Monday, 20 October 2014

KPU Siapkan Pilkada Langsung Sesuai Perppu



METRO – Walau Perppu masih butuh persetujuan dari dewan sebelum diberlakukan, namun pada dasarnya arah pemilihan jelas, yaitu Pilkada langsung oleh rakyat. Bahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku pelaksana Pilkada mulai mempersiapan segala hal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada kelak. Termasuk KPU Mukomuko sendiri, telah merancang persiapan pemilihan secara langsung, bukan melalui DPRD.
Ketua KPU Mukomuko, Dawud, S.Ag dihubungi kemarin mengaku beberapa hari lalu ia bersama KPU lainnya, dipanggil ke Jakarta. Salah satu pembahasan mereka adalah, untuk menghadapi Pilkada. Arahnya pemilihan langsung secara keseluruhan, dengan berdasarkan Perppu. Sekarang sedang dirancang PKPU sebagai dasar kerja KPU pada Pilkada menurut Perppu tersebut.
‘’Kita dipanggil KPU, salah satu bahasannya memang mengenai pelaksanaan Pilkada. Persiapan yang dianjurkan adalah dengan dasar Perppu, yaitu pemilihan langsung oleh rakyat. Sebagai dasar kerja KPU nantinya, kini di pusat sedang dirancang PKPU,’’ kata Dawud.
Dawud juga mengaku untuk saat ini, KPU diminta menghentikan semua kegiatan pelaksanaan Pilkada, terutama di daerah yang sudah bersiap melakukan pemilihan, hingga pembahasan Perppu di DPR selesai. Untuk Mukomuko, kebetulan pelaksaannya masih jauh. Namun semua langkah yang diambil, mengarah pada pemilihan langsung, termasuk mengenai penyiapan anggaran dan sebagainya.
‘’Karena arahnya masih pilkada langsung, anggaran yang kita siapkan sesuai dengan kebutuhan. Dengan pemda dan dewan sudah dibicarakan, berapa dana yang dibutuhkan. Untuk sementara kita akui, persiapan dihentikan lebih dahulu,’’ lanjutnya.
Sebelumnya, tokoh Mukomuko sekaligus Dosen Fakultas Hukum Unib, H Hamdani Makir, SH, M.Hum mengjelaskan seriing dengan keluarnya Perppu, maka pemilihan hampir bisa dipastikan kembali kepada rakyat. Karena UU yang disahkan DPR telah dibatalkan. Namun apakah akan ada keputusan lain nantinya, tentu sesuai dengan hasil pembahasan di DPR.
‘’Undang-undang sudah dibatalkan oleh Perppu  tersebut, maka besar kemungkinan pemilihan kembali pada masyarakat,’’ tutupnya.(jar)

Burhandari Terjunkan Seribu Tim Pamitan
POLITIK RM – Salah satu calon bupati Mukomuko asal Dapil III, Burhandari, S.Pd, M.Si mulai unjuk keseriusannya menghadang Pilkada 2015. Sejak beberapa hari lalu, politisi PKS yang juga mantan anggota DPRD Provinsi ini telah menerjujan seribu orang, yang disebut sebagai tim pamitan. Setiap orang bertugas mendatangi sebuah rumah untuk menyampaikan pamit Burhandari untuk maju sebagai calon bupati mendatang.
Dikatakan Burhandari tim yang diterjunkan ini merupakan rekan, sahabat dan pendukung setianya yang menginginkan ia sebagai bupati Mukomuko kelak. Setiap orang mendatangi satu rumah di daerah masing-masing untuk menyampaikan, bahwa Burhandari sebagai calon bupati. 1000 rumah yang didatangi tersebar disemua desa se kabupaten. Laporan sementara dari tim ini, cukup beragam, ada yang sangat sepakat dan ada pula warga belum yakin.
‘’Mereka yang terun langsung memberi laporan, kita akui masih ada yang belum mengetahui dan sebagian besar sangat sepakat kita memimpin Mukomuko mendatang,’’ kata Burhandari.
Dari hasil penelursuran di lapangan ini pula, Burhandari mengaku ia belum berada paling atas dalam jajaran calon bupati Mukomuko mendatang, ada satu nama menurutnya masih di atas. Untuk saat ini kekuatannya masih terfokus di Dapil III dan Dapil II, untuk dapil I belum begitu merata. Maka kedepan ia bakal lebih giat lagi bersosialisasi.
‘’Dari tim ini pula kita dapat banyak informasi, memang untuk saat ini kita masih perlu kerja keras, sebab belum berada pada level calon paling diinginkan masyarakat. Dari sini kita dapat tahu bagaimana kekuatan kandidat lain,’’ tegas Burhandari.
Terkait dengan system pemilihan, Burhandari mengikuti alur saja, jika memang dikembalikan ke masyarakat, maka ia siap bersaing mendapat dukungan dari warga. Jikapun nanti dipilih oleh dewan, maka ia harus berusaha mendapat kepercayaan dari wakil rakyat di DPRD dan mohon dukungan dari partai.
‘’Kita siap dipilih oleh rakyat ataupun oleh dewan, maka seluruh lini kita coba dekati dan pahami,’’ tutupnya.(jar)


Choirul Huda Paling Siap Hadapi Pilbup
POLITIK RM – Calon Bupati sekaligus wakil bupati aktif Mukomuko, Choirul Huda, SH merupakan kandidat paling siap menghadapi pemilihan kepala daerah 2015 kelak. Selain sudah menyiapkan posko untuk kemenangannya, ia juga telah mengumpulkan seluruh data lengkap pemilih sekalgus dengan peta kekuatan suara yang bakal diraih. Setiap desa, ada 5 tokoh penting yang ia masukkan dalam data dan bakal menjadi orang kepercayaannya.
Pada RM sosok yang dikenal tegas dan ramah dengan semua orang ini mengakui kesiapannya untuk maju sebagai calon bupati mendatang. Namun ini ia belum mau terlalu membuka diri mengenai politik kedepan, karena masih fokus dengan kegiatan sebagai wakil bupati. Terkait peta kekuatan politik di semua wilayah yang sudah dipetakannya, Huda mengaku itu sebagai rekapan jumlah penduduk saja, agar muda ia kenalai dengan baik.
‘’Mengenai data penduduk dan nama-nama tokoh yang kita siapkan, sebatas mengenali, ini sekaligus melancarkan tugas. Tidak mungkin kita tidak kenal wilayah sendiri dan nama-nama kawan-kawan yang ada di setiap desa,’’ kata Huda.
Huda juga mengakui saat ini tengah menunggu ketetapan pasti aturan pemilihan kepala daerah mendatang. Harapannya bupati bisa dipilih masyarakat, sehingga ia dapat langsung bersosialisasi kepada masyaran dan semua rekan dan sahabatnya bisa ikut membantu. Kalaupun dipilih dewan, Huda berharap semua berjalan dengan baik dan sesuai keinginan dari masyarakat.
‘’Kita tunggu saja bagaimana aturan pemilihan kelak, mudahan Perppu bisa berlaku dan masyarakat kembali punya hak untuk memilih, jikapun tidak kita harapkan semuanya sejalan,’’ tutupnya.(jar)