Wednesday, 20 February 2013

3 Rumah Ughang Peset ‘’Digerebek’’



METRO – Pembagian paket sembako persembahan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Mukomuko yang bekerjasama dengan Harian Radar Mukomuko (RM) terus berlanjut. Kemarin giliran 3 warga tidak mampu yang kediamannya didatangi tim ‘’gerebek’’ RM yang terdiri dari Amris Tanjung, Ikhsan Arisandi dan Sahat. Ketiganya masing-masing Sri Bagating dan Absyah, keduanya warga Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko serta Nurhayati, warga Desa Pondok Batu.
Kali pertama tim menyambangi kediaman Sri. Sri yang hidup sebatang kara hanya memiliki 1 orang anak. Sudah cukup lama anaknya itu tinggal terpisah dengan Sri, di Desa Tanah Rekah. Dengan usia yang sudah lansia, Sri bergantung dengan perhatian sang anak serta keluarganya yang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
‘’Saya punya anak satu. Dia sudah menikah, tinggalnya di Tanah Rekah.  Di rumah ini saya sendirian saja,’’ kata Sri dengan bahasa Mukomuko kental.
Derita Absyah tak kalah mirisnya. Wanita berusia 80 tahun ini hanya mengandalkan cucunya untuk memberi nafkah. Suaminya sudah lama menghadap YME, demikian juga dengan kelima anaknya. Atas pemberian bantuan berupa paket sembako dari BUMD tersebut, Absyah sangat berterima kasih.
Di lain sisi, koordinator program BUMD peduli, Yadi Hermawanto meluruskan bahwa rencana semula yang akan dibagikan kepada warga miskin ada juga uang tunai dibatalkan. Mengingat keterbatasan dana, alokasi dialihkan untuk menambah jumlah sembako.
‘’Nilai uangnya tidak berubah, hanya saja uang yang rencananya akan diberi tunai kita alihkan dengan membeli sembako. Jadi jumlah sembakonya bertambah. Semua itu kita berikan demi membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu,’’ tutup Yadi diamini Amris.(red)