Saturday, 7 December 2013

Politik Mukomuko Kini



NasDem Mukomuko Terbaik se-Indonesia
POLITIK RM – Segenap jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kabupaten Mukomuko di bawah kepemimpinan Busril tengah berbangga hati. Bagaimana tidak? Dalam acara Rakernas NasDem di Jakarta dua hari lalu, DPD NasDem Mukomuko dinobatkan sebagai yang terbaik se Indonesia. Penyerahan penghargaan berupa piagam langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem, Surya Paloh.
Penghargaan ini atas ketepatan waktu mereka menyampaikan struktur pengurus lengkap, mulai dari pengurus ranting hingga DPD. Juga atas ketepatan waktu DPD NasDem Mukomuko menyampaikan hasil Rapat Daerah (Rakerda) ke pusat. Peringkat terbaik ini diperoleh oleh 5 Provinsi se Indonesia, salah satunya Provinsi Bengkulu. Di Bengkulu yang tercepat adalah Kabupaten Mukomuko bahkan menjadi yang tercepat pertama se Indonesia.
Dihubungi via Hp, Musfar Rusli yang sedang berada di Jakarta menjelaskan, piagam yang ia terima ini merupakan buah dari kerja keras semua elemen parpol selama ini. Pada awalnya ia mengaku tidak pernah berpikir bakal mendapat perhagargaan tersebut, namun saat diumumkan  ada 5 Provinsi yang tercepat dan salah satunya adalah Provinsi Bengkulu. Mukomuko ternyata paling cepat di Bengkulu bahkan se Indonesia.
‘’Kita dinilai sebagai daerah tercepat menyelesaikan penyusunan pengurus untuk semua tingkatan dan juga laporan Rakerda paling rapi, ini tentu kebanggaan bagi kami. Semua tak lepas dari kepiawaian pak Busril dalam memimpin DPD juga kerjakeras semua kawan-kawan,’’ kata Musfar.
Dalam rakernas NasDem yang diikuti oleh DPW dan DPD se Indonesia ini, banyak pembahasan lain terutama laporan-laporan setiap pengurus. Semua dituntut berjuang untuk memenangi pemilu 2014 mendatang. Meski pada saat ini posisi NasDem masih dalam 5 besar saja sesuai hasil survey, namun jauh dari itu, NasDem bertekad harus keluar sebagai pemenang pemilu menimal masuk 3 besar. Untuk persoalan lain akan dibahas dalam rapat berikutnya.
‘’Banyak hal yang dibahas dalam rakernas ini, semua kendala dan kelebihan setiap daerah dipaparkan, suatu yang penting, NasDem harus masuk 3 besar, itu instruksi dari DPP langsung,’’ papar Musfar.
Terpisah, Busril mengaku bangga atas penghargaan yang diberikan, penerima penghargaan dari Surya Paloh  sengaja ia serahkan kepada sekjennya, sebab ia termasuk kader parpol yang terbaik dan bekerja keras selama ini. Nmaun harapannya smeua kader dan caleg jangan terlena, tujuan bekerja keras bukan untuk menghargaan tetapi lebih penting bagaimana membawa parpol ini keluar sebagai pemenang pemilu di Mukomuko.
‘’Tentu kebanggaan bagi kami, artinya selama saya memimpin semua berjalan dengan baik, namun lebih penting ini harus dijadikan spirit untuk terus membawa NasDem keluar sebagai pemenang pemilu. Salah satu pesan dari DPP jangan takut berkorban untuk memenangi pemilu,’’ tutup Caleg Nomor 1 ini.(jar)

PKS & Golkar Bertekad Raih Kursi di Dapil II

POLITIK RM – Kekosongan kursi Dapil II pada Pemilu 2009 lalu membuat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Golkar urung keluar sebagai pemenang pemilu, meskipun jumlah suara secara global unggul. Pada pemilu sekarang, dua parpol besar ini, bertekat untuk mengakhiri krisis kursi di Dapil II dan meningkatkan perolehan suara untuk Dapil I dan Dapil III.
Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS, Purwanto mengatakan tahun sebelumnya mereka adalah peraih suara terbanyak, hanya saja jumlah kursi kalah, disebabkan kekosongan di Dapil II. Maka untuk pemilu 2014 ini mereka sudah bertekad untuk mendapat kursi di Dapil ini. Sesuai laporan terakhir dari lapangan peluang tersebut terbuka.
‘’Kita berusaha mewujudkannya, kekosongan kursi pada pemilu 2009 di Dapil II cukup menjadi pengalaman partai untuk kedepannya. Mudahan kalau berdasarkan laporan kawan-kawan di lapangan peluang untuk mendapatkan itu kali ini ada,’’ kata Purwanto.
Langkah yang diambil parpol nomor 3 ini diantaranya mengusung tokoh-tokoh masyarakat setempat dan juga menepatkan kader-kader terbaik partai pada daftar caleg. Setiap saat pembinaan atau pembekalan bagi tim PKS di Dapil II  dan Kabupaten Mukomuko pada umumnya terus dilakukan. Mereka tidak hanya menargetkan dapat kursi, tetapi memenangi pemilu.
‘’Kita terus minta laporan dari setiap kader di lapangan, dimana kelemahan kita dan apa saja informasi di lapangan terus dihimpun. Kemudian kita bahas dalam rapat partai,’’ tegasnya.
Juga Sekjen DPD II Golkar, Antonius Dale, SP menegaskan, secara kepartaian mereka sudah punya prediksi, Dapil II hampir dipastikan akan mendapat jatah kursi. Juga mereka akan meningkatkan kemenangan di Kabupaten Mukomuko secara umum. Keyakinan mereka berdasarkan kekuatan caleg yang diusung dan juga kesiapan dari semua kader partai untuk memenangi pemilu mendatang.
‘’Kita yakin dengan semua ini, secara kepartaian maupun prinadi saya rasa untuk jatah satu kursi per dapil sudah dipastikan. Caleg disetiap dapil tampaknya siap semua,’’ tutup Dale.(jar)

LSM Bakal Kawal Pemilu 2014
POLITIK  RM – Pengawalan pemilu tidak hanya oleh Panwaslu maupun KPU. Lembaga swadaya masyarakat dan ormas lainnya juga menyatakan siap mengawal jalannya Pemilu 2014. Tujuannya lain tidak bukan untuk terwujudnya kenyamanan bagi masyarakat dan juga demi menciptakan pemilu yang Jurdil.
Seperti diungkapkan oleh Ketua LSM LP3K, Aprizal, pemilu merupakan agenda rakyat yang sangat penting. Dari sini akan ditentukan siapa wakil mereka untuk 5 tahun mendatang. Dalam arti kata semua harus berjalan dengan baik dan tertib, itu akan terwujud dengan keikutsertaan semua pihak mengawal pesta demokrasi ini. Termasuk ormas, LSM dan masyarakat secara individu harus aktif.
‘’Kewajiban bagi kita untuk mengawal jalannya pemilu, ini adalah pesta rakyat dimana mereka menentukan siapa yang layak mewakilinya nanti. Dari itu perlu pemilu yang aman dan jurdil,’’ kata Aprizal.
Juga diungkapkan anggota LSM lainnya, Edi S banyak yang  perlu dikawal dalam pemilu ini. Wakil yang terpilih nantinya harus betul-betul hasil dari pemilihan yang adil. Karena mereka dipercaya menjadi penampung aspirasi masyarakat dalam berbagai kepentingan untuk pembangunan juga pembelaan terhadap warga. Kalau wakil yang terpilih dengan cara yang salah, pekerjaan yang dilakukan juga cendrung menyalahi.
‘’Kita tahu dewan itu rawan dengan berbagai godaan, maka kita butuh wakil yang berkualitas, untuk mendapatkan harus melalui pemilu yang bersih. Kami akan mengawalinya dan masyarakat dapat sampaikan apabila ada kejanggalan yang terjadi untuk kita teruskan kepada yang berwenang,’’ tutup Edi.(jar)


Antisipasi Kecurangan di TPS
POLITIK RM – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Mukomuko  mulai agresif mempersiapkan diri menghadapi hari H pencoblosan 9 April 2014. Salah satu yang dianggap paling penting untuk disiapkan adalah saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan. Secara nasional Partai Hanura siap menempatkan ratusan ribu saksinya yang akan disebar di seluruh provinsi pada Pemilu 2014. Untuk Kabupaten Mukomuko sendiri saksi yang disiapkan ratusan orang dan sekarang mulai dilakukan penjaringan.
Ditemui, Ketua DPC Hanura, Hermansyah, M.Kom menerangkan, seluruh TPS  wajib ada saksi. Tidak hanya itu termasuk di daerah-daerah rawan lainnya, mereka siapkan saksi untuk memantau detail. Hanura menginginkan tidak ada kecurangan yang terjadi pada pemilu mendatang, baik dari pihak mereka maupun dari peserta pemilu lainnya.
‘’Hanura menyiapkan ratusan saksi yang akan disebar disetiap TPS-TPS, tugas dari saksi ini untuk mencatat semua hasil pemilu dan kejadian lain selama pemilhan nanti. Hingga tidak ada kecurangan yang terjadi, baik merugikan Hanura atau pihak lainnya,’’ kata Hermansyah.
Lanjutnya, semua saksi yang dipilih harus memahami tugasnya. Peran saksi juga sangat penting untuk memenangkan Hanura. Dia optimistis Hanura dapat bersaing untuk memenangkan Pemilu 2014. Setelah jumlah saksi dirasa cukup, masing-masing langsung diikutkan dalam pelatihan menghadapi pemilu. Mereka mengutamakan saksi yang betul-betul loyal dengan partai. Penjaringan saksi lansung instruksi dari pusat dan termasuk biaya bagi  saksi sepenuhnya ditanggung oleh DPP.
‘’Sekarang kita menyiapkan saksi, kita memang mengutamakan mereka yang loyal dan mau bekerja untuk Hanura. Hingga tidak ada kecurangan yang terjadi pada saat pencoblosan mendatang,’’ tegasnya.
Pada lain hal Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengatakan, partainya pada Pemilu 2014 akan berjuang mewujudkan Indonesia yang lebih baik. "Partai Hanura ingin menang, kenapa kita ingin menang, karena kita ingin berubah. Partai Hanura berjuang untuk perubahan bangsa Indonesia menuju arah pembangunan yang benar," kata Wiranto yang juga menjadi capres Partai Hanura.
"Perubahan itu syaratnya bagaimana" Hanura harus menang bersama capres dan cawapresnya," tegas Wiranto disambut tepuk tangan ribuan  saksi Hanura yang mewakili ratusan ribu saksi lainnya.
Wiranto mengatakan,  untuk menang  peran saksi sangat penting.  "Kita juga butuh saksi seperti kalian, karena peran saksi itu sangat penting. Saksi adalah persyaratan kita untuk menang. Selain untuk memenangankan Hanura serta mengubah bangsa ini lebih baik," tutupnya.(jar/net)
Jangan Seperti Pemimpin Upacara!
Kata Mujiono
SEORANG pemimpin yang sukses, adalah pemimpin yang mengenal masyarakatnya dengan baik. Mereka tahu bagaimana kondisi warga dan mencari solusi perbaikan ke depan. Jangan malah seperti pemipin upacara yang perlu tahunya dihormati. Pesan ini diungkapkan oleh salah seorang sanggota DPRD Mukomuko, yang juga adalah caleg PDI Perjuangan untuk DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Mukomuko.
Dijelaskannya jadi seorang pemimpin dan wakil dari rakyat harus aktif memperhatikan kondisi masyarakat kemudian berjuang untuk mencari solusi dari masalah tesebut. Pemimpin yang selalu mau dihormati, tidak akan banyak membawa kemajuan bagi masyarakat. Mujiono menggambarkan bagaimana sosok Jokowi begitu mudah diterima warga karena ia peduli dan memahami kondisi masyarakatnya.
‘’Jadilah pemimpin yang dikenal  rakyat, jangan pemimpin yang hanya minta dihormati seperti pemimpin upacara. Itulah contoh yang diberikan oleh pak Jokowi kepada kader PDIP,’’ kata Mujiono.
Mujiono juga mendukung dilakukan lelang jabatan di Kabupaten Mukomuko, seperti yang diterapkan oleh Jokowi. Dari sana akan dapat menjaring pemipin berkualitas untuk setiap instansi dan masing-masing bisa dilihat programnya untuk masyarakat. Rasa tanggung jawab terhadap program mereka juga akan meningkat jika pejabat yang diberi kuasa atas dasar lelang.
‘’Saya melihat lelang  jabatan sebagai salah satu solusi untuk menjaring pemimpin berkualitas, dari sana mereka bisa termotivasi menyelesaikan setiap program yang sudah dibuat,’’ lanjutnya.
Sebagai calon wakil Rakyat untuk DPRD Provinsi, Mujiono termasuk caleg yang aktif menemui masyarakat. Cita-citanya bisa dikenal masyarakat secara luas dan komunikasi antar dirinya selaku wakil rakyat dengan orang-orang diwakili bisa lancar. Dari sana apapun persoalannya bisa diangkat didalam forum dewan guna mencari solusinya ke depan.
‘’Kami dari PDI Perjuangan selalu mengingatkan kepada kader untuk berbuat di tengah masyaralkat. Datangi mereka dan temukan apa saja kendala yang dihadapi. Hingga jika diberi kepercayaan bisa menjadi bahan untuk dikerjakan kedepannya,’’ tutup Mujiono.(jar)