Wednesday, 25 December 2013

Bengkulu Barat 2



Presidium Bengkulu Barat Segera Dideklarasikan
Tokoh Air Rami – Teramang Jaya Rapatkan Barisan
IPUH – Sekitar 500 tokoh asal 6 kecamatan yang merupakan eks Mukomuko Selatan, yakni Kecamatan Ipuh, Air Rami, Malin Deman, Sungai Rumbai, Pondok Suguh hingga Teramang Jaya memadati balai pertemuan Ipuh Sakti pada Selasa (24/12) lalu. Mereka sudah satu visi untuk berjuang bersama  membentuk Bengkulu Barat sebagai daerah otonom baru pemekaran dari Kabupaten Mukomuko. Jika tidak ada aral melintang dalam waktu dekat presidium Bengkulu Barat akan segera dideklarasikan.
Adapun pembahasan dalam rapat yang berlangsung selasa lalu adalah, tentang rencana perjuangan bersama untuk pemekaran eks Mukomuko Selatan menjadi Kabupaten baru. Dalam hal ini dikaji mengenai dampak dan keuntungan bagi daerah dan masyarakat nantinya. Sekaligus pengkajian bersama, mengenai potensi dan kekuatan yang dimiliki daerah ini untuk berdiri sendiri sebagai daerah otonom.
Wakil Ketua Umum Panitia Persiapan Pemekaran Bengkulu Barat, Suswardi, SE  yang juga pernah menjabat dua periode sebagai anggota DPRD Kabupaten  Bengkulu Utara (BU) menjelaskan, semua undangan hadir dalam pertemuan dua hari lalu. Mereka adalah utusan dari setiap desa dan kelompok masyarakat dari 6 kecamatan. Menurutnya kesepakatan yang dicapai pada rapat lalu, merupakan titik awal menuju Bengkulu Barat yang nyata.
‘’Semua yang diundang hadir dalam rapat kecuali mereka betul-betul berhalangan, ini semua sebagai kabar baik bagi kita semua untuk berjuang dengan lebih terarah dan nyata kedepannya. Masyarakat 6 kecamatan ini sudah satu visi untuk membentuk Bengkulu Barat sebagai daerah otonom,’’ kata Suswardi.
Dari segala persyaratan, Bengkulu Barat diklaim tidak ada kekurangan lagi, untuk Sumber Daya Manusia (SDM) melebihi dari cukup, dimana setidaknya terdapat sekitar 500 orang sarjana baik S1 maupun S2 dari 6 kecamatan ini. Termasuk mereka yang membangun karir sebagai PNS tidak sedikit jumlahnya, baik di Kabupaten Mukomuko maupun daerah lainnya. Untuk Sumber Daya Alam (SDA) daerah persiapan Bengkulu Barat juga cukup baik, memiliki daerah laut yang luas dengan potensi baik, kemudian merupakan kawasan perkebunan dan punya potensi tambang dan insdustri lainnya. Bahkan dibanding dengan kabupaten yang sudah mekar lainnya, daerah Bengkulu Barat lebih memadai dalam segi SDA.
‘’Kita sudah kaji untuk segala bidang, Bengkulu Barat jauh lebih baik jika menjadi daerah yang diberi kewenangan mengurus diri. Sesuai dengan persetujuan masyarakat dari 6 kecamatan ini, dalam waktu dekat presidium Bengkulu Barat segera kita deklarasikan,’’ tutupnya.(jar)