Tuesday, 28 January 2014

Ichwan Berpeluang Tinggalkan PAN


Ichwan Berpeluang Tinggalkan PAN
//Pesimis Diusung Maju Pilgub
METRO – Disaat seluruh partai politik (Parpol) sedang berkonsentrasi penuh menyambut perhelatan Pemilu yang tinggal menghitung minggu, pentolan DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Mukomuko, Drs.H Ichwan Yunus, CPA, MM dilanda kegalauan. Loh apa pasal? terkait rencana pencalonannya pada Pilgub Bengkulu tahun depan, Ichwan masih pesimis dirinya akan diusung oleh partai pimpinan Hatta Rajasa itu.
Pada wartawan kemarin, Ichwan mengatakan dirinya sekarang cenderung berkonsentrasi menggalang dukungan publik di berbagai daerah sebagai modal maju dari jalur independen. Tidak dijelaskan secara rinci apa yang mendasari rasa pesimis Bupati Mukomuko selama hampir dua periode ini.
Ketidaknyamanan Ichwan di PAN bisa jadi memaksanya untuk ‘’berpindah ke lain hati’’. Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki Ichwan, rasanya tidak sulit baginya mencari tempat berlabuh. Namun lagi-lagi Ichwan menegaskan dirinya kemungkinan besar mencalon pilgub secara independen.
‘’Saya akan tetap maju terus mencalon sebagai cagub. Saat ini saya lebih memilih untuk menonjolkan diri sendiri terlebih dahulu di depan publik. Saya akan maju melalui jalur independen kalau memang peluang diusung partai sangat kecil. Hanya berbekal dukungan masyarakat itu sudah cukup. Tekad ini sudah bulat untuk maju terus,’’ ungkap Ichwan.
Disinggung figur yang bakal digandengnya sebagai kandidat wakil, Ichwan belum mau membeberkan.
‘’Kalau untuk saat ini saya belum mau menentukan siapa calon wakil. Kalau sudah dekat ke pemilihan nanti baru saya tentukan. Yang jelas ada kriterianya tersendiri,’’ urai Ichwan.
Terkait manuver-manuver politik yang dilakukan kandidat lain hingga merambah ke basis suaranya di Kabupaten Mukomuko, Ichwan tidak terusik.
‘’Kalau persaingan memang sudah nampak jelas. Tidak perlu kita sebutkan orangnya. Inikan dunia politik. Risikonya harus ditanggung. Selagi masih dalam kewajaran, ya ditanggapi saja dengan kepala dingin. Profesional saja dan tunjukan yang terbaik. Pastinya kita tidak gentar untuk bertarung dengan pesaing lain,’’ pungkas Ichwan.(ray)

Parpol Lain Belum Pikiri Pilkada
METRO – Meski Drs.H Ichwan Yunus, CPA, MM pesimis maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Bengkulu diusung Partai Amanat Nasional (PAN), sejumlah Partai Politik (Parpol) lain belum dapat memastikan akan menampung dan mengusung Ichwan maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2015 mendatang. Pasalnya, seluruh parpol masih menunggu hasil Pemilihan Umum (Pemilu) dan pencapaian target kursi di dewan baik DPRD kabupaten, DPRD provinsi maupun DPR RI. Selain itu, parpol juga menunggu hasil pembahasan draf perubahan Undang-Undang Pemilukada yang saat ini masih digodok. Karena dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) itu, terdapat pengajuan dari pemerintah terkait pemilihan bupati/walikota dan gubernur yang langsung dilakukan oleh dewan.
Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Mukomuko, M Ali Saftaini, SE mengatakan saat ini partainya masih fokus pada persiapan pemilu dan menargetkan sejumlah kursi dewan yang bakal duduk. Terkait kesiapannya mengusung Ichwan, Ali belum dapat memastikan. Namun jika wacana itu ada, partai akan membuat suatu kebijakan dan kesepakatan dalam mengusung cagub maupun cabup.
‘’Kita belum terpikir siapa yang bakal diusung menjadi cagub atau cabup 2015 mendatang. Kalau memang ada calon yang mau menjalin kerjasama, kita tentukan kriteria dan figurnya terlebih dahulu. Dan kita siap juga untuk mengusungnya. Termasuk pak Ichwan sendiri. Tetapi kita tunggu hasil pemilu dulu. Karena itu yang akan menentukan langkah kedepannya. Termasuk menunggu hasil perubahan UU Pemilukada yang saat ini masih dibahas di DPR RI,’’ ungkap Ali.
Hal senada disampaikan Ketua DPD PKS Kabupaten Mukomuko, Andy Suhari, SE, M.Pd. Ia belum bisa memastikan apakah akan mengusung Ichwan sebagai cagub atau tidak. Pasalnya, ia masih menunggu hasil pemilu serta caleg yang bakal duduk nanti.
‘’Kalau memang belum ada yang mengusung, kita belum bisa memastikan apakah PKS akan mengusung Ichwan sebagai cagub atau tidak. Tentu harus melalui pembahasan bersama. Sekarang ini kita memilih untuk kembali membesarkan PKS dan mendudukkan sejumlah caleg. Ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Setelah itu baru memikirkan cabup dan cagub yang bakal diusung,’’ terang Andy.
Sekjen DPD NasDem Kabupaten Mukomuko, Musfar Rusli turut menyampaikan jika saat ini NasDem selaku partai baru akan berupaya untuk membesarkan namanya serta mendudukkan sejumlah caleg. Karena NasDem baru pertama menjadi peserta pemilu. Soal cagub yang bakal diusung nanti, pihaknya menunggu keputusan dari petinggi-petinggi NasDem.
‘’Kalau untuk NasDem inikan baru menjadi peserta pemilu. Tentu untuk tahap awal ini membesarkan partai dulu dan mendudukkan caleg. Dari situ bisa nampak perkembangan NasDem di mata masyarakat. Setelah itu, baru kita bisa menentukan apakah mengusung cabup atau cagub dari luar atau menentukan calon sendiri,’’ tegas Musfar.
Meski demikian, Bupati Mukomuko, Drs.H Ichwan Yunus, CPA, MM itu tetap menegaskan bahwa pihaknya akan terus maju sebagai cagub jika nantinya tak ada satupun parpol yang mengusungnya. Menurutnya, dengan berbekal dukungan dari masyarakat, pihaknya optimis dapat bersaing dengan cagub lain yang diusung parpol.
‘’Dari awal kita sudah tegaskan, kalau tidak ada parpol yang mengusung, saya akan tetap maju melalui jalur independen. Memang saat ini saya menjabat Ketua DPD PAN, tetapi jabatan ini tidak saya minta. Saya hanya ditunjuk saja. Kalau memang nantinya tidak bisa mengusungnya, ya tidak masalah. Kita siap bersaing dengan cagub yang lainnya. Bekal saya hanya dukungan masyarakat saja,’’ demikian Ichwan.(ray)