Monday, 29 December 2014

Balon Bupati Segera Beraksi




POLITIK RM – Beberapa hari lagi akan memasuki tahun baru 2015. Bagi sebagian daerah, termasuk Mukomuko, tahun 2015 bisa jadi merupakan tahun politik. Dimana persiapan Pilkada akan berjalan dan pemilihan dilangsungkan pada penghujung tahun nanti. Ini juga diperkuat oleh mulai beraksinya pada bakal calon bupati Mukomuko ke tengah masyarakat.
Salah seorang tokoh Mukomuko yang juga dosen Unib, H. Hamdani Makir, SH, M.Hum mengatakan tahun 2015 merupakan tahun politik bagi masyarakat. Dimana putaran pemilihan kepala daerah, dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota dimulai. Aroma persaingan antar kandidat bakal semakin menyengat awal tahun kelak. Ini juga dilatari oleh gerakan para kandidat yang sudah bersiap-siap menghadapi pemilihan.
‘’Tahun 2015 semua kandidat akan turun ke masyarakat, karena memang sudah waktunya mereka unjuk diri dan memperkenalan kepada masyarakat. Juga calon bupati harus mengenal wilayah yang akan dipimpinnya jika keluar sebagai pemenang,’’ kata Hamdani.
Lanjutnya, kandidat yang belum bergerak dari sekarang, terutama awal tahun 2015 kelak, diragukan keseriusannya untuk maju. Karena tidak ada waktu lagi bagi para kendidat mengenalkan diri kepada masyarakat. Sebab beberapa kandidat lain, sudah mulai meyakinkan masyarakat dengan berbagai cara.
‘’Sekarang adalah waktunya, kalau dari sekarang belum unjuk diri, kita bisa pastikan, calon tersebut tidak serius dan jikapun tetap maju, sulit bisa menandingi kekuatan kandidat lain yang sudah bersiap-siap sejak awal,’’ katanya.
Masih Hamdani, masyarakat sendiri juga tampaknya mulai serius menyambut kehadiran para kandidat bupati yang akan bersaing. Ini terasa dari isu yang berkembang di lapangan. Setiap pendukung bakal calon bupati, sudah secara terbuka menyatakan kesiapan calonnya dan membanding-bandingkan dengan kandidat lain.
‘’Persaingan sudah sangat terasa, ditangah masyarakat beberapa calon kuat menjadi buah bibir,’’ tutupnya.(jar)


PDIP Buka Pendaftaran Cabup
POLITIK RM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Mukomuko, resmi membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati periode 2015-2020. Untuk gelombang pertama, pendaftaran dimulai hari ini, hingga 7 Januari 2015. Berkas bakal calon (Balon) diantar langsung ke Sekretariat DPC PDIP di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko, mulai pukul 10.00 WIB hingga Pukul 16. 00 WIB. PDI Perjuangan membuka peluang bagi siapa saja yang berminat untuk maju pada Pilkada 2015.
Ketua DPC PDIP Kabupaten Mukomuko, I Wayan Adyana melalui Sekretarisnya, Mujiono, SIP menjelaskan pihaknya telah membuka pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko. Bagi berminat untuk mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun depan diminta segera mendaftar. Berkas pendaftaran diantar langsung ke sekretariat.
‘’Untuk gelombang pertama pendaftaran, hingga tanggal 7 Januari 2015. Bagi bakal calon yang percaya kepada PDIP, silahkan antar langsung berkas pencalonannya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Baik dari kader dan simpatisan partai, maupun dari masyarakat. PDIP membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin menjadi peserta Pemilukada. Yang jelas, berkas yang akan disampaikan harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan ditubuh partai,’’ kata Mujiono.
Dia juga menyampaikan, dalam Pilkada Kabupaten Mukomuko, tidak menutup kemungkinan dirinya akan menjadi peserta dan mencalonkan diri. Namun hal itu tidak menjadi patokan maju melalui partainya. Ini disebabkan di dalam PDIP tidak ada ketentuan yang harus mengusung kader partai, tetapi akan mengusung Balon yang dinilai mau, mampu dan tahu.
‘’Kita sendiri juga berminat untuk maju sebagai calon. Bahkan sekarang masih menunggu partai lain membuka peluang pendaftaran, mungkin kita juga akan mengantarkan berkas lamaran. Dengan demikian, kita tidak terpaku dengan PDIP sebagai partai pengusung. Sebab di tubuh partai, membuka peluang kepada siapapun yang berpotensi. Terutama masuk kategori mau, memiki kemauan untuk menjadi pemimpin. Kemudian tahu, mengetahui kondisi dan situasi serta permasalahan yang sedang dihadapi saat ini. Dan terakhir mampu, dalam artian mampu menyelesaikan persoalan daerah yang bakal dipimpinnya,’’ paparnya.
Senada dengan yang disampaikan politisi PDIP Kabupaten Mukomuko, Dedy Kurniawan, S.Sos, bagi Balon yang bakal mendaftarkan, diharapkan mengantar berkas secara resmi ke sekretariat partai. Adapun berkas Balon harus dilengkapi dengan persyaratan yang telah ditetapkan berdasarkan keputusan DPP PDIP.
‘’Kami siap melayani bagi masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati. Selain itu juga bagi kader dan simpatisan partai yang berminat, juga harus melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan. Berkas pendaftaran dapat diantar langsung ke sekretariat partai pada jam kerja,’’ demikian Dedy.(nek)