsi Bengkulu sebagai anggota Dewan Pimpinan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI). Ditemui disela-sela kehadirannya pada saat deklarasi Presdium pemekaran Bengkulu Barat beberapa waktu lalu, ‘’Sang Senator’’ dengan percaya diri, yakin masyarakat masih menginginkannya untuk menjabat.
Sejauh Yuan masih fokus menjalankan tugasnya sebagai anggota DPD RI, terkait dengan gerakan kampanye untuk kembali duduk, Yuan Rasugi Sang mengaku tetap dilakukan bersama dengan masyarakat dan tokoh yang menginginkannya. Sebagai wakil dari daerah, ia harus mengunjungi setiap daerah untuk meninjau dan mendengar aspirasi mereka terkait pembangunan serta cita-cita lain dari masyarakat Bengkulu.
‘’Kita biasa-biasa saja, menjalankan tugas yang dipercayakan dan berusaha melakukan yang terbaik. Untuk pemilu 2014 saya juga berusaha semaksimal mungkin disela-sela kesibukan sekarang. Mudahan saja dan saya yakin masyarakat yang menentukan wakilnya,’’ kata Yuan.
Mengenai basis suaranya, Yuan mengaku secara global Provinsi Bengkulu dibawah binaannya dan menjadi kewajibannya selaku anggota DPD untuk memikirkan dan memperjuangkan kemajuannya. Termasuk Kabupaten Mukomuko baginya bukan daerah yang asing, sebab ia memiliki keluarga besar dan rekan-rekan seperjuangan yang siap memberi support untuk dirinya. Harapannya masyarakat Mukomuko terus bersemangat dan memberi dukungan, karena itu akan menentukan lanjutan dari perjuangannya saat ini.
‘’Mudahan saja, bagi saya semuanya masyarakat yang harus kita bela dan bisa, termasuk di Mukomuko ini, adalah daerah kita sendiri, mudahan saja masyarakat menginginkan saya untuk duduk lagi melanjutkan tugas yang ada,’’ harap Yuan.
Mengenai kehadirannya saat deklarasi Bengkulu Barat pada (12/1) lalu, Sang Senator ini mengaku karena punya beban dan diminta untuk hadir. Tidak ada gerakan politik dibalik kehadirannya tersebut, sebab sebagai anggota DPD ia harus menampung aspirasi masyarakat. Ia menyatakan siap mengusung rencana pemekaran ini di DPD RI nantinya, karena sudah layak dan masyarakatnya juga sudah sangat siap.
‘’Kita hadir sebagai anggota DPD demi masyarakat, karena diminta oleh kawan-kawan untuk ikut menyaksikannya. Tidak ada gerakan politik, perjuangan pemekaran ini wajar dan bisa saja terjadi,’’ tutupnya.(jar)

Baliho dan Spanduk Caleg Dilirik Panwaslu
POLITIK RM – Spanduk dan baliho caleg yang mulai hiasi jalan dan berbagai tempat di Kabupaten Mukomuko mulai dilirik oleh Panwaslu Mukomuko. Setiap pemilik alat peraga kampanye sudah didata dan masuk dalam catatan dugaan pelanggaran pemilu oleh peserta pemilu. Jika terbukti melanggar akan ditindak lanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.
Salah seorang anggota Panwaslu Mukomuko, Padlul Azmi, SH mengatakan ia sudah mengerahkan seluruh anggota Panwasli Kecamatan (Panwascam) dan petugas Panwaslu lainnya untuk melakukan peninjauan keberadaan alat peraga caleg tersebut. Jika memang terbukti melanggar aturan pemilu sebagai mana yang diatur pada peraturan KPU dan undang-undang yang berlaku, maka akan ditindak.
‘’Kita sudah minta petugas di lapangan untuk mendata dan mempelajari keberadaan baliho dan juga spanduk tersebut, yang jelas kita cek dulu dan bandingkan dengan aturan yang berlaku, kalau melanggar tentu ditindak,’’ kata Padlul.
Selagi tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku dan menimbulkan masalah di lapangan, maka mereka tidak punya hak untuk menindak setiap peraga caleg yang terpasang. Sebab selaku petugas pengawas pemilu, mereka menjalankan tugas sesuai aturan yang ada. Selain peraga yang terpasang berupa spanduk dan peraga lainnya, masih ada beberapa dugaan pelanggaran oleh peserta pemilu yang mereka catat untuk dipelajari.
‘’Yang jelas kita melakukan tugas sesuai perintah dan undang-undang, kalau memang tidak pelanggaran dan diluar wewenang panwas, maka kami tidak akan mempersoalkan. Pelanggaran bukan hanya spanduk dan baliho bisa jadi dalam bentuk lain,’’ tutupnya.(jar)

DPD PAN Gelar Rapat
//Bahas Caleg, Pilpres Hingga Pilkada
POLITIK TM – Kemarin para petinggi Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD-PAN) Kabupaten Mukomuko yang dipimpin langsung ketua DPD Drs. H Ichwan Yunus, CPA, MM menggelar rapat penguatan. Yang jadi pokok bahasan dalam rapat ini terkait pemenangan pemilu 2014, yaitu kesiapan dari caleg, tim pemenangan dan partai sendiri. Juga sempat singgung mengenai persiapan menghadi Pilpres dan Pilkada baik Bupati maupu Gubernur.
Sekjen PAN Mukomuko, Eranardi, S.IP mengatakan cek kesiapan ini amat penting dilakukan. Tujuannya untuk menjaga kebersamaan antar kader PAN dan juga mengenai peningkatan peluang untuk memenangi pemilu atau setidaknya mengejar target yang sudah disepakati. Dalam hal ini tentu kesiapan caleg dalam bersaing menjaga basis suara dan mendapatkan dukungan secara merata menentukan. Termasuk gerakan dari tim pemenangan yang dipercaya oleh partai sejauh ini bagaimana?
‘’Kroscek kekuatan caleg dan tim di lapangan ini penting, Ketua DPD menginginkan setiap caleg bergerak aktif mencari suara sebanyak-banyaknya. Target partai yang sudah disepakati sejak awal menimal 5 kursi harus dicapai,’’ kata Era.
Pada pertemuan ini, Ketua DPD yang juga adalah Bupati Mukomuko ini, mengingatkan kepada setiap caleg temui langsung warga, sampaikan visi dan misi partai. Caleg PAN tidak diperkenankan memberi kepada masyarakat yang masuk dalam ketegori money politik. Yang paling penting adalah menjual figur caleg dan tokoh PAN itu sendiri kepada masyarakat. sebab sejauh ini kader dan petinggi PAN masih diidolakan masyarakat Mukomuko.
‘’Banyak pesan disampaikan ketua untuk kita dalam rangka memenangi pemilu ini, diantaranya peringatan bagi caleg untuk bergerak, jangan melakukan praktek tidak baik dalam pemilu namun harus tetap bisa menang,’’ tegasnya.
Kader PAN lainnya, Chaidirrisman, SH yang juga hadir pada rapat ini, mengatakan, persiapan memenangi pemilu rutin dilakukan oleh partai. Terutama menyangkut kesiapan dari caleg dan kelemahan yang dihadapi. Secara besama dipecahkan untuk menjaga suara PAN di setiap sudut. Ia merasa yakin, kemenangan 2014 nyaris bisa dipastikan bisa digapai partai berlambang matahari putih ini.
‘’Pesan dari ketua ini sangat penting, meski pada dasarnya PAN sudah punya kans besar menang, namun satu hal perlu diingat perjuangan panjang dan semua harus bergerak,’’ tutupnya.(jar)